Monday, June 6, 2011

CAKE POTONG PANDAN KEJU FOR ABI


Cake ini saya bikin hari Minggu kemarin, buat bekal Abi (suami) yang mau keluar kota. Minta dibuatin kue buat cemilan katanya. Bikin yg praktis dimakannya aja, bikin cake potong deh. Tinggal lep, hehee...

Biasanya klo bikin cake potong memang pakai resep dasar bolu hongkong yang empuk, lembut dan kepes-kepes (bahasane kok kepes-kepes, kekekekekkk...). Teksturnya hampir mirip chiffon cake.
Kali ini bikin yang pandan tabur keju. Kesukaan kami :)
Sebelum berangkat juga ini kue udah masuk perut Abi beberapa potong, hihihiiii... Enak banget katanya ^__^
Emang bener sih, cakenya lembut dan empuk banget, pake olesan buttercream special yg masih ada stok di kulkas trus ditabur keju parut yg banyak. Hmmmm....



Resepnya sudah sering saya posting dari jaman jebot :D. Udah dibikin macem, dari vanilla, keju, pandan, coklat, dll. Resepnya adaptasi dari tabloid Saji, tapi sudah saya modifikasi sesuai selera. Yang mau nyobain, ini saya tulis lagi deh ya resepnya...

Cake Potong Pandan Keju
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan A:
4 kuning telur
30 gram gula pasir
1 sdt emulsifier
1/4 sdt vanilla
1 sdm susu cair

Bahan B:
4 putih telur
1/4 sdt garam
1/2 sdt air jeruk nipis (pengganti cream of tar tar)
50 gram gula pasir

Bahan C:
60 gram terigu
15 gram maizena
1/4 sdt baking powder
---> Campur dan ayak

Bahan D:
1 sdt pasta pandan
60 gram butter/margarine, lelehkan

Topping:
Buttercream
Keju cheddar parut
Cherry merah untuk hiasan

Cara membuat:
1. Panaskan oven 190'C. Siapkan loyang persegi ukuran 24x24x4 cm. Olesi dasarnya dengan margarin, alasi dengan kertas roti, oles lagi dengan margarin. Sisihkan.
2. Bahan A: Kocok kuning telur, gula pasir dan emulsifier hingga kental dan putih. Masukkan vanilla dan susu cair, kocok rata. Sisihkan.
3. Bahan B: Kocok putih telur, garam dan air jeruk nipis sampai berbusa dan setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga putih telur mengembang soft peak.
4. Masukkan bahan A (kuning telur) sedikit demi sedikit ke bahan B (putih telur) sambil dikocok perlahan hingga tercampur rata.
5. Masukkan bahan C (campuran terigu) aduk rata dengan spatula atau mixer kecepatan rendah.
6. Masukkan bahan D (pasta pandan dan butter/margarin leleh), aduk balik dengan spatula hinga rata dan homogen.
7. Tuang ke loyang dan panggang hingga matang 15-20 menit. Angkat dan dinginkan. Oles dengan buttercream dan taburi keju cheddar parut. Potong-potong. Hias dengan cherry merah.

Pas malamnya Abi sms:
"Terima kasih kuenya sayang. Ni lagi dicemilin di depan laptop. Kuenya enaakkk bangettt. Luv u!"

Alhamdulillah... Abi and Nadhifa are my best customers ever! ;)

6 comments:

wenny said...

resep buttercream spesialnya ada ga bun?

brigita said...

halo bunda, salam kenal ya...
aku udah nyobain resepnya.. Enak sekali...

Anonymous said...

mau donk resep btrcrm specialnya,tq

maya said...

mbak mau tanya, kenapa bahannya mesti ada A dan B kenapa ga jadi satu aja. tlg dibalas makasih

Lia Fitriani dewi said...

Trimakasih

Lia Fitriani dewi said...

Trimakasih

Post a Comment