Thursday, July 14, 2011

LBT#7: COTTON CAKE ~ GREEN TEA TIRAMISU TORTE




Gak terasa ini sudah kedua kalinya saya jadi host di event LBT. Dan gak terasa pula LBT ternyata sudah memasuki event LBT#7 ^__^
Tema PR LBT#7 kali ini adalah COTTON CAKE (CC), atau kadang disebut juga dengan nama ‘cotton sponge cake’, ‘cotton soft cake’ atau orang Malay menyebutnya ‘kek kapas’.

Tekstur CC ini memang selembut kapas (cottony). Cara pembuatannya adalah dengan cara membuat adonan pasta yang dimasak terlebih dahulu, kemudian dicampurkan ke dalam adonan kocokan putih telur (meringue). Adonan pasta harus dijaga tetap hangat saat akan dicampurkan ke dalam adonan putih telur. Makanya bikinnya harus gerak cepat, siapkan bahan-bahan dengan lengkap sebelum proses pembuatan dimulai.
Dan juga kunci yang tak kalah penting adalah kocokan putih telur yang SOFT PEAK :)
Deskripsi tentang si CC ini sudah saya jelaskan di group Let’s get Baking Together ya, terlalu panjang klo saya copas kembali disini, heheee….



Sebenarnya setelah PR LBT#7 diumumkan, saya sudah 2x membuat cake berbasis CC ini. Dengan jenis dan presentasi yang berbeda. Yang satu saya bikin untuk pesanan, dibuat dengan cara dipanggang langsung. Nanti saya posting juga ya…
Yang kedua yang saya setorkan untuk PR LBT#7 ini, dipanggang dengan cara ABM (au bain marie) atau steam bake.

Saya sengaja hanya memakai 5 butir telur saja untuk membuat CC-nya, karena akan saya jadikan sebagai base cake layer tiramisu, jadi gak perlu terlalu tebal cakenya.
Kebetulan di rumah masih ada stok mascarpone cheese. Sekalian eksperimen pengen bikin green tea tiramisu, jadi deh PR LBT#7 kali ini saya setorkan GREEN TIRAMISU TORTE, this is it! ^__^

Klo biasanya kebanyakan green tea tiramisu memakai green tea tiramisu mousse, kali saya tetap memakai original tiramisu mousse tetapi layernya memakai green tea cotton cake yang dibasahi dengan air seduhan teh hijau, lalu di bagian atasnya juga saya tabur dengan matcha powder (Japanese green tea powder).
Well, tadinya aku berpikir Nadhifa gak akan suka dengan green tea tiramisu ini, karena rasa dan aroma matcha-nya. Tapi ternyata saya salah, Nadh love it so much! ^__^
Suamiku yang penyuka original tiramisu dengan coffee flavor pun ternyata suka, senangnya… Cake ini jadi sajian weekend saat suami pulang dari luar kota ;)




GREEN TEA TIRAMISU TORTE
By Ricke ‘Bunda Nadhifa’ Indriani

Green tea cotton cake
Bahan:
135 gram terigu protein rendah (kunci biru)
15 gram maizena
1 telur utuh
5 kuning telur, kocok lepas
10 gram matcha powder (Japanese green tea powder), larutkan dengan sedikit air panas dan dinginkan
70 gram margarine
80 gram unsalted butter
65 gram susu cair (ditimbang ya)
5 putih telur
100 gram gula kastor (gula pasir halus)
1 sdt air jeruk lemon/nipis
¼ sdt garam

Cara membuat:
1. Adonan pasta: Panaskan margarine, butter dan susu cair hingga meleleh dan panas tetapi jangan sampai mendidih. Matikan api. Masukkan terigu. Aduk hingga terampur rata dan kalis. Masukkan telur utuh dan kuning telur. Aduk rata hingga licin dan lembut. Masukkan matcha powder. Aduk rata.
2. Adonan putih telur: Kocok putih telur, air jeruk lemon/nipis dan garam hingga berbusa (frothy). Masukkan gula kastor secara bertahap sambil terus dikocok hingga gula habis dan adonan mencapai fase SOFT PEAK. Matikan mixer.
3. Masukkan 1/3 bagian adonan putih telur ke adonan pasta, aduk rata. Masukkan kembali 1/3 adonan putih telur. Lakukan hingga habis. Aduk balik hingga tercampur rata.
4. Masukkan adonan ke dalam loyang diameter 22-23 cm yang telah dialasi kertas roti dan dioles margarine. Panggang dengan au bain marie dengan suhu 160’C sampai matang (sekitar 45 menit tergantung oven masing-masing). Angkat, keluarkan dari loyang dan dinginkan.
5. Belah cake menjadi 2 bagian. Trim bagian atasnya supaya permukaannya rata.

Green tea ‘syrup’
Bahan:
1 sdt teh hijau tubruk (atau 1 tea bag teh hijau celup)
150 ml air panas
1 sdt gula pasir
---> seduh semuanya dan saring, dinginkan

Tiramisu mousse
Bahan:
250 gram mascarpone cheese
250 ml whip cream (saya pakai 100 gram whip cream bubuk Haan dan 150 ml air es)
4 kuning telur
50 gram gula kastor
½ sdt vanilla (saya tidak memakai rhum/kahlua/marshala ---> alkohol)
Beberapa tetes essence tiramisu L’Arome
1 sdt gelatin powder, larutkan dengan 2 sdm air panas. Tim sambil diaduk-aduk hingga gelatin larut dan bening

Garnish: Taburan matcha powder dan coklat warna hijau bentuk daun

Cara membuat:
1. Kocok mascarpone cheese sebentar saja hingga lembut. Sisihkan.
2. Kocok whipcream hingga mengembang dan kaku. Simpan dahulu di kulkas.
3. Kocok kuning telur dan gula kastor hingga pucat. Lanjutkan mengocok di atas air panas hingga kental dan lembut. *saya kocok memakai hand whisk sambil sesekali diangkat agar telur tidak kepanasan dan menggumpal. Dinginkan (saya rendam di air dingin untuk mempercepat proses pendinginan).
4. Campurkan mascarpone cheese dan whip cream yang sudah dikocok. Kocok hingga tercampur rata. Masukkan kocokan kuning telur, kocok rata. Masukkan vanilla dan essence tiramisu. Kocok rata. Terakhir masukkan larutan gelatin. Kocok rata.
5. Mousse siap digunakan.

Penyelesaian:
Ambil selembar cake, basahi dengan green tea syrup. Beri sebagian tiramisu mousse diatasnya, ratakan. Tutup lagi dengan selembar cake. Beri tiramisu mousse, ratakan. Hias dengan sisa mousse. Simpan dalam kulkas minimal 5 jam agar mousse-nya set. Lebih bagu lagi semalaman. Beri taburan matcha powder dan garnish dengan coklat warna hijau bentu daun. Potong-potong dan sajikan. Enjoy!




Salam LBT! ^__*

3 comments:

Anonymous said...

Mbak, kalau saya mau bikin cotton cake ini jadi pengganti jaconde buat bikin opera cake bisa g y? kalo bisa gimana manggangnya, berapa banyak adonan sekali panggang, soalnya opera cake kan jaconde nya tipis tipis, tolong bantuin ya mbak, soalnya saya mau buat ini untuk ulang tahun mama minggu depan, soalnya dia alergi kacang, jadi gak bisa buat jaconde deh, padahal mama pengen banget coba yang namanya opera cake, tolng ya mabak, makasih..

Anonymous said...

assalammualaikum mbak? mb' mo nyak nie kalo mo beli green tea powder biasanya di mana ya????? n klo bisa di kasi liat donk mb' bentuknya kyak gimana..........Thanks mb'.

Novalina Nova said...

Sist mau nanya, mika yg ntuk pinggiran cake itu mika gmn ya?

Post a Comment