Thursday, August 4, 2011

GREEN TEA MELTING MOMENTS


Kemarin di group ada yang bertanya resep kue Putri Salju yang tanpa kacang-kacangan yang dihaluskan. Lalu saya teringat dengan resep Melting Moments, sejenis shortbread cookies yang lumer di mulut. Ini dikarenakan penggunaan maizena (corn starch) untuk mensubtitusi sebagian terigu. Mungkin karena teksturnya yang lumer di mulut jadi kue ini dinamakan Melting Moments.
Jika diberi dusting gula halus, maka tampilannya mirip sekali dengan putri salju ala Indonesia ^__^
Akan tetapi banyak versi mengenai bentuk melting moments ini, ada yang dibentuk dengan spuit, ada yang dibentuk bulat gepeng, ada yang bulat seperti di foto. Begitu pula penyajiannya, ada yang menggunakan dusting gula halus, ada juga yang tidak.

Resepya saya adaptasi dari Joy of Baking, originalnya vanilla saja, Ramadhan tahun yang lalu saya sudah pernah membuatnya untuk Mama saya tapi tidak sempat difoto.
Karena saya suka sekali dengan kue-kue dengan aroma matcha (japanese green tea), jadilah kali ini saya modifikasi resepnya menjadi Green Tea Melting Moments ^__^
Bahan-bahannya simple sekali. Eggless alias tanpa telur. Gunakan butter berkualitas baik agar didapat flavor yang enak.
Saya juga mengganti sebagian butter dengan margarin, menambahkan susu bubuk dan juga matcha powder tentunya.
Kalau di resep aslinya menggunakan butter pada suhu ruang, saya lebih memilih butter dalam keadaan dingin (beku dari kulkas).
Menurut saya rasa cookiesnya pas, tidak terlalu manis cenderung gurih. Rasa manisnya didapat dari dusting gula halusnya.

Resep asli beserta video cara pembuatannya bisa dilihat disini.


GREEN TEA MELTING MOMENTS
by Ricke 'Bunda Nadhifa (source: Joy of Baking)

Bahan:
200 gram terigu protein sedang/all purpose
60 gram maizena
2 sdm susu bubuk (optional)
1/4 sdt garam
125 gram unsalted butter
100 gram margarin
30 gram gula halus (klo mau lebih manis sedikit bisa menggunakan 50 gram)
1 sdt vanilla (saya pakai 1/2 sdt bubuk vanilla susu L'Arome)
2 sdt matcha powder (green tea bubuk), larutkan dg sedikit air panas, dinginkan

Dusting/coating:
Gula halus dan gula donat secukupnya
Matcha powder (optional)

Cara membuat:
1. Campur dan ayak terigu, maizena, susu bubuk dan garam. Sisihkan.
2. Kocok butter dan margarin sampai lembut. Tidak perlu hingga mengembang dan fluffy. Masukkan gula halus, kocok kembali hingga rata. Masukkan vanilla dan larutan green tea, kocok rata. Matikan mixer.
3. Masukkan campuran terigu. Aduk rata dengan sendok kayu atau spatula.
4. Bungkus wadah dengan plastik wrap. Masukkan adonan ke dalam kulkas. Diamkan sekitar 1 jam agar adonan lebih set dan mudah dibentuk (adonan awal memang lembek).
5. Siapkan loyang kuker, alasi dengan kertas roti. Panaskan oven 160'C.
6. Keluarkan dari kulkas, bentuk adonan bulat-bulat berbentuk bola dengan diameter sekitar 2,5 cm. Tata dalam loyang, beri jarak secukupnya.
7. Panggang dalam oven sekitar 20-25 menit, cukup hingga bagian pinggirannya mulai terlihat agak kecoklatan.
8. Keluarkan dari oven, biarkan dalam loyang sekitar 5 menit. Angkat, beri dusting gula halus dan gula donat. Biarkan hingga benar-benar dingin. Beri sedikit dusting matcha powder.

Note: Jika adonan agak lengket di tangan saat dibentuk. Baluri telapak tangan dengan sedikit terigu agar lebih mudah membentuknya.

Selamat mencoba, siapa tau bisa jadi salah satu sajian Lebaran Anda ^__^

2 comments:

Anonymous said...

resepnya sudah saya praktekkan, Alhamdulillah uenaaaakkkkk. terima kasih inspirasinya>

Ricke Indriani said...

Alhamdulillah, sama2 Mba :)

Post a Comment