Friday, August 5, 2011

MOLTEN CHOCOLATE CAKE


Hidangan manis untuk buka puasaku hari ini ^__^

Berbukalah dengan yang manis...

~ Molten Chocolate Cake ~

Banyak versi mengenai si cake coklat yang lembut dan ada melted chocolate di dalamnya ini. Variasi resepnya pun macam-macam, ada yang flourless alias gak pake terigu, ada yang pakai adonan meringue (putih telur kocok), ada yang diberi filling chocolate ganache di dalamnya atau couverture chocolate, ada juga yg tidak.

Ini resep yang biasa saya pakai, tidak menggunakan filling apa-apa, tapi cakenya hanya dipanggang sebentar saja, sekitar 8 menit. Cukup hingga cake bagian luarnya sudah set, tetapi bagian tengahnya masih cair dan lembek.
Disajikan hangat, bisa ditemani dengan vanilla ice cream atau whipped cream sesuai selera.

Cakenya lembut sekali, membuatnya pun tidak sulit, hanya perlu memperhatikan waktu pemanggangan yg singkat saja, jika terlewat salah2 tidak jadi molten chocolate cake lagi namanya, tapi hanya chocolate cupcake, hehee... ;)

MOLTEN CHOCOLATE CAKE
by Ricke Indriani

Bahan:
225 gram dark chocolate (lebih bagus pakai jenis couverture chocolate, jika tidak ada cukup menggunakan jenis compound chocolate saja), cincang dan lelehkan. Biarkan agak dingin.
80 gram unsalted butter, suhu ruang
65 gram gula kastor (gula pasir halus)
3 butir telur ukuran large
1 sdt vanilla
45 gram terigu all purpose
1/4 sdt garam

Taburan:
Icing sugar (gula halus) bila suka

Cara membuat:
1. Panaskan oven 200'C. Siapkan cetakan cup atau muffin pan, olesi dengan mentega, taburi gula kastor secukupnya. Sisihkan.
2. Kocok butter dan gula kastor hingga lembut dan pucat. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok rata. Masukkan vanilla, kocok rata.
3. Masukkan terigu dan garam yang telah diayak, kocok asal rata sebentar saja.
4. Masukkan dark chocolate leleh. Kocok rata.
5. Tuang ke dalam cup atau muffin pan, adonan jadi sekitar 8 cup.
6. Panggang selama sekitar 8 menit. Sampai bagian pinggirannya set tetapi bagian tengah masih cair dan lembek.
7. Keluarkan dari oven. Biarkan 5 menit dalam cetakan/loyang. Keluarkan dan taruh di piring saji, bagian bawah ada di atas (upside down).
8. Taburi sedikit gula halus bila suka. Sajikan hangat-hangat. Bisa dilengkapi dengan vanilla ice cream atau whipped cream sesuai selera.

Selamat mencoba ^__^

* Sebenernya ada beberapa foto lainnya, semisal adonan sebelum masuk oven, dsb, tapi blum sempat saya edit dan resize, so untuk sementara seperti ini dulu ya :)

1 comment:

MyDollLovers said...

Hai Mba Ricke, saya Lina. Saya udah coba resep Molten cakenya. Rasanya enak sekali. Tapi masih butuh latihan lagi untuk menghasilkan bentuk yang sempurna. Makasih ya Mba resepnya. Hasil yang saya buat juga sudah saya share di group masak. Terimakasih Mba.

Post a Comment