Thursday, August 4, 2011

RED VELVET CAKE


Banyak yang penasaran sama penampakan bagian dalam RVC yang saya buat. Seperti inilah penampakannya, sesuai namanya 'red velvet', jadi merahnya lembut gak ngejreng, maroon gitu deh. Cakenya juga lembut banget karena penggunaan buttermilk, velvety! :)
Pasangan serasinya si 'cream cheese frosting', jadi manis gurih rasanya.
Yang ada di foto ini pada layernya saya beri potongan buah. Aslinya sih enggak :)

Resep ini saya adaptasi dari kakak saya yang baik hati dan tidak sombong, Kang Yadi Hf, heheee... Tapi sudah saya modifikasi sesuai dengan kebutuhan dan selera. Saya membuat buttermilk homemade menggunakan susu cair yang dicampur cuka makan atau air jeruk nipis.

Penampakan RVC by Yadi Hf bisa dilihat disini.
Dibuat 4 layers jadi setiap layernya lebih tipis dan sexy, hihihiiii....

RED VELVET CAKE
by Yadi Hf & Ricke Indriani

Cake
Bahan:
125 gram unsalted butter, suhu ruang
250 gram gula kastor (gula pasir halus) ~ Yadi Hf: Icing sugar

2 butir telur ukuran besar
1 sdt vanilla

250 ml buttermilk* ~ Yadi Hf: 240 ml
2 sdt red food coloring**
---> Campurkan dan aduk rata

250 gram terigu protein rendah
15 gram coklat bubuk (gunakan coklat bubuk yang warnanya coklat kemerahan, jangan yang pekat/hitam)
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder ~ Yadi Hf: Gak pake

1 sdt cuka makan
1 sdt soda kue
---> Dicampurkan sesaat sebelum dimasukkan ke dalam adonan!

Cara membuat:
1.Panaskan oven 180'C (atau sesuai oven masing-masing). Siapkan sebuah loyang bulat diameter 18-20 cm (Yadi Hf: 22 cm). Atau gunakan 3 buah loyang agar tidak perlu membelah cake menjadi 3 bagian. Olesi dengan mentega dan alasi bawahnya dengan kertas roti. Olesi kembali dengan mentega. Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, garam dan baking powder. Sisihkan.
3. Kocok butter sampai lembut. Masukkan gula kastor. Kocok kembali hingga mengembang (light and fluffy). Masukkan telur satu persatu, sambil dikocok rata. Masukkan vanilla, kocok rata.
4. Dengan mixer kecepatan rendah, masukkan campuran terigu bergantian dengan ampuran buttermilk sambil dikocok rata. Diawali dan diakhiri dengan campuran terigu. (Terigu dalam 3 bagian, buttermilk dalam 2 bagian). Matikan mixer.
5. Campurkan soda kue dan cuka makan (akan berdesis dan berbusa). Segera masukkan campuran ini ke dalam adonan. Aduk rata dengan spatula. Tuang ke dalam loyang. Segera masukkan ke dalam oven.
6. Panggang sampai matang sekitar 30 menit, atau hingga matang dan permukaannya membal bila disentuh (springy to the touch). Dinginkan.

Cream cheese frosting by Ricke***
Frosting yang saya buat rasa kejunya light karena memakai perbandingan 1:2 antara cream cheese dan whip cream-nya.
Bila ingin membuat lebih 'ngeju' bisa membuat dengan perbandingan 1:1.

250 gram cream cheese, suhu ruang
100 gram unsalted butter
200 gram whip cream bubuk + 400 ml air es ~ sudah manis jadi tidak saya tambahkan gula halus lagi (atau 500 ml whip cream cair dalam keadaan sangat dingin)

Cara membuat:
1. Kocok cream cheese dan butter hingga lembut. Sisihkan.
2. Campurkan whip cream bubuk dan air es. Kocok hingga mengembang dan kaku.
3. Masukkan campuran cream cheese dan butter tadi. Kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. Simpan dalam lemari es hingga saat akan digunakan.

Penyelesaian:
1. Belah cake menjadi 3 bagian yang sama (Yadi Hf: 4 bagian). Ambil selembar cake, beri filling cream cheese frosting. Tumpuk kembali dengan selembar cake. Lakukan sampai selesai.
2. Poles keseluruhan cake dengan cream cheese frosting. Hias sesuai selera.

*Buttermilk homemade:
250 ml fresh milk atau UHT milk, hangatkan di atas api terlebih dahulu sebentar saja (terutama jika susu cairnya sudah disimpan di kulkas).
Tambahkan 1 sdt cuka makan atau 1 sdm air jeruk nipis/lemon.
Aduk rata. Diamkan sekitar 10 menit. Susu akan 'pecah' menggumpal dan mengental seperti yogurt.
Siap digunakan.

**Bila mau pewarna alami, bisa menggunakan 1 buah beet, potong kecil-keci kemudian diblender dengan 100 ml air. Saring. Masak di atas api hingga menyusut setengahnya sekitar 50-60 ml. Dinginkan. Untuk lebih mempertegas warna merahnya, bisa ditambahkan sedikit saja red food coloring.

***Cream cheese frosting bisa dibuat sesuai selera. Ada juga yang hanya menggunakan cream cheese, unsalted butter dan gula halus tanpa whip cream. Atau dikombinasikan dengan mascarpone cheese (seperti resepnya Kang Yadi Hf).
Semua tergantung selera saja. Bila tidak suka cream cheese frosting, silahkan menggunakan frosting yang lain semisal butter cream atau whipped cream.

Selamat mencoba ^__^

6 comments:

windy said...

rasanya enak banget deh Bun....makasih atas resepnya

Anonymous said...

salam kenal mba, boleh nanya coklat bubuk yg kemerahan merk nya apa ya?oiya klo saya panggang di bagi langsung ke 3 loyang,ga sampe 30 menit udh mateng kan ya?ga bs ngebelah cake soalnya.hihi

Rina Arliny said...

Mba, apabila menggunakan 3 loyang agar tidak repot membelah, apakah pada saat dipanggang harus berbarengan atau boleh secara bergantian (ovennya sempit)? Pls, info ya Mba.
Selamat menunaikan ibadah shaum :)

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

Sama2 Mba :)

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

Bisa pakai merk apa saja Mba asal jangan yg warnanya pekat kehitaman.

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

Adonan ini sebaiknya langsung dipanggang Mba, karena efek soda kue yg dicampur dengan cuka/air jeruk lemon tadi hanya sebentar harus langsung bereaksi dengan panas suhu oven, kalau tidak nanti hasilnya akan berbeda di teksturnya.

Post a Comment