Monday, September 12, 2011

MY 5th ANNIVERSARY CAKE: CHOCOLATE TRUFFLE CAKE


Tak terasa, 5 tahun sudah saya dan suami membina rumah tangga (9.9.2006 - 9.9.2011). Usia pernikahan kami memang masih sangat muda, belumlah apa-apa dan masih sangat banyak yang harus diperbaiki dan ditata ke depannya. Semoga selalu dimudahkan, diberikan kebahagiaan dunia akhirat, menjadi keluarga sakinah mawaddah wa rohmah dan dikaruniai anak-anak yang sholeh dan sholehah. Aamiin...

Sebenarnya kami gak pernah memperingati ultah pernikahan. Selama ini juga belum pernah klo ultah pernikahan trus bikin kue, hihihiii... Paling saling mengucapkan aja dan berdoa untuk keluarga kami. Tapi kemarin pengen aja sekali-kali bikin kue, untuk dimakan di rumah aja. Tadinya Abi minta dibuatkan tiramisu, tapi setelah ngecek ke supermarket ternyata mascarpone cheese-nya sedang kosong. Akhirnya saya putuskan bikin chocolate truffle cake (CTC) saja, secara saya suka banget sama coklat, hehee...



Ini ketiga kalinya saya makan CTC, yang pertama dulu bikin pakai resep yang lain, komposisinya hampir sama dengan yang sekarang saya buat, tapi menggunakan glucose cair yang dicampur dengan coklat leleh. Lalu yang kedua saya dikasih teman, CTC slice yang dia beli dari hotel (hotel apa saya lupa). Dan yang ketiga ini saya bikin kemarin, menggunakan resep dari kakak saya yang baik hati Kang Yadi Hf. Resepnya simple dan hasil kuenya juga tidak terlalu besar, jadi pas untuk keluarga kecil saya yang cuma bertiga (berukuran diameter 18 cm).

Resep aslinya bisa dilihat di blognya Kang Yadi Hf, disini.
Terimakasih ya Kang, this cake is a hit! Delicious for chocolate lover like me ;)

Yang saya buat ini sudah sedikit saya modifikasi. Karena suami saya suka aroma kopi, jadi cakenya saya basahi dengan coffee syrup (seperti aplikasi simple syrup pada cake). Umumnya CTC hanya menggunakan selembar spongecake coklat yang dijadikan sebagai alasnya, tapi saya kemari menggunakan 2 lembar spongecake coklat jadi total 4 layer (2 layer cake, 2 layer truffle cream).
Anda bisa menggunakan spongecake coklat dengan resep mana saja favorit Anda sesuai selera.


Chocolate Truffle Cake
By Ricke Indriani. Source: Yadi Hf

Chocolate Sponge Cake
Bahan:
4 butir telur
60 gram gula pasir halus
1 sdt cake emulsifier
1/2 sdt vanilla

55 gram terigu all purpose/protein sedang
15 gram coklat bubuk
10 gram maizena
1 sdm susu bubuk full cream

50 gram butter/margarin
35 gram dark cooking chocolate
---> Lelehkan bersama, aduk rata
1 sdt pasta coklat ~ optional

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang bulat diameter 20 cm, alasi bagian dasarnya dengan kertas roti, oles dengan mentega. Sisihkan
2. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, maizena dan susu bubuk.
3. Campur semua bahan kecuali campuran butter dan dark cooking chocolate. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang dan kental berjejak.
4. Masukkan campuran butter dan dark cooking chocolate, juga pasta coklat bila pakai. Aduk balik hingga benar-benar tercampur rata.
5. Tuang ke loyang. Panggang sampai matang sekitar 25 menit (tergantung oven masing-masing). Dinginkan.
Note: Saya membuatnya dengan metode pengocokan all in one. Cake bisa juga dibuat dengan cara foaming methode bertahap seperti membuat sponge cake biasa, yaitu telur, gula dan emulsifier dikocok terlebih dahulu sampai kental, baru dimasukkan bahan lainnya.

Chocolate Truffle Cream
Bahan:
250 gram dark couverture chocolate, potong-potong (bila tak ada couverture chocolate bisa saja menggunakan dark compound chocolate)
125 ml dairy whip cream suhu ruang (saya pakai Anchor)
250 ml non dairy whip cream dalam keadaan dingin (saya pakai 100 gram non dairy whip cream bubuk dan 200 ml air es)
1 sdt gelatin bubuk
2 sdt air

Coffee syrup untuk membasahi cake ~ Aslinya gak pakai
Coklat bubuk untuk dusting

Cara membuat:
1. Panaskan dairy whip cream dengan api kecil tidak perlu sampai mendidih. Masukkan dark chocolate. Aduk rata hingga menyatu dan lembut. Sisihkan.
2. Kocok non dairy whip cream hingga setengah kaku, masukkan campuran coklat. Aduk rata manual dengan menggunakan hand whisk.
3. Campur gelatin dan air. Panaskan dengan cara ditim sambil diaduk-aduk hingga gelatin larut dan bening. Masukkan ke dalam truffle cream, aduk rata.

Penyelesaian:
Buang kulit bagian atas pada cake (ditrim sedikit permukaannya). Belah 2 cake.
Siapkan loyang ring (loyang tanpa alas) diameter 18 cm, lapisi bagian sisi dalamnya dengan mika.
Taruh selembar cake pada bagian dasar. Beri 1/2 bagian truffle cream, ratakan. Taruh kembali selembar cake di atasnya. Beri 1/2 bagian lagi truffle cream.
Bekukan dalam freezer minimal 1 jam. Lepaskan ringnya. Dusting dengan coklat bubuk. Potong-potong. Sajikan dingin.
Bisa juga hanya menggunakan selembar sponge cake di bagian alasnya saja. Atau dibuat ukuran mini dengan menggunakan ring dari mika yang dibentuk kecil-kecil.

Cake ini saya buat siang setelah dzuhur. Alhamdulillah sorenya pas Abi pulang kantor disambut dengan anniversary cake ini. Senang banget dia begitu melihat cake ini. Karena Abi pulangnya sudah menjelang magrib akhirnya buru-buru deh sesi pemotretan dulu mumpung cahaya mataharinya masih ada walau sudah agak redup, hihihiiii...

(Kue buatan bunda OK banget! Xixixiiiii...)

(Kompak narsisnya :D)

Alhamdulillah... Kebahagiaan kecil tercipta sore itu di rumah kecil kami bersama keluarga kecil kami :). Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, mencapai asa dan cita bersama dengan ridho-Nya. Allahumma aamiin...

Untuk teman-teman dan kerabat yang sudah memberikan ucapan dan doa untuk keluarga kami, kami haturkan terima kasih banyak. Semoga Allah mengijabah semuanya dan kebaikan juga untuk kalian semua. Hugs! ^__^

Anyway, do you a chocolate lover? This cake is die die must try, for sure! :D

2 comments:

Anonymous said...

bu, cara membuat hiasan coklatnya bagaimana ya? mohon masukannya :)

Diana Salyabrata said...

itu nulis ucapannya diatas coklat apa teteh??itu terbuat dr coklat jg kahnatau udah beli jadi.llbutuh infonya teteh...nuhunnn...:-)

Post a Comment