Monday, January 24, 2011

CHEDDAR CHEESE CAKE FOR MY BELOVED HUSBAND



Ini cizkek yang aku bikin atas request sang juragan di rumah yaitu my beloved husband, heheheee... Katanya ngiler sering liat cizkek keluar masuk kulkas tapi gak boleh dimakan, ya iyalah gak boleh dimakan lha wong pesenan orang! Hahahaaa... :D

Tapi karena cream cheese di rumah disayang-sayang buat pesanan JCC dan klappertaart keju (soalnya cream cheese adalah barang langka di kotaku tercinta ini, hikzzz...) akhirnya aku bikin CCC aja, ya bisa dibilang masih adiknya JCC, xixixixiiii...
Pake cream cheese gadungan yg terbuat dari susu dan keju cheddar parut, heheee... Tapi soal rasa beda tipis sama JCC malah CCC lebih gurih karena keju cheddar kan asin, hanya menurutku tekstur CCC lebih ringan dan spongy, sedangkan JCC lebih lembut dan creamy (menurutku lho yaaa... heheee...)

Atasnya dikasih olesan selai strawberry. Stok strawberry di kulkas tinggal seuprit jadi topping atasnya ga bisa full strawberry-nya. Iseng aku pakein WCC serut aja, lumayan cantik juga, xixixixiiii... Keluar deh narsisnya :D
Bordernya pake white ganache sisa kemarin bikin pesanan kue yg aku simpan di freezer.

Alhamdulillah hari Ahad pagi tadi kami awali dengan menikmati cizkek bersama2. Dan yang pasti suamiku seneng banget karena sudah dibuatkan cizkek ^_^





Resepnya sudah pernah aku posting disini:
http://www.facebook.com/photo.php?fbid=1352427950475&set=a.1271217000252.29185.1824718290

Tapi aku tulis lagi deh.... Resepnya adaptasi dari yang dari Mba Elly-Aljo's Mom yang dulu dishare di milis NCC. Resep ini untuk ukuran kecil loyang bbulat diameter 16-18 cm atau loyang oval. Klo mau bikin ukuran 20-22 cm silahkan dibikin 1,5x resep aja ya...
Ini dia resepnya...

Cheddar Cheese Cake

Bahan A:
130 gram susu cair
40 gram unsalted butter (mentega tawar)
125 gram keju cheddar, diparut halus

Bahan B (campur dan ayak):
20 gram tepung terigu protein sdang
15 gram maizena

Bahan C :
3 kuning telur
1 sdt parutan kulit jeruk lemon (biar wangiiiii...)

Bahan D :
3 putih telur
90 gram gula pasir (sesuai selera manisnya)
1 sdt air jeruk lemon

Topping:
Selai atau glaze sesuai selera, bisa juga ditambahkan buah-buahan

Cara membuat :
1. Siapkan loyang bulat diameter 18 cm, oles bagian dasar loyang dengan mentega, alasi kertas roti, oles lagi dengan mentega.
2. Tim bahan A sampai keju larut (klo masih ada gerindilan sedikit kecil-kecil juga ga apa-apa)
3. Masukkan bahan B selagi bahan A masih hangat (tapi jangan panas), aduk rata hingga lembut dan tidak bergerindil lagi terigunya. Pakai baloon whisker atau mixer kecepatan rendah sebentar aja.
4. Masukkan bahan C. Aduk rata. Sisihkan.
5. Kocok putih telur sampai berbusa, masukkan air jeruk lemon dan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai SOFT PEAK (jangan terlalu kaku dan kering, cukup sampai mengembang, creamy dan masih mengkilap).
6. Ambil sedikit adonan putih telur, masukkan ke campuran keju. Aduk rata. Masukkan campuran ini ke sisa putih telurnya. Aduk balik dan perlahan sampai merata.
7. Panggang dengan cara au bain marie selama 50 menit pake suhu 150-160'C atau pakai api kecil hingga matang dan permukaannya keemasan.
8. Setelah matang, biarkan di loyang hingga agak hangat dulu dan bagian pinggirnya terlihat agak menjauh dari sisi loyang. Kemudian dengan bantuan pisau tipis,seset bagian pinggirnya. Balikkan perlahan di atas serbet kering dan balikkan kembali ke piring saji. Biarkan dingin.
8. Oles atau siram atasnya dengan selai atau glaze atau bisa juga diberi potongan buah-buahan.

TIPS (Berlaku juga untuk JCC):
- Kunci utamanya ada di pengocokan putih telur, sampai SOFT PEAK saja. Jangan sampai terlalu kaku dan kering. Klo masih bingung coba search di Google aja deh apa itu soft peak, heheee... Practices makes perfect.

- Klo putih telurnya terlalu kaku dan kering, hasil cakenya ga akan lembut tapi cenderung lebih kering, berpori besar dan teksturnya jadi mirip cake biasa. Normalnya testurnya lembut, lumer di mulut dan berpori halus (bahkan kelihatan tidak berpori). Selain itu klo putih telurnya terlalu kaku dan kering cake akan langsung amblas ketika sudah keluar dari oven. Cheesecake memang normal akan sedikit turun setelah keluar oven, tapi paling sekitar maksimal 1 cm aja.

- Panggang au bain marie --> panggang dg cara steam bake yaitu loyang adonan diletakkan di loyang lain yang lebih pendek dan berisi air panas. Tinngi air maksimal 1/3 tinggi loyang adonan. Lebih bagus pakai loyang tanpa sambungan, klo ga ada pakai loyang biasa bungkus dg alumunium foil yg tebal biar ga ada air yang merembes masuk.
Atau klo punya loyang alumunium foil yang ukurannya lebih lebar dari loyang adonan (tapi lebih pendek) itu bisa dipakai. Caranya: Letakkan loyang alumunium foil dalam loyang air, kemudian letakkan loyang adonan di atas loyang alumunium foil. InsyaAllah airnya ga akan rembes karena loyang alumunium foil kan cukup tebal.

- Saat membalik please handling with carefully yah. Karena teksturnya yang lembut jadi klo ga pelan-pelan dan hati-hati membaliknya nanti bisa rusak.

THE 'SEXY' STRAWBERRY BLOSSOM JCC



Orderan dari Mba Windy untuk ulang tahun pernikahan perak Kakak iparnya yang ke-25.

Ada sedikit 'insiden' lucu waktu bikin papan ucapan dari WCC-nya. Pertama aku kok kayak gak yakin anniversary-nya bener ke-25 atau ke-5, takut salah. Sms ke Mba Windy ga nyampe, inbox FB juga ga dibales. Biasanya aku suka tulis di buku agendaku, ini kemarin lupa gak ditulis.
Jaringan internet lemot banget mau buka inbox dari Mba Windy, cari2 di inbox BB gak ketemu juga inboxnya, akhirnya nekat deh ditulis aja ke-25.
Nah, pas paginya aku mau mastiin lagi klo emang ucapannya udah benar aku buka deh internet dan cari inbox dari Mba Windy, ternyata benar ke-25 alhamdulillah... TAPIIIIIII.... Namanya salah! Harusnya MAS YANTO aku tulisnya MAS YONO, wkwkwkwkwkwkkkkk.... Paraaahhhh... :D *sambil tepok jidat
Alhamdulillah udah tau cara mengubah tulisannya, tinggal dikelupas tulisan dari DCC-nya dengan tusuk sate yg ujungnya tajam, pelan-pelan banget biar gak rusak. Alhamdulillah... akhirnya bisa 'terhapus' dan aku ganti menjadi nama yang benar.
Haduuuhhh... Gak kebayang klo kuenya udah sampe ke tangan pemesan trus ucapannya salah. Alhamdulillah tidak terjadi ^__^



Cakenya sudah diambil tadi pagi-pagi sama driver kantornya Mba Windy. Hujan terus dari subuh. Mau moret langit gelap banget, ini motret dalam ruangan dan hanya mengandalkan cahaya lampu neon yg aku nyalain semua, hihihihiiii... Lumayan deh ;)

Sms dari Mba Windy:
"Cakenya baru dipotong tadi sore. Nunggu yang punya hajat motong. Sayang ceunah... Enak nenk... Next time nyoba cake coklatnya ya..."

Thanks ya Mba Windy buat orderannya. Jangan bosen ya order ke Ordinary Kitchen.
Happy Anniversary untuk Mas Yanto dan Teh Mila. Semoga keluarga senantiasa diberkahi Allah dan langgeng terus. Amiiin...

Wednesday, January 19, 2011

PRUNES BROWNIES



Selesai bikin pesanan hari ini, pengen makan brownies, udah lama kayaknya gak makan brownies buatan sendiri, kemarin ini sempat bikin brownies potong untuk pesanan. Jadi kepengen deh makan brownies.

Punya stok buah prunes. Akhirnya punya ide browniesnya dipakein buah prunes, jadi deh Prunes Brownies ^__^
Browniesnya legit dan moist seperti biasa, nyoklat udah pasti donk, ditambah sensasi harum dan manis asem dari buah prunes, hmmmmm.... Enakkkkk.... Swear deh! ^__^v

Suka banget lihat lapisan atasnya yang retak-retak, so sexy! Menggugah selera untuk segera menyantapnya. Hasilnya, brownies pun hangat-hangat udah dipotong, heheheee... Gak sabar nunggu dingin :D
So, tadi sore setelah nyiram bunga di halaman rumah, berdua Nadh maem brownies di teras rumah. Bunda minumnya lemon tea, sedangkan Nadh juice melon kesukaannya ^__^

Bagi teman-teman yang belum tau buah prunes (tadi banyak yang tanya). Buah prunes itu adalah sejenis manisan seperti kismis tapi ukurannya jauh lebih besar dari kismis, terbuat dari buah plum yang dikeringkan (dried plum). Yang digunakan adalah pitted prunes (prunes tanpa biji).
Klo suka lihat atau pernah makan lapis legit yang di tiap lapisannya juga di permukaannya ada buah berwarna hitam yang ditata, itulah buah prunes. Juga sering dipakai pada lapis surabaya special prunes.
Contoh fotonya bisa dilihat disini.

Buat yang mau nyobain bikin, ini resepnya:



Prunes Brownies
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
100 gram terigu protein sedang/all purpose
20 gram coklat bubuk (aku pakai Tulip Bordeaux)
1/2 sdt baking powder
3 butir telur ukuran besar
150 gram gula pasir butiran halus (gula kastor)
1/4 sdt garam
1 sdt essence vanilla
200 gram dark cooking chocolate, cincang kecil-kecil
200 gram mentega tawar (unsalted butter), klo mau pake margarin boleh aja agak sedikit beda di rasanya aja, rekomendasiku margarin merk Margarita
Manisan buah prunes secukupnya

Cara membuat:
1. Siapkan loyang persegi ukuran 20x20x4 cm, oles mentega, lapisi dengan kertas roti (lebihkan sekitar 1 cm dari tinggi loyang untuk mengeluarkan brownies). Oles lagi dengan mentega. Sisihkan. Panaskan oven 180'C atau sesuaian dengan oven masing-masing.
2. Lelehkan mentega, masukkan coklat cincang. Aduk rata hingga tercampur rata dan coklat meleleh. ANgkat. Dinginkan. Sisihkan.
3. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk dan baking powder. Sisihkan.
4. Kocok telur, gula pasir dan garam cukup hingga telur mengembang dan gula larut. Tidak perlu sampai kental kayak mau bikin cake.
5. Masukkan campuran mentega dan coklat ke dalam kocokan telur, sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan mixer kecepatan rendah hingga rata.
6. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit. Aduk rata.
7. Tuang 1/2 bagian adonan ke loyang, tata buah prunes. Tuang kembali sisa adonan, tata kembali buah prunes di permukaannya.
8. Panggang hingga matang, permukaan brownies sudah kering, ditest tusuk sudah bersih dan disentuh bagian tengahnya sudah kokoh jadi tidak amblas bagian tengahnya ketika keluar oven.
9. Keluarkan dari oven, biarkan dalam loyang selama 15-30 menit. Keluarkan dari loyang dengan cara mengangkat kertas rotinya perlahan. Dinginkan di atas rak kawat. Potong-potong. Sajikan.

Happy baking! ^__^

Note: Ini aku tadi pakai loyang brownies ukuran 30x10x4 cm (loyang perseginya udah kotor semua bekas bikin pesanan cake potong, heheee...), jadinya adonan berlebih dan aku tuang ke cetakan cupcake. Tapi gak sempat difoto udah keburu disita sama nenk Nadh, hihihihiiiii....
Trus itu yang putih2 di atasnya aku dusting pake gula halus untuk kepentingan fotografi (halah! gaya benerrrr... padahal fotonya jelek gitu, heheheee...)

CLASSIC CHEESY CAKE (CHEESE CAKE ALA INDONESIA)



Ini dia cake yang dipesan oleh seorang teman untuk ultah Ayahanda tercinta kemarin. Cerita dan penampakan lengkapnya ada disini.

Kenapa aku sebut cheese cake ala Indonesia, iya soalnya berbeda banget dengan yang disebut 'cheese cake' ala western yang memakai cream cheese dan testurnya creamy. Cheese cake yang ini adalah spongecake yang berlapis krim keju dan ditabur keju cheddar parut ^_^

Ini dia resepnya:

Classic Cheese Cake
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
8 butir telur, suhu ruang
¼ sdt garam
120 gram gula pasir
1 sdm cake emulsifier (SP/TBM/Ovalette) --> Optional
1 sdt essence vanilla susu
180 gram terigu protein sedang/all purpose
25 gram maizena
20 gram susu bubuk
1 sdt baking powder
120 gram mentega/margarine, lelehkan dan dinginkan
50 gram keju cheddar, parut halus

Bahan krim keju (filling):
100 gram whipcream bubuk (klo pakai whip cream cair 200 ml, air es diskip)
200 ml air es
2 sdm cheese spread
30 gram keju cheddar parut
---> Campur whipcream dan air es, kocok sampai kaku. Masukkan cheese spread, kocok rata. Masukkan keju cheddar parut, aduk rata. Simpan di kulkas agar whip cream tidak meleleh.

Simple syrup:
Aku pake perbandingan gula dan air 1:3
50 gram gula pasir
150 ml air
¼ sdt essence vanilla
---> Panaskan gula dan air sampai gula larut. Angkat dan biarkan hangat, masukkan essence vanilla, dinginkan.

Polesan (white ganache):
Aku kemarin ake ganache dadak berhubung kulkas dan freezer udah penuh sama pesanan klappy jadi udah gak muat buat menginapkan ganache di kulkas semalaman.
100 gram whipcream bubuk
200 ml air es
250 gram white cooking chocolate (WCC), lelehkan dg cara ditim di atas air panas. Dinginkan.
---> Campur whipcream dan air es, kocok sampai kaku. Masukkan WCC cair yang sudah dingin, kocok rata sampai menjadi krim yang lembut dan lentur. Siap pakai.

Taburan:
Keju cheddar parut

Garnish:
Strawberry, cherry, coklat serut atau apa saja sesuai selera deh.

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180’C. Siapkan loyang bulat diameter 22-24 cm, tinggi 7-8 cm. Oles seluruh permukaannya dengan margarine, alasi dasarnya dengan kertas roti dan oles lagi kertas rotinya. Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, maizena, susu bubuk dan baking powder. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir, garam dan cake emulsifier hingga mengembang dan kental berjambul petruk. Masukkan essenve vanilla susu, kocok rata. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata atau dikocok dengan mixer kecepatan rendah.
4. Masukkan mentega cair, aduk balik dengan spatula hingga benar-benar tercampur rata dan homogen. Masukkan keju cheddar parut. Aduk rata.
5. Tuang ke dalam loyang. Panggang dalam oven sampai matang. Lakukan test tusuk dan test sentuh. Lamanya tergantung oven masing-masing. Angkat. Keluarkan dari loyang, dinginkan di rak kawat.

Penyelesaian:
1. Belah cake menjadi 3 bagian. Letakkan 1 lembar cake, basahi dengan simple syrup, oles dengan filling krim keju, letakkan lagi selembar cake. Lakukan berulang hingga lembar ke-3.
2. Oles seluruh permukaan dengan white ganache. Taburi seluruh permukaannya dengan keju cheddar parut. Hias sesuka hati.

Note:
- White ganache bisa diganti dengan butter cream, juga fillingnya whipcream bisa diganti buttercream. Tentu saja dengan sensai rasa yang berbeda yah :)
- Kocokan telur kental jambul petruk, lihat disini.
- Teknik aduk balik, baca disini.

Happy Baking ^__^

KLAPPERTAART FOR NUN





ni repeat order dari nenk Nun yang cantikkkkk... ^_^
Sebelumnya sudah pernah order cheese klappertaart ukuran medium. Setelah nyobain langsung jatuh cinta deh, hihihihiiii...
Kemarin order klappy original dan klappy keju dalam cup. Tadinya pesan masing-masing 10 cup. Tapi jadinya 10 cup klappy orinal, 5 cup klappy keju dan 1 klappy keju pake loyang oval buat dimakan di rumah, sedangkan yang di cup untuk hantaran ke saudaranya.

Alhamdulillah nenk Nun-nya suka banget sama klappy-nya dan ternyata insyaAllah klo gak ada halangan sepupunya mau pesan juga untuk acara pernikahan bulan Februari nanti.

Nuhun pesanannya ya nenk geuliz. Nuhun juga kemarin udah bawain tahu sumedang yang enak buat Nadhifa ^__^

CLASSIC CHEESY CAKE FOR BARTHONY'S FATHER



Mumpung ada free hotspot, upload foto dulu, hehehee..

Cake ini pesanan teman lamaku Bartony. Udah lama sejak lulus sekolah kayaknya gak pernah ketemu lagi, eh sekalinya ketemu karena pesan kue, heheheee....
Pesan untuk acara ultah Ayahnya tercinta.

Pesannya cake yang pakai keju. Jadilah dibuatkan classic cheese cake alias cheese cake ala Indonesia ini. Kenapa aku sebut cheese cake ala Indonesia, iya soalnya berbeda banget dengan yang disebut 'cheese cake' ala western, yang ini adalah spongecake yang berlapis krim keju dan ditabur keju cheddar parut ^_^

Waktu pesan wanti-wanti klo jangan kebanyakan krimya, katanya gak akan dimakan karena selama ini klo makan cake ultah krimnya gak dimakan karena bikin eneg, heheheee... Tenang Pak diriku pake white ganache yang rasanya uenakkkk dan bikin termehek-mehek deh, xixixiixiiiiiii....

3 layer spongecake vanilla keju, filling krim keju, dicover white ganache dan diberi taburan keju parut di seluruh permukaannya.
Karena untuk ultah jadi didekor sedikit dengan swirl, strawberry dan white chocolate serut. Ditambah papan ucapan dari white chocolate. Tapi tetap lho atasnya sebelum didekor ditabur keju paru juga, pokoknya full keju deh! ^_^
Biar kejunya gak rontok sewaktu di perjalanan, aku pakein plastik mika di sekeliling cakenya :)



SMS dari pemesan setelah kuenya dipotong dan dimakan:
"Udah dipotong dan ditest cakenya. Feed backnya top markotop dan maknyusss... Thanks banget... Alhamdulillah gak eneg tapi enak. Jangan bosen ya terima orderan lagi. Boleh gak aku promosiin di kantor?"

Alhamdulillah... Gak sia-sia deh ngambil cakenya dari Cilegon ke Serang, heheheee... Thanks for ordering ya Pak ^_^

Happy Birthday buat Ayahmu yaaa... Semoga beliau selalu diberikan kesehatan dan kesejahteraan dunia dan akhirat. Allahumma amiiiinnnn...

BIRTHDAY CAKE WITH EDIBLE PHOTO FOR AMESH



Cake orderan Jeunk Rita buat ultah pertama putri lucunya Tiara Prameswari (biasa dipanggil Amesh).

Cakenya nuansa putih dan pink, dekornya girly tapi gak terlalu rame.
Base cakenya minta orange cake: 3 layer orange cake, diberi 2 lapis filling selai orange marmalade, whipped cream dan potongan jeruk mandari kalengan. Dicover dengan white ganache dan diberi pagar coklat warna putih dan pink.

Dapet BBM dari Jeunk Rita: "Cakenya enak. MANTAP (kasih jempol). Pada gak ngira ada foto bisa dimakan."
Heheheee... Alhamdulillah...

Makasih orderannya ya Buuu...
Happy Birthday for Amesh, semoga senantiasa tumbuh menjadi anak yang cerdas dan sehat, kelak menjadi anak yang sholehah dan membanggakan kedua ortu. Amiiiinnnn....

Maaf yah Kakak Nadh gak bisa dateng ke acara ultahnya dedek Amesh soalnya Kakak Nadh-nya lagi rewel gak enak badan.
Salam dan sun sayang dari Kakak Nadh dan Bundanya ^__^

Thursday, January 13, 2011

LBT#1: CHEESE BANANA CAKE



Alhamdulillah... Setelah 'ngobrol' dengan Teh Vivi Nowotny (Austria), Teh Diah Raki (Thailand) dan Mba Dida Rachmadiah (Mojokerto) akhirnya kami berempat bisa publish juga bikin event baking bersama yang diadakan tiap bulan. Kami beri nama LET'S BAKE TOGETHER (disingkat LBT).
Selain untuk menyemangati teman-teman yang memang mempunyai minat baking, juga memfasilitasi teman-teman untuk berkarya dan memberanikan diri mencoba mengerjakan PR LBT yang diberikan tiap bulannya. Event online ini diadakan di Facebook, dimana banyak teman-teman yang menjadi peserta yang tidak mempunyai blog. Semoga bisa eksis terus dan semakin baik ke depannya ya. Amiiiin....

PR LBT#1 ini bertema BANANA CAKE. Cake ini aku buat kemarin. Sebenernya pisangnya sudah beli dari hari Sabtu, cuma belum sempat diolah dan ini pun bikinnya buru-buru harus segera beres-beres rumah karena mau dijemput suamiku untuk menginap di luar rumah (bukan di teras rumah lho ya, xixixixiiiii...), kebetulan suami ada kegiatan di luar rumah dan aku disuruh ikut.

Sudah gak ada waktu lagi buat cari-cari resep, akhirnya aku pake resep 'Cake Tape Keju' yang sebelumnya sudah pernah aku posting. Waaaahhhh, ternyata teman-teman LBT yang lain banyak yang seide sama aku, hihihihiiii... Toss dulu ahhh... (^_^)/*

Resepnya aku modifikasi, karena mau dibuat cake keju jadi gulanya aku kurangi, soalnya pisangnya udah manis banget. Maklum pake very ripe bananas alias pisang bonyok, xixixixiixiiiii... Biar kejunya lebih berasa.
Santan kental aku ganti dengan yogurt tawar kental dan jumlah terigunya juga aku tambah.
Tadinya mau dikasih potongan pisang juga dalam adonannya (banana chunk), tapi karena pisangnya udah lembek banget jadi ga bisa dipotong2 deh.

Sempat ketar ketir lihat postingan foto banana cake teman-teman LBT yang lain yang subhanallahhh... Keren, kreatif dan bagus! Punyaku hanya banana cake standar saja dan minimalis banget ^_^
Alhamdulillah hasilnya memuaskan, karena dibuat dengan metode spongecake jadinya hasilnya ringan, juga penggunaan yogurt membuat cake ini moist sekali. Suamiku dan nenk Nadhifa juga suka, cakenya gak terlalu manis dan berasa kejunya (kejunya 150 gram gitu lho, hihihihiiii...). Pisang dan keju memang klop deh ;)

Pemotretannya seadanya karena pas mau motret batere kamera habis, pas batere kamera udah ready lagi eh giliran cuaca jadi mendung dan gelap banget *__*

Ini dia resepnya...





Cheese Banana Cake
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
300 gram pisang yang matang sekali (ambon/cavendis)
100 ml yogurt tawar kental
220 gram terigu protein sedang
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/4 sdt garam
5 butir telur ukuran besar
1 sdt cake emulsifier (optional)
100 gram gula pasir
1/2 sdt essence vanilla
150 gram margarin, lelehkan dan dinginkan
100 gram keju cheddar parut

Taburan:
50 gram keju cheddar parut

Cara membuat:
1. Siapkan loyang (aku pake loyang loaf), olesi margarin dan taburi terigu tipis-tipis. Sisihkan.
2. Panaskan oven 160'C.
3. Caampur dan ayak terigu, baking powder, soda kue dan garam. Sisihkan.
4. Kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier hingga mengembang, kental dan putih (sudah kaku membentuk jambul petruk). Tambahkan essence vanilla. Kocok rata.
5. Haluskan pisang dengan menggunakan garpu, campur dengan yogurt kental. Aduk rata.
6. Masukkan campuran pisang sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur sambil dikocok perlahan dengan mixer kecepatan rendah (speed 1).
7. Masukkan margarin leleh sedikit demi sedikit sambil diaduk balik dengan spatula.
7. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk balik dengan spatula. Jika setelah selesai memasukkan terigu dirasa masih ada terigu yang belum tercampur, kocok rata dengan mixer kecepatan rendah (speed 1) cukup sebentar saja.
8. Masukkan keju cheddar parut. Aduk rata dengan spatula.
9. Masukkan ke dalam loyang. Panggang hingga matang dan kecoklatan sekitar 45-60 menit. Test tusuk.
10. Potong-potong dan sajikan.

Salam LBT! ^_^

DEVIL'S FOOD CAKE FOR RERE



Cake ini orderannya Jeunk Seffi untuk ultah putri cantiknya Rere yang ke-3 tahun.
Karena Rere suka banget sama coklat akhirnya pilihan jatuh ke Devil's Food Cake yang nothing but chocolate, heheheee...
Mintanya cakenya didekor minimalis dan eksklusif saja, gak usah didekor rame atau warna warni ala anak-anak. Hmmmm... Satu selera dengan diriku nih Jeunk, hehehee...

2 lapis moist chocolate cake, disiram symple sirup dengan lapisan chocolate ganache tebal di dalamnya. Dicover chocolate ganache. Sebenarnya DFC ini tampil polos cover chocolate ganache saja, tapi berhubung Rere suka banget sama coklat jadi aku kasih pagar coklat juga pinggirannya. Karena buru-buru bikinnya jadi pakai cara cepat pagar coklatnya aku bikin dengan coklat yang dipatah-patahkan saja. Cantik juga kan hasilnya ;) *narsis lageee.... qiqiqiqiqiiiii....

Waktu dikasih tau nama lengkapnya Rere, waduwh puanjangggg bangedh deh Jeunk namanya. Kata Jeunk Seffi namanya memaksimalkan huruf di akte kelahiran 25 huruf, xixiixixiiiii... Bisa aja nih :D

Alhamdulillah yang pesan suka, apalagi Rere-nya. Tapi katanya pagar coklatnya kurang banyak soalnya Rere suka banget sama coklat jadi tu pagar coklatnya bisa ludes dimaem sama si nenk cantik Rere, hihihihiiiii...

Sms dari Jeuk Seffi:
"Enak banget Bu,, Rere pas makan aja bilang "Ena.. ena.. ena..". Tapi pager coklatnya kurang banyak,,,kikikikkk... Habisnya Rere suka banget. Thanks ya kuenya."

Alhamdulillah...
Happy B'day ya Nenk Rere. Semoga tambah cantik, tambah lucu, tambah pinter, sehat selalu dan kelak jadi anak Mama dan Papa yang sholehah. Amiiiinnnn....

CHEESE KLAPPERTAART FOR NUN



Cheese klappy ini orderannya nenk geuliz (asli emang geuliz bangettttt...) Nun. Sama2 tinggal di Serang tapi ketemunya di FB dan baru hari Sabtu kemarin ketemunya ^_^
Pesan ini karena mau nyobain bareng keluarga dan calon suaminya, eheemmmm... Heheheee...

Waktu pertama ketemu, waaaahhhhhh... Cantikkknyaaaa... ^_^
Nenk Nun ini mampir ke rumah buat ambil klappy-nya.



Alhamdulillah setelah dimakan klappy-nya langsung kirim BBM: "Enaaaaaaaaaak bgdddd Kak. Kejuuunya berasaaa bgddd :D"
Trus kirim wall juga di FB, ni ku copy aja yah:
"Kk sayang thx ya klappy nya....manyoooooooos kejuuunya berasaaa full ampe mkn sedikit aja uda pd kenyang,,kt calsua and myfamy TOP :) send myregards and kissed and hug 4ur daugther yeah sist (mwaaah)"

Pastinya kejunya berasa karena pakai cream cheese dan keju cheddar juga dalam adonannya. Plus taburan keju cheddar parut di toppingnya, tapi tetap kismis dan almond-nya gak absen donk, heheheee...

Nuhun orderannya ya nenk geuliz, moga bisa ketemuan lagi yah. Kemarin buru-buru sih jadi gak puas deh ngobrolnya ;)

KLAPPERTAART: INSIDE



Kemarin beberapa teman ada yang tanya gimana sih penampakan bagian dalamnya si klappy buatanku. Nah, begini nih penampakannya. Creamy dan lembut, full kelapa muda ^_*

FRUIT PIZZA



Ini juga pesanannya Bu Silvana. Awalnya sempat bingung juga pas pesan pizza buah, soalnya sebelumnya belum pernah ada yang pesan. Ya udah jadinya begini deh, heheheee...

Alhamdulillah yang pesan suka, tapi rotinya masih agak tebal katanya, next time mau yang tipis aja. Nah diriku tuh bingung, soalnya kan klo pizza biasa rotinya dipanggang bareng dengan toppingnya jadi rotinya bisa tipis karena ga mengembang kan tertahan sama toppingnya. Klo pizza buah kan rotinya dipanggang tanpa topping, jadi walau udah aku gilas tipis (tipis banget sampe ada bagian yang transparan malah) juga tetap masih jadi mengembang hasilnya, hihihihiiii... Maklum ya Buuu... Bakul kuenya binun, xixixixiiiii... :p

FRUITY KLAPPERTAART FOR SILVANA



Ini pesanannya Bu Guru cantik, Bu Silvana ^_^
Beliau nih sukaaaa banget sama yang ada buahnya gitu, seger katanya.
Sebelumnya pernah pesan juga klappy original yang ukuran small (udah ubek-ubek cari fotonya belum ketemu, hikkkzzz...) tapi katanya kurang puas makannya karena sedikit, sampe-sampe suaminya gak dibagi, hihihihiiii...
Akhirnya pesan lagi yang ukuran medium, langsung aja aku tawarin yang fruity klappy karena dalamnya ada buah-buahan dari fruit cocktail kalengan, tanpa mengurangi jumlah kelapa mudanya lhooo... ^_^
Toppingnya juga tetap pake almond slice dan kismis, ditambah potongan cherry merah dan hijau juga ;)
Bu Ivana setuju, sekalian pesan fruit pizza juga.



Alhamdulillah yang pesen suka banget, klappy ini makanan nostalgia katanya, waktu masih di Bandung suka beli. Dan kali ini suaminya juga kebagian deh, heheheee...

Thanks for ordering ya Bu Guru cantikkkk... ^_^

Sunday, January 9, 2011

KUE BANDROS a.k.a KUE PANCONG



Yang angettt... Yang angetttttt... ^_^

Buat teman ngeteh sore-sore. Gurih, manis, lembut...

Resepnya bingung soalnya pake takaran feeling aja, gak ditimbang pula tadi. Kelapa parutnya seplastik beli di tukang sayur, tepung beras dan terigunya langsung masukin pake takaran sendok makan (lupa berapa sendok makan ya???), cuma santannya doank nih yg diukur sekitar 500 ml :D
Bikinnya pake cetakan pukis.

Next time klo bikin lagi ditimbang deh ya, habis tadi bikinnya buru-buru mau mandiin Nadhifa juga, hihihihihiiiii... ;)

Atau klo mau coba bikin bisa pake resep dari sedap sekejap, bisa dilihat disini. Cuma cara bikinnya sedikit beda, klo aku bikinnya langsung campur aduk aja semua bahannya, heheheee...

Suamiku malah kemarin mintanya dibikinin kue rangi, padahal kan cetakannya beda, kue rangi cetakannya lebih tipis dan ramping, gak tebal kayak cetakan pukis.
Resep kue rangi bisa dilihat disini.

Saturday, January 8, 2011

BEEF AND EGG PIE



Sarapanku tadi pagi. Niat awal mau shaum, tapi pagi-pagi badan lemes banget dan ada 3 pesanan yang harus aku kerjakan. Badan lagi gak fit hari ini.

Bikinnya gampang banget, pakai kulit puff pastry siap pakai. Resepnya adaptasi dari Joy of Baking. Bisa dilihat disini.

Resep asli pakai ham, tentu saja aku gak pakai itu :) Aku ganti pakai daging beef burger dan sosis. Aku juga hanya pakai loyang pie diameter 18 cm (resep asli 23 cm) dan pakai 4 butir telur (resep asli 7 butir telur).

Ini bisa jadi salah satu alternatif menu sarapan atau bekal sehat untuk si kecil atau teman-teman yang mau bawa bekal ke kantor ^_^
Nadhifa juga suka banget: "Bua, agih agih..." (Bunda, lagi lagi... - red) ^_^



Beef and Egg Pie
(Adapted from Joy of Baking, modified by Ricke 'Bunda Nadhifa')

Bahan:
2 lembar kulit puff pastry siap pakai (frozen puff pastry sheet), dithawing di suhu ruang sekitar 15-20 menit
5 buah daging beef burger/smoked beef, iris-iris
3 buah sosis sapi, iris bulat
4 butir telur
1 batang daun bawang, iris halus
Keju cheddar/quick mel/mozarella (sesuai selera), parut

Bahan olesan:
1 butir kuning telur+1 sdm susu cair, aduk rata
Sedikit oregano kering untuk taburan (optional)

1. Panaskan oven 200'C. Siapkan loyang pie loose base ukuran diameter 18 cm, olesi margarin tipis.
2. Siapkan selembar kulit puff pastry yang sudah dithawing, perlahan letakkan ke dalam loyang pie, tekan-tekan lembut hingga fit dengan dasar loyang dan pinggiran loyang. Potong kelebihannya.
3. Tata setengah bagian daging beef burger/smoked beef dan setengah bagian sosis.
4. Pecahkan telur satu persatu langsung di atas daging dan sosis yang telah ditata (seperti memecahkan telur ceplok), pecahkan di empat tempat. Kemudian tusuk kuning telurnya dengan garpu cukup sampai kuning telurnya pecah tapi jangan diaduk.
5. Tata kembali sisa daging beef burger/smoked beef diatasnya. Beri daun bawang dan terakhir beri keju parut merata.
6. Tutup bagian atas dengan selembar kulit puff pastry. Tekan-tekan pinggirannya agar menyatu dengan kulit puff pastry di bawahnya. Potong kelebihannya.
7. Olesi permukaannya dengan campuran kuning telur dan susu cair. Taburi oregano kering.
8. Panggang dalam oven hingga matang dan kulit puff pastry mejadi kecoklatan permukaannya. 20-30 menit. Angkat. Diamkan sebentar dalam loyang, keluarkan dan sajikan panas dengan saus sambal dan saus tomat botolan.

Note: Kulit pastry bagian dalamnya memang tidak akan renyah banget karena adanya bahan isi yg 'basah'. Jadi hanya kering dan renyah permukaan kulitnya saja.

MIE KOCOK BANDUNG



Hari ini hujan terussss... Paling enak makan yang berkuah panas-panas, segeeerrrrrrr.... Apalagi ditambah sambel yang hot. Sluuurrrrpppppp... ^_^

Weekend kemarin sempat beli kikil kaki sapi, tapi masih tentram dan damai aja di freezer, blum diolah. Ya sudah, hari ini dibikin mie kocok bandung aja deh. Kebetulan masih punya stok mie gepeng rebonding alias mie lurus, xixixixixiiiiii....

Ini resepnya asal cemplung aja yah. Bumbunya pake ilmu kira-kira (kira-kira bener, atau kira-kira salah ya? kekekekekkkk...). Ahhh, yang penting mah jadi juga makan mie kocok Bandung hari ini. Dan yang paling menyenangkan kata suamiku lebih enak dari mie kocok Bandung yang biasa kami beli disini. Uhuuuyyyy... Senangnya pake ilmu kira-kira :D

Mie Kocok Bandung
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
200 gram mie telor gepeng lurus (1 bungkus), rebus hingga matang. Tiriskan.

Kuah kaldu:
500 gram kaki sapi (pilih yang kikilnya banyak yah) ~ aku beli di supermarket sudah dalam keadaan putih bersih ^_^
2,5 liter air
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk

Bumbu halus:
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 butir kemiri, bakar sebentar

10 buah ebi (udang kering), haluskan

2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
1 batang serai, memarkan
2 cm jahe, digeprek
Minyak untuk menumis

Garam, merica bubuk, gula pasir, kaldu sapi bubuk secukupnya ~ tergantung selera aja

Bahan pelengkap:
15 butir bakso sapi kecil (atau terserah selera aja banyaknya)
100 gram tauge panjang, siangi, rendam air panas hingga agak layu sebentar saja. Tiriskan.
1 batang daun bawang, iris tipis
1 batang seledri, iris halus
Bawang goreng
Jeruk nipis
Sambal ulek merah
Emping atau kerupuk
Kecap manis (klo suka)

Cara membuat:
1. Kuah kaldu: Didihkan air, beri garam dan merica bubuk. Rebus kaki sapi hingga empuk.
2. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai dan jahe hingga harum. Masukkan ebi, umis sebentar.
3. Masukkan tumisan ke dalam kuah kaldu, masak terus hingga kaki sapi benar-benar empuk dan bumbu meresap. Tambahkan garam, merica bubuk, gula pasir dan kaldu sapi bubuk. Cicipi rasanya.
4. Masukkan bakso sapi, masak hingga bakso mengapung dan matang.

Cara penyajian:
Tata dalam mangkuk saji: Mie, tauge, kikil kaki sapi yg sudah dipotong-potong, bakso sapi, daun bawang, dan daun seledri. Siram dengan kuah kaldu panas. Taburi bawang goreng. Sajikan dengan jeruk nipis, sambal ulek merah, kerupuk/emping dan kecap manis.

Note: Klo ada yang heran, kok ga ada kocok mengocoknya ya? Heheheee....
Karena ini homemade ya bikinnya gak pake acara mengocok. Nah, klo di penjual mie kocok Bandung memang dibuat dengan cara dikocok, yaitu mie dan taugenya dimasukkan kedalam saringan berbentuk seperti cup tapi bolong-bolong, trus dicelupkan ke dalam panci berisi air panas dan digerakkan naik turun (diangkat dan dicelup kembali) seperti mengocok. Baru ditiriskan dan ditaruh ke dalam mangkuk ^_^

BLACK FOREST ALA TIRAMISU FOR PAK AGUS



Ini black forest atau tiramisu? Tiramisu atau black forest?
Hihihiiiiii...
Ini black forest yang 'didandani' ala tiramisu. Full ganache dan coklat. Enak deh pokoknya (gak makan aja bisa bilang enak, kekekekekkkk...)

Cake ini orderan dari Bu Agus untuk memberikan surprise kepada suami tercinta, Pak Agus, yang hari ini berulang tahun.
Pesanan awal tadinya tiramisu, tapi aku gak bisa janji karena mengingat si maskaryo-nya langka banget disini. Setelah 3 hari hunting si maskaryo semua stoknya lagi kosong ya sudah tiramisunya pun gak jadi deh.

Akhirnya aku tawarkan black forest (BF) ala tiramisu saja, minus mascarpone tentunya. Dengan jaminan BF buatanku enak dan beda dengan BF yang ada di pasaran toko kue atau bakery disini. Karena biasanya orang sudah bosan dengan rasa BF yang gitu-gitu aja, apalagi beli di toko kue biasa yang ada disini. Alhamdulillah beliau berkenan ^_^

Base cakenya chocolate genoise spongecake 3 lapis dan filling ganache 2 lapis.
- Lapisan pertama: Chocolate genoise spongecake disiram simple syrup, diberi vla air dark cherry, kemudian dilapis white ganache tebal dan diberi potongan buah dark cherry.
- Lapisan kedua: Chocolate genoise spongecake disiram coffee syrup, dilapis chocolate ganache, diberi potongan dark cherry dan taburan dark chocolate serut.
- Lapisan ketiga: Chocolate genoise spongecake disiram simple syrup.
Keseluruhan cake dicover white ganache yang lembut membelai lidah dan enak donk pastinya , hehehee...

Karena untuk laki-laki jadi desainnya dibuat simple saja. Pagar dari papan dark coklat dengan motif arabesque, bagian atas diberi taburan coklat bubuk dan diberi garnish dari coklat dan strawberry segar serta papan ucapan dari coklat.

Dapat sms dari Bu Agus:
"Cakenya gak keburu dimasukin kulkas. Bapak sudah keburu datang dan cakenya mau dibawa ke kantor. Tapi anak2 kepengen makan ya sudah kuenya dibagi 2 deh. Anak2 sudah gak sabar langsung maan kuenya. Enak banget! Beda dengan BF yg biasa kita beli. Jempol deh pokoknya."

Alhamdulillah... ^_^

Terima kasih sudah memesan ya Bu. Selamat hari lahir untuk Pak Agus. Semoga usianya senantiasa diberikan keberkahan dan sukses dunia akhirat. Amiiinnn...

Maaf yah, fotonya over exposure, hehee... Selain yg motret amatiran trus tadi pagi lumayan cerah sunshine-nya, walaupun setelahnya gerimis terus seharian. Ini juga fotonya buru-buru banget. Jepret 2 kali langsung masukin dus deh. Soalnya tadinya minta delivery jam 9 pagi, tiba-tiba dapat sms minta delivery jam 8 aja. Jadi buru-buru ambil kamera dan click! ^_^

Mau order? Silahkan hubungi aku yah! ^_*

PUFF PASTRY CUPS FILLED WITH EGGS AND MUSHROOM



Hasil ngarang-ngarang sendiri. Bikinnya gak pake takaran, asal cemplung-cemplung aja. Hasil dari kelaparan tadi pagi di rumah sedangkan isi kulkas sekarat. Gak ada daging, gak ada ikan, gak ada ayam, gak ada sayuran. Hikkkzzzz....
Yang ada cuma jamur tinggal setengah kaleng, puff pastry tinggal 2 lembar, keju tinggal sepotong kecil. Klo telur sih alhamdulillah masih lumayan banyak, maklum bakul kue, hehehee...

Tadinya mau bikin nasgor atau telur ceplok, cuma kok ya kurang semangat gitu. Akhirnya ya udah deh, nguprek di dapur bikin puff pastry cups ini.
Bikinnya lumayan cepat. Jadi sementara Abi dan Nadhifa lagi nyiram bunga dan bersihin halaman, Bunda bikin ini deh. Habis itu makan deh bareng-bareng di teras rumah. Happy New Year! ^_^

Resepnya nanti aku tulis sekalian foto-foto step by step-nya ya. Tadi lagi mood aja jeprat jepret di dapur, mumpung Nadhifa lagi anteng sama Abinya ;)

Btw, untuk isiannya bisa apa aja sesuai selera. Mau diisi ayam cincang, daging cincang, sosis, pakai saus bolognese, dll. Yang penting enak deh yaaa...
Aku pakai telur dan jamur karena memang cuma itu aja yang lagi ada di rumah :)



Bahan:
Siapkan 2 lembar kulit puff pastry siap pakai.
Karena makanan beku (frozen food) jadi harus dithawing dulu di suhu ruang. Skitar 15-20 menitan.

Bahan isi:
150 gram jamur kancing kalengan, cincang kasar
2 buah telur. kocok lepas
1/2 buah bawang bombay, cincang kasar
1 batangdaun bawang, iris tipis
2 siung bawang putih, cincang halus
30 gram keju cheddar, parut
1 sdm terigu
50 ml air atau susu cair
Garam, merica bubuk, gula pasir secukupnya
Oregano bubuk (optional)
2 sdm margarin

Bahan olesan:
1 buah kuning telur, kocok lepas

Cara membuat bahan isi:
1. Panaskan margarin. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum dan layu.
2. Masukkan jamur. Tumis sebentar. Masukkan terigu. Aduk rata. Masukkan air/susu cair. Aduk hingga mengental. Masukkan keju parut, sisakan sedikit untuk taburan.
4. Masukkan telur kocok. Aduk rata hingga telur matang. Beri garam, merica bubuk dan gula pasir secukupnya. Aduk rata. Terakhir masukkan daun bawang. Aduk rata. Angkat. Sisihkan.

Cara membuat puff pastry cups:
1. Panaskan oven 200'C. Atau sesuaikan dg kondisi oven masing-masing yaaa...
2. Siapkan loyang muffin. Olesi margarin.
3. Siapkan 2 lembar kulit puff pastry siap pakai. Potong masing-masing lembaran menjadi 4 bagian.
4. Masukkan kulit puff pastry ke dalam cetakan muffin. Tekan perlahan bagian tengahnya hingga mengisi lubang cetakan.
5. Beri bahan isi ke dalam puff pastry, beri taburan keju cheddar parut (bisa juga pakai keju quick melt/mozarella). Taburi sedikit oregano bubuk (optional).
6. Olesi permukaan kulit puff pastry dengan kuning telur.
7. Panggang dalam oven selama 20 menit atau hingga puff pastry mengembang, renyah, kecoklatan dan matang.

Note: Bagian bawah puff pastry memang akan sedikit lembab dan tidak bisa sekering bagian atasnya, dikarenakan adanya bahan isi yang basah.