Saturday, June 25, 2011

MY LITTLE PRINCESS -NADHIFA'S- BIRTHDAY

Just want to share some story behind our happiness about a week ago... Sorry klo storynya agak panjang, mudah-mudahan yang baca gak capek ya, heheheee... ;)

Tanggal 14 Juni kemarin putri kecilku, Nadhifa, genap berusia 2 tahun. Sebagai ibu, sungguh tak terasa waktu, gadis kecilku semakin hari semakin tumbuh besar menjadi gadis kecil yang lucu dan pintar. Masih teringat di memoriku saat-saat penuh perjuangan melahirkannya 2 tahun yang lalu. Aaahhhhh... Jadi melowwww... *ngetik sambil mata berkaca-kaca *__*

Sebenarnya ini bukan perayaan ataupun pesta. Hanya kumpul keluarga saja. Keluarga kecil kami dan juga Bapakku, Ibuku dan adik-adikku yang datang berkunjung ke rumahku.
Kami berkumpul hari Minggu tanggal 19 Juni, dimana tanggal 18 Juni-nya aku yang bertambah lagi usia. Yup, we're June family! :D
Karena suamiku sedang pendidikan di luar kota dan baru bisa pulang weekend.

Aku putuskan membuat birthday cake (BDCK) untuk Nadhifa. Dan untuk dibagi-bagikan ke tetangga dekat aku membuat cupcakes dan pudding cups.
Semuanya aku kerjakan dalam sehari, dari pagi sampai sore sebelum ashar baru selesai semuanya. Capek tapi senang ^__^
BDCK-nya konsep awalnya mau didekor full fondant. Tapi melihat fondant yang belum diuleni, belum diwarnai, belum digilas, dsb haduhhh kayaknya lama lagi sedangkan hari udah mau sore. Ya sudah poles buttercream yang masih tersisa untuk bikin cupcakes aja dan diberi pagar coklat bernuansa pink dan ungu.
Pink & Purple Birthday Cake (BDCK) for Nadhifa

Dekornya simple saja, mengerjakannya kilat. Mengerjakan BDCK, cupcakes, pudding cups, dll dalam waktu sehari saja. Makanya buru-buru mengerjakannya.

Konsep awal mau full dekor dengan fondant. Tapi gak jadi karena fondantnya belum diuleni, belum diwarnai, dsb sedangkan waktu sudah mau sore. Ya sudah poles buttercream yang masih tersisa untuk bikin cupcakes aja dan diberi pagar coklat bernuansa pink dan ungu.
Ornamen fondant kupu-kupu dan bunga-nya juga sisa hiasan cupcakesnya, hehehee... Tapi alhamdulillah jadinya cantik juga ^__^

Nadhifa sempat ngambek karena edible fotonya gak boleh dipasang di kue, "Pegang kakak aja potona Nda." begitu katanya.
Edible fotonya sengaja dibuat tema Mickey Mouse Club House karena Nadhifa lagi seneng-senengnya sama Mickey dan Minie Mouse :)
Giliran kuenya sudah beres semua eeehhhh.... Nadhifa malah boboooooooooo sampai maghrib.... -___-



Pinggirannya cakenya ditutup dengan pagar coklat motif arabesque bernuansa pink dan ungu. Tadinya mau poles buttercream aja semuanya gak usah pakai pagar coklat. Tapi apalah daya buttercreamnya tinggal pas-pasan, hanya cukup untuk moles tipis-tipis saja, untung masih ada sisanya juga untuk bikin border di atas cake. Maklum buttercreamnya sisa bikin cupcakes, qiqiiqiiii....
Mau ngocok buttercreamnya lagi kok ya sudah males buat nyalain mixer lagi.
Akhirnya secepat kilat mencairkan coklat, sret sreeetttt jadi deh! ^__^

And here's the cuppies... Pinky cupcakes yang saya buat untuk dibagi-bagikan ke tetangga dekat rumah.



Inilah cupcakes yang aku buat untuk isian goodie bag-nya ultah Nadhifa.
Satunya lagi black forest pudding cups yang gak sempat difoto karena buru-buru.
Base cakenya pakai brownies kukus. Diberi topping swirl dari buttercream special yang lembut dan gak eneg. Diberi ornamen kupu-kupu dan bunga dari fondant.
Sssssstttttt.... Itu fondantnya yang ngulenin, ngewarnain dan mencetak Abi lhooo... Hihihiiii.... Makasih ya Bi, cantik lho hasilnya, ngewarnainnya pas juga, hehee... ;)

(Base cake BDCK-nya pakai spongecake Yongky dibikin 3 layers. Layers yang di tengah dibuat coklat. Diberi filling whipped cream dan keju cheddar parut)


(Black forest pudding cups yang belum dikasih topping coklat serut dan cherry merah)

(Gotong royong melipat box cupcake, hehehee....)


(Atas: Cupcakes yang sudah dikemas box satuan dan diberi label. Bawah: Goodie bag sederhana dengan isi cupcake dan black forest pudding cup)


Setelah seharian main dan gak tidur siang, eeehhh malah jam 4 sore Nadhifanya tidurrrrr.... Padahal semuanya sudah siap. Mau dibangunin takut 'rungsing' karena tidurnya kurang. Akhirnya maghrib baru bangun deh... Suasana udah gak ada cahaya alami, foto-fotonya buram, ditambah Nadhifa-nya belum 'ON' jadi manyuuuuun terus difotonya, ditambah masih ngambek karena edible fotonya yang gak boleh dipasang di cakenya, huhuhuuuu....

(Nadhifa tanpa ekspresi, baru bangun tidur, belum 'ON' 100%, hehehee...)


(Nadhifa cuma mau senyum sekali aja pas mau potong kue bersama Yangti-nya. Selanjutnya manyuuunnn terusss...)

Besok harinya Nadhifa aku kasih hadiah boneka bantal Minie Mouse, ceria lagi dehhhh... Heheheee... Ditambah sore harinya datang paket yang ternyata isinya boneka Minie Mouse pinky hadiah dari tante Estuty. Yipppiieeee.... Nadhifa senang sekali. Alhamdulillah... Terima kasih ya tante Estuty ^__^

(Naaahhhh.... Klo senyum begini kan cantik sayaaangggg... Heheheee...)

Semoga sehat selalu ya sayang... Tumbuh menjadi anak yang sholehah, cerdas, sehat dan menjadi penyejuk hati dan mata kedua orang tua. Amiiiinnn...

We love you Nadh! :-*

ORIGINAL KLAPPERTAART




Pesanan bu guru Silvana entah sudah yang ke berapa kalinya (saking seringnya pesan, hehee...).
Beliau memang penggemar klappertaart ^__^

Terima kasih orderannya ya Bu. Sukses selalu. Amiiin....

Thursday, June 23, 2011

CHEESE KLAPERTAART



Pesanan entah yang kesekian kalinya dari Nenk Nun ^_^
Yang ini pesanan untuk dibawa ke acara sepupunya. Yang satu lagi minta pake pinggan keramik aja buat dimakan sendiri di jalan (di mobil).
Lucu banget pake acara 'rebutan' klappy sama suami tercintanya, qiqiqiiiii... Secara mereka berdua memang maniak cheese klappertaart.
Hatur nuhun ya nenk :)

(Ini foto klappertaart yg sudah habis dimakan di jalan, dikirim via BBM sama nenk Nun, hihihiiii...)

LBT#5: KUE TRADISIONAL/KHAS INDONESIA YANG DIPANGGANG

Postingan telaaaat bangeeettttt.... *tutup muka pake serbet
Entah kenapa kok bisa kelupaan posting setoran PR LBT#5 ini ke blog. Atau memang dasarnya suka males update blog ya? Hadeeehhhhhh..... *__*
Gak apa-apa deh telat daripada enggak sama sekali. *ngeles lagi deh :p

Waktu Mba Yunita memngumumkan PR LBT#5 (setoran bulan Mei kemarin) adalah kue tradisional/khas Indonesia yg dipanggang. Entah kenapa saya langsung pengen bikin kue ini: INDONESIAN THOUSAND-LAYER SPICE CAKE alias KUE LAPIS LEGIT :D

Saya memang suka dengan lapis legit. Terutama yg 'oily' alias berminyak karena menggunakan full butter dan moist banget karena menggunakan sedikit terigu.
Tapi walaupun suka makannya, jujur saya gak suka buatnya @__@
It needs a great patience indeed! Melapis selapis demi selapis sampai lapis ke seribu?? Lebay, heheee... Kan disebutnya thousand layer cake? :D
Berlama-lama nongkrongin oven. Hmmmm... What do you think? :p

Anyway, di Indonesia ini terkenal dg aneka kue lapis legitnya dan tentu dengan berbagai macam varian resep. Dari mulai Palembang yg terkenal dengan kue lapis maksuba-nya, sampai ke Pontianak yg terkenal dg aneka kue lapis pontianak.
Sudah terkenal dari sejak jamannya nenek moyang, halah! Hihiihhh...
Well, in my humble opinion Kue Lapis Legit is one of traditional Indonesian delicacy.
Hmmm... Berarti orang Indonesia terkenal mempunyai kesabaran tingkat tinggi ya? Itu buktinya bisa bikin kue lapis legit, hahahaaa... :D
Oya, klo berbicara soal kue yg satu ini, jangan bicara soal kolesterol, karena gak akan jadi makannya :D
Crazy number of butter and egg yolks, xixixixiiiiiiii... :D
Tapi, klo cuma sepotong kecil sih, gak apa-apa lah, atau klo masih merasa berdosa, segigit aja dehhhh... Heuheuheuuuu...

Akhirnya saya putuskan untuk bikin lapis legit roll, cukup 4 layer saja then roll it up! Nyammm... Nyammm... :p
Kebetulan masih punya stock buah prunes jadi saya pakai buah prunes pada lapisan kedua. Saya memang suka dengan buah prunes, ada sensasi asem-asem seger gitu dan tambah legit deh klo digigit ;)




Lapis Legit Pandan Roll
by Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani
(adapted from lapis legit Ny. Liem)

Bahan:
150 gram butter (I use Wisjman butter) ~ saya dinginkan dulu di kulkas sampai beku
1 sdm susu kental manis
12 kuning telur
100 gram gula halus
10 gram terigu/all purpose flour, ayak
1 sdm susu bubuk
1/2 sdt bumbu spekoek (biar ada wangi khasnya)
1 sdt pasta pandan
Manisan prunes secukupnya

Cara membuat:
1. Siapkan loyang persegi ukuran 20x20x4 cm. Olesi mentega dan alasi bawahnya dengan kertas roti, oles lagi dengan mentega. Sisihkan.
2. Panaskan oven 170'C.
3. Kocok butter sampai putih dan lembut. Masukkan susu kental manis. Kocok rata. Sisihkan.
4. Kocok kuning telur dan gula halus sampai putih, kental. Masukkan terigu dan susu bubuk. Aduk rata.
5. Masukkan butter kocok. Aduk rata. Masukkan pasta pandan. Aduk rata. Bagi 4 adonan.
6. Tuang 1 bagian adonan. Panggang dg api atas dan bawah sekitar 5 menit sampai permukaan kecoklatan. Matikan api bawah (gunakan api atas saja). Tuang lagi 1 bagian adonan, tata buah prunes dan panggang 5 menit sampai permukaan kecoklatan. Begitu seterusnya sampai lapisan ke empat. Setelah permukaan lapisan terakhir kecoklatan. Matikan api atas. Panggang keseluruhan kue dg api bawah sekitar 5 menit lagi.
7. Keluarkan kue dari loyang. Biarkan hingga agak hangat. Gulung dan kencangkan. Potong-potong.

(Penampakan lapisan kedua yang diberi prunes)

Lapis legit roll ini hasilnya mini lho, jadi pengen gigit sepotong dan sepotong lagi :D

Tips: Jika permukaan setiap lapisan agak bergelombang hasilnya setelah dipanggang, bisa dibantu diratakan dg smoother besi sambil sedikit ditekan-tekan. Tapi jangan terlalu kuat menekannya ya...

Happy baking all.

Salam LBT! ^__^

Friday, June 17, 2011

LITTLE HAPPINESS IN OUR LITTLE HOUSE: MILAD ABI

Milad Abi, suamiku tercinta tanggal 9 Juni yang lalu. Wah, suamiku sudah kepala 3 ya sekarang ^__^. ALhamdulillah masih diberi nikmat usia, kesehatan dan keluarga kecil yang bahagia. Amiiiin...

Tanggal 9 Juni (Kamis) kemarin Abi masih di luar kota, karena sedang menjalani pendidikan TOEFL untuk bekal meraih cita-citanya ke depan. Pulang hari Sabtu malam.
Kebetulan hari Sabtu-nya saya habis memberikan private class tiramisu dan RVC sampai maghrib baru selesai. Jadi malamnya yg rencana mau bikin JCC request Abi gak jadi deh, tepar banget.
Akhirnya baru tempur bikin kuenya hari Minggu pagi. Selesai membuat adonan, selagi nunggu adonan JCC dipanggang yang lumyan makan waktu lama, aku buat pagar coklatnya dan mengocok whipcreamnya. Karena sesuai request Abi, bikinin JCC ya bunda, pake whipcream dan buah-buahan. Siaaappp! (^_^)>

Seperti biasa kue-kue ala Ordinary Kitchen yang bergaya simple minimalis, halah! Hehehee... JCC buat Abi pun didekor minimalis aja. Dicover whipcream, pakai pagar coklat motif stripy hitam putih, diberi topping strawberry jam dan mixed fruit.

(JCC fresh from the oven, masih panas nih)

Setelah didekor beginilah jadinya...



Sorenya kami kumpul bertiga, gak ada pesta atau perayaan apapun. Hanya kami bertiga saja. Tapi alhamdulillah tidak mengurangi kebahagiaan dan keceriaan sore itu ^__^
Karena cuma bertiga ya nasib deh, bundanya jadi merangkap tukang kue plus fotografernya juga, hehehee...

(Sebelum kuenya dipotong, foto-foto dulu yaaa...)

(Mari kita potong kuenya...)

(saling suap menyuapi dengan khusyuk, qiqiqiiqiiii...)

Alhamdulillah, sedehana tapi sangat berkesan sekali bagi keluarga kecil kami. Malamnya Abi sudah harus kembali ke luar kota karena hari Senin pagi pendidikannya sudah dimulai kembali.


Selamat milad Abi... Semoga diberikan sisa usia yang barokah, diberikan kesehatan dan kesuksesan dunia dan akhirat, selalu bisa menjadi suami dan ayah sekaligus imam yang baik bagi kami. Amiiiin... Love you so much! :-*

Thursday, June 16, 2011

BDCK BEN 10 FOR SULTHAN




Orderan kakaknya Jeunk Rita untuk ultah anaknya yang ganteng, Sulthan ^__^
Ultahnya yang ke-6.

Sempat grasak grusuk karena Mba Ina yg biasa aku pesan edible foto ternyata sekarang sudah gak terima pesanan edible foto lagi. Huwwaaaa... Sudah mengeluarkan rayuan segala macam cara teuteup Mba Ina-nya gak bisa T__T
Ada juga yang lain tapi karena waktunya mepet minta harganya jauh lebih mahal, huhuhuuuu... :(
Akhirnya tanya Teh Detty, dikasih nomor hape Mba Vita, alhamdulillah Mba Vita-nya bisa. Legaaaa.... ^__^
Hatur nuhun ya Teh Detty. Hatur nuhun juga Mba Vita :)

Selamat ulang tahun ya Sulthan. Semoga tumbuh cerdas, sholeh, makin ganteng dan menjadi kebanggan kedua orang tua. Amiiiin....

BOLU GULUNG ABON

Bolu gulung abon ini saya jadikan salah satu setoran untuk ikut meramaikan NCC Bolgul Week. Bikinnya sudah lumayan lama (beberapa minggu yg lalu) tapi baru sempat saya upload sekarang. Sekalian saja untuk setoran NCC Bolgul Week :)

Klo dulu saya pernah posting Floss Roll Bun yg berbahan dasar roti, nah yang satu ini mirip tetapi berbahan dasar cake, jadi namanya Floss Roll Cake alias Bolu Gulung Abon ^__^
Cocok untuk sarapan nih :)
Atau dijadikan salah satu isian snack box dengan bentuk mini.

Resepnya menggunakan resep dasar yang sama dg bolu gulung yang pernah saya posting disini.

Tetapi cakenya saya buat lebih tipis, jadi 1 resep adonan untuk 2 buah loyang persegi ukuran 28x28 cm.
Klo mau buat yang mini untuk snack box, setelah cakenya matang kemudian masing-masing dipotong menjadi 2 bagian (jadi ukuran 14x28 cm) baru digulung.
Oya, karena bolu gulung ini taste-nya lebih ke gurih, jadi jumlah gula dalam resep juga dikurangi.


Bolu Gulung Abon
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
6 butir telur utuh
6 butir kuning telur
80-100 gram gula pasir
1 sdm cake emulsifier (optional)
1 sdm air
100 gram terigu protein sedang/all purpose flour
20 gram susu bubuk
¼ sdt baking powder
100 gram margarine+30 gram unsalted butter, lelehkan dan dinginkan (silahkan klo mau pakai full butter atau full margarine saja)

Taburan:
2 batang daun bawang iris tipis
1 buah cabe merah, buang bijinya dan cincang kecil-kecil
Wijen secukupnya

Filling:
50 gram mayonaise
1 sdm susu kental manis
--->Campur kedua bahan ini, bila kurang bisa ditambah
Abon sapi/ayam secukupnya

Cara membuat:
1. Ayak terigu, susu bubuk dan baking powder. Sisihkan.
2. Panaskan oven 200’C. Siapkan 2 buah loyang persegi ukuran 28x28x3 cm. Alasi loyang dengan kertas roti, olesi dengan margarine/minyak oles loyang. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir, cake emulsifier dan air sampai mengembang, kental, putih dan berjejak. Pastikan kocokan telur sudah kental sempurna agar hasil cake maksimal.
4. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan mixer kecepatan paling rendah atau diaduk dengan menggunakan spatula dengan teknik aduk balik. Aduk rata hingga ke bagian pinggiran baskom.
5. Masukkan margarine+butter cair sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dengan teknik aduk balik hingga benar-benar rata dan adonan sudah homogen.
4. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Taburi dengan daun bawang, cabe merah dan wijen.
5. Panggang dalam oven hingga permukaannya berkulit kuning kecoklatan dan sudah tidak lengket bila disentuh, sekitar 15-20 menit. Jangan over bake hingga cake terlalu kering, nanti bisa mudah retak/patah saat digulung. Angkat dan keluarkan dari oven.
6. Keluarkan cake dari loyang dengan cara membalikkan ke atas kertas roti, kelupas kertas roti yang menempel pada cake. Balikkan kembali ke rak kawat. Biarkan hingga dingin. Balikkan kembali ke atas kertas roti. Oles campuran mayonaise, beri abon sapi/ayam merata. Gulung sambil dipadatkan dengan bantuan kertas rotinya, kencangkan gulungan agar bulat sempurna. Biarkan tergulung beberapa saat. Buka perlahan kertas rotinya. Potong-potong menjadi 5 bagian atau sesuai selera.

*Bolgul ini menghasilkan 2 roll dengan ukuran 28 cm atau 10 potong bila masing-masing roll dipotong menjadi 5 bagian seperti pada foto.

Selamat mencoba.


Salam gulung! ^__^

Thursday, June 9, 2011

ORDERAN KLAPPERTAART

Huuuffftttt... Setelah mengumpulkan semangat akhirnya menguatkan diri buat edit dan upload foto-foto orderan klappertaart yang banyak banget belum disentuh di folder laptop. Malasnya kumat :(
Alhamdulillah malam ini bisa dapet 7 foto, dan sisanya masih banyak, huhuuu... Ada yang mau bantu? @__@
Mumpung lagi ada mood baik, ya udah langsung diupload aja deh 7 foto ini.
Maaf ya klo fotonya sebagian udah pada telat. Yaaa... daripada enggak sama sekali, hehehee... ngeles dot com :p

So... Here we come... Parade klappertaart Ordinary Kitchen. Enjoy! :D

(Cheese klappertaart orderan Mba Lucy)

(Cheese klappertaart, entah repeat order yg ke berapa kalinya lupa, hehee...)

(Durian klappertaart for Anggi)

(Cheese klappertaart in cups orderan Teh Detty)

(Cheese klappertaart repeat order dari Mba Lucy)

(Original klappertaart, repeat order yang kesekian kalinya dari bu guru cantik Silvana)

(2 loyang original klappertaart orderan Bu Yanna)

Do you want to try?
Please contact me for order ^__^

Wednesday, June 8, 2011

BOLU SARANG SEMUT (BOLU KARAMEL)


Bolu karamel atau sarang semut ini adalah salah satu kue khas Indonesia. Klo sebutan orang Betawi bolu sarang semut, karena bolunya berongga-rongga seperti sarang semut (emang udah pernah lihat dalamnya sarang semut kayak gimana? hihihiiii...).
Btw, foto bolu sarang semut ini sebenarnya saya bikin sebulan yang lalu untuk setoran PR LBT#5 dengan tema kue tradisional khas Indonesia. Tapi akhirnya yang disetor jadinya lapis legit roll, hehehee... (ouppzzz... ternyata blum aku posting ya? *tepok jidat).

Saya membuat bolu sarang semut ini dengan resep jadoel ala Ibuku, yang resep aslinya pakai takaran gelas belimbing. Sampai sekarang juga ibuku klo bikin kue memang masih pakai gelas belimbing, lebih gampang katanya :D
Ibuku gak terlalu pandai bikin kue. Tapi beberapa resepnya yang sederhana memang jitu, salah satunya resep sarang semut ini ^__^
Bikinnya juga gak pake mixer. Campur dan aduk-aduk aja :)
Sekarang ibuku sudah jarang banget bikin kue, klo mau ada acara malah pesan ke anaknya (aku maksudnya), heheheee.... :p
Klo ada acara, yang jadi andalan ibuku klo gak bolu pandan ya bolu sarang semut ini.

Resepnya sudah saya konversikan ke dalam satuan gram. Takut 'lieur' kata orang sunda mah klo gak punya gelas belimbing :D
Dan sudah saya modifikasi juga sesuai selera, termasuk jumlah gulanya aku kurangi.



Bolu Sarang Semut (Bolu Karamel)
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
Untuk sirup karamel:
400 gram gula pasir
400 ml air panas
5 lembar daun jeruk purut, iris tipis
2 lembar daun pandan, iris tipis
---> hasil akhir ditakar 400 ml

5 butir telur
120 gram terigu protein sedang
150 ml susu kental manis
150 gram margarin, lelehkan dan dinginkan
1 sdm soda kue

Cara membuat:
1. Sirup karamel: Panaskan gula pasir di wajan hingga kecoklatan (jangan sampe gosong ya ntar pahit) dengan api kecil, tambahkan air panas. Biarkan hingga mendidih dan gula larut. Masukkan daun jeruk purut dan pandan. Masak hingga wangi. Angkat dan dinginkan. Saring dan buang daunnya. Takar 400 ml. Sisihkan.
2. Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang tulban diameter 22 cm, olesi dengan margarin/minyak dan taburi dengan terigu tipis-tipis.
3. Kocok lepas telur dengan whisk hingga berbusa dan rata. Masukkan terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan sirup karamel sambil diaduk sampai rata dan licin. Saring bila perlu.
4. Masukkan susu kental manis, aduk rata. Masukkan margarin cair. Aduk rata.
5. Terakhir masukkan soda kue. Aduk rata. Segera tuang ke loyang dan panggang dalam oven hingga matang (kurang lebih 45 menit).
6. Keluarkan dari loyang, dinginkan dan potong-potong.

(Tuh, kelihatan bolong-bolongnya, tapi mana semutnya yaaa...?? Xixiixiiii...)

Notes:
- Adonan bolu sarang semut ini memang cair.
- Daun jeruk purut dan pandan sifatnya optional saja, agar bolunya mempunyai wangi yg khas :). Bila tidak suka silahkan diskip.

Tuesday, June 7, 2011

PUDDING BUSA FRUITY



Pudding busa dengan topping buah ini juga termasuk salah satu hantaran pernikahan yang dipesan untuk pernikahan Dewi dan Deden. Selain wedding cake yang sudah saya posting disini. Dan juga kue2 lainnya plus parcel buah yang gak sempat terfoto @__@

(Sebagian kue yang sempat terfoto)

Monday, June 6, 2011

CAKE POTONG PANDAN KEJU FOR ABI


Cake ini saya bikin hari Minggu kemarin, buat bekal Abi (suami) yang mau keluar kota. Minta dibuatin kue buat cemilan katanya. Bikin yg praktis dimakannya aja, bikin cake potong deh. Tinggal lep, hehee...

Biasanya klo bikin cake potong memang pakai resep dasar bolu hongkong yang empuk, lembut dan kepes-kepes (bahasane kok kepes-kepes, kekekekekkk...). Teksturnya hampir mirip chiffon cake.
Kali ini bikin yang pandan tabur keju. Kesukaan kami :)
Sebelum berangkat juga ini kue udah masuk perut Abi beberapa potong, hihihiiii... Enak banget katanya ^__^
Emang bener sih, cakenya lembut dan empuk banget, pake olesan buttercream special yg masih ada stok di kulkas trus ditabur keju parut yg banyak. Hmmmm....



Resepnya sudah sering saya posting dari jaman jebot :D. Udah dibikin macem, dari vanilla, keju, pandan, coklat, dll. Resepnya adaptasi dari tabloid Saji, tapi sudah saya modifikasi sesuai selera. Yang mau nyobain, ini saya tulis lagi deh ya resepnya...

Cake Potong Pandan Keju
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan A:
4 kuning telur
30 gram gula pasir
1 sdt emulsifier
1/4 sdt vanilla
1 sdm susu cair

Bahan B:
4 putih telur
1/4 sdt garam
1/2 sdt air jeruk nipis (pengganti cream of tar tar)
50 gram gula pasir

Bahan C:
60 gram terigu
15 gram maizena
1/4 sdt baking powder
---> Campur dan ayak

Bahan D:
1 sdt pasta pandan
60 gram butter/margarine, lelehkan

Topping:
Buttercream
Keju cheddar parut
Cherry merah untuk hiasan

Cara membuat:
1. Panaskan oven 190'C. Siapkan loyang persegi ukuran 24x24x4 cm. Olesi dasarnya dengan margarin, alasi dengan kertas roti, oles lagi dengan margarin. Sisihkan.
2. Bahan A: Kocok kuning telur, gula pasir dan emulsifier hingga kental dan putih. Masukkan vanilla dan susu cair, kocok rata. Sisihkan.
3. Bahan B: Kocok putih telur, garam dan air jeruk nipis sampai berbusa dan setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga putih telur mengembang soft peak.
4. Masukkan bahan A (kuning telur) sedikit demi sedikit ke bahan B (putih telur) sambil dikocok perlahan hingga tercampur rata.
5. Masukkan bahan C (campuran terigu) aduk rata dengan spatula atau mixer kecepatan rendah.
6. Masukkan bahan D (pasta pandan dan butter/margarin leleh), aduk balik dengan spatula hinga rata dan homogen.
7. Tuang ke loyang dan panggang hingga matang 15-20 menit. Angkat dan dinginkan. Oles dengan buttercream dan taburi keju cheddar parut. Potong-potong. Hias dengan cherry merah.

Pas malamnya Abi sms:
"Terima kasih kuenya sayang. Ni lagi dicemilin di depan laptop. Kuenya enaakkk bangettt. Luv u!"

Alhamdulillah... Abi and Nadhifa are my best customers ever! ;)

WEDDING CAKE FOR DEWI & DEDEN


Ini salah satu cake yang dipesan untuk hantaran pernikahan Dewi dan Deden yang diselenggarakan hari Rabu kemarin.
Ngerjain ini hari Selasa sore kemarin, sambil tepar karena lagi kurang sehat.
Selain cake ini ada juga pudding busa fruity, fruit pie ukuran besar, cake pandan, parcel buah dan cake potong untuk sajian tamu. Dikerjakan dalam keadaan kurang sehat @__@
Alhamdulillah maghrib sudah selesai mengerjakan semuanya. Diambil jam 8 malam.

Cake ini benar-benar merubah rencana yang sudah aku buat sebelumnya. Tadinya kelilingnya mau pake pagar sabuk coklat tanpa sambungan, trus mau bikin mawarnya dari fondant (padahal fondant-nya sudah disiapin dan diwarnain yg biru). Apa daya waktunya sudah mepet karena sudah sore banget. *mengerjakan sambil sesekali istirahat tiduran karena kepala berat banget T__T
Akhirnya langsung cari stok bunga2 gum paste yg aku punya. Jadilah seperti ini. Mau bikin motif corneli di sekeliling sisi cake-nya aja udah gak sanggup @__@
Semoga berkenan dengan cake sederhana ini ya :)



Alhamdulillah dapat sms dari Dewi katanya kuenya enak dan laris manis, yang taart ini aja dia cuma kebagian sedikit ^__^

Base cake-nya pakai 3 layers songecake vanilla lembut ala Pak Yongki yg disiram simple syrup lalu diberi filling buttercream special yang lembut lalu diberi parutan keju cheddar. Dicover kembali dg buttercream special dan diberi border dg gradasi putih biru. Dihias dengan bunga gumpaste dan silver balls.

Selamat untuk pernikahannya ya... Semoga barokah menjadi keluarga sakina mawaddah wa rahmah dan langgeng hingga akhir hayat. Amiiin...
Mohon maaf gak bisa menghadiri pernikahannya karena sedang sakit. Doaku untuk kalian berdua ^__^