Tuesday, August 23, 2011

FOOTBALL CUPCAKES SET FOR RIKY


Birthday cupcakes ini dipesan oleh nenk Lidya untuk someone special-nya, Riky, yang berulang tahun ke-24 hari Sabtu kemarin.
Pesannya cupcakes set 9 pcs dengan tema bola (football) yang ada logo Persib dan Juventus. Basecakenya minta cake coklat.

Baru baking cupcakenya jam 11 malam karena ada acara diluar rumah. Sembari nunggu cakenya dingin trus mencari ide. Awalnya sempat bingung juga, soalnya saya bukan pemerhati persepakbolaan, hehee... Ya sudah akhirnya diputuskan untuk membuat pernak pernik bola seperti bola itu sendiri, kaos bola, sepatu bola, rumput, dll.
Jadilah seperti ini hasilnya ;)

Basecake-nya menggunakan resep devil's chocolate cake. Bagian atasnya dicover buttercream special. Sebagian diberi dekorasi buttercream bentuk rumput hijau, sebagian lagi ditutup dengan rolled fondant bermotif. Kemudian diberi hiasan pernak pernik bola, logo Persib dan Juventus, serta tulisan ucapan.
Kuenya diambil pagi dan saya baru pertama kali bertemu dengan nenk Lidya kemarin :)


Malamnya nenk Lidya sms:
"Maaf Mba saya lupa ngabarin soalnya kesenengan... Sudah keterima Mba kuenya... Alhamdulillah seneng dan puas banget. Kuenya bagus dan rasanya juga enak Mba... Baik2 aja kuenya cuma Lidya bingung mau nyimpen lilin angkanya dimana soalnya sayang gambarnya, hehehe... Klo ada temen2 Lidya yg mau pesen nanti saya hubungi Mba yah..."

Alhamdulillah klo berkenan dengan kuenya. Ikut senang dengernya. Terima kasih atas pesanannya ya nenk ^__^

PINK & PURPLE BDCK FOR ZALFA


Birthday cake ini dipesan oleh Bu Agus untuk ultah putri keduanya Zalfa yang berulang tahun ke-4 hari Selasa kemarin.
Pesannya basecake-nya black forest tapi minta didekor nuansa pink dan ungu, karena Zalfa suka dengan kedua warna tersebut.

Dekor sepenuh diserahkan ke aku, yang penting didekor yang cantik ya bun... Begitu kata Bu Agus.
Sebenernya suka bingung klo mau dekor kue gak pake tema, tapi yah ide itu muncul begitu saja saat mau mulai mendekor kuenya. Jadinya ya seperti ini deh... :)
Btw, itu nyepuit border atasnya pakai plastik gula, karena stok piping bag di rumah habis trus udah jelajah ke 5 toko disini stoknya kosong semua *__*
Alhamdulillah tak ada piping bag, plastik gula pun jadi, heheee...

Basecake black forest dengan filling chocolate ganache dan potongan dark cherry. Dicover dengan buttercream special. Diberi pagar coklat warna pink dan ungu dan diberi hiasan bunga dan kupu-kupu dari rolled fondant.


Alhamdulillah yang pesannya suka. Ini sms dari beliau:
"Alhamdulillah seperti biasa selain tampilannya cantik (sampe sayang mau motongnya) rasanya seperti kue2 yg telah saya pesan terdahulu. Kuenya hmmmm enak banget, sengaja saya simpan 1/2-nya untuk saudara2 yg akan datang ke rumah sore ini untuk buka puasa bersama. Makasih bun..."

Terima kasih orderannya ya Bu... Semoga Zalfa tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas dan sholeha. Happy birthday ya sayang.... ^__^

CLASSIC BLACK FOREST FOR SILVANA



Pesanan bu guru cantik Silvana untuk diberikan kepada kedua orang tuanya yang genap 32 tahun ulang tahun pernikahan.
Pesannya black forest cake. Didekor ala black forest klasik. Tapi bagian dalamnya diberi filling chocolate ganache, blueberry jam dan potongan dark cherry khas black forest.

Alhamdulillah katanya orang tuanya suka dengan kuenya, katanya nanti insyaAllah mau repeat order ^__^

Terima kasih pesanannya ya bu... Semoga Mama dan Bapak senantiasa dalam lindungan Allah SWT, diberikan kesehatan dan langgeng terus dan barokah. Aamiin... :)

ES GOYOBOD


Ini hidangan pembuka saat ifthor yang saya buat beberapa hari yang lalu.
Es goyobod, namanya 'sunpis' alias sunda pisan, hehee...
Buat yang orang Sunda, terutama yang tinggal di daerah Bandung, Garut dan sekitarnya tentu tidak asing lagi dengan minuman segar yang satu ini.

Goyobod sendiri adalah sebutan untuk pudding hunkwe atau pudding aci/sagu yang digunakan sebagai bahan utama dari es ini.
Klo resep kuno katanya menggunakan pudding dari tepung aci/sagu/kanji, tapi sekarang lebih banyak dibuat dari hunkwe.

Variasi es goyobod ini macam-macam. Ada yang menggunakan air gula putih, air gula aren, atau sirup merah. Isian pelengkapnya pun macam-macam, ada yang hanya dipadukan dengan kelapa muda saja, ada yang diberi alpukat, pacar cina, nangka, roti tawar, dll.
Tapi yang sama ya tentu memakai goyobodnya itu sendiri, yaitu pudding hunkwe atau pudding aci yang dipotong-potong kotak.

Yang saya buat versi sederhananya saja, hanya memakai kelapa muda. Air gula saya ganti dengan sirup merah cocopandan.

Es Goyobod
by Ricke Bunda Nadhifa

Bahan goyobod:
100 gram tepung hunkwe
600 ml santan encer
3 sdm gula pasir (biar gak hambar aja rasanya)
1 sdt pasta pandan
1/2 sdt garam

Bahan kuah:
200 ml santan sedang
1 lembar daun pandan, sobek-sobek
1/4 sdt garam

Pelengkap:
Kelapa muda, keruk memanjang dagingnya
Es batu, hancurkan
Sirup merah cocopandan
Susu kental manis

Cara membuat:
1. Goyobod: Larutkan tepung hunkwe dengan 200 ml santan. Sisihkan. Panaskan sisa santan yg 400 ml bersama gula pasir, pasta pandan dan garam sambil diaduk-adk hingga mendidih pertama kali. Kecilkan api, masukkan larutan hunkwe, aduk-aduk dengan cepat hingga mengental dan meletup-letup Jaga jangan sampai bergerindil. Matikan api. Masukkan ke dalam loyang/wadah. Bekukan. Potong-potong kotak.
2. Kuah: Masak santan, daun pandan dan garam hingga mendidih. Dinginkan.
3. Penyajian: Tata dalam gelas saji pudding hunkwe (goyobod) dan kelapa muda. Beri es batu secukupnya. Beri santan, sirup merah cocopandan dan susu kental manis sesuai selera. Sajikan.

Mohon maaf fotonya buram, soalnya ini motretnya sudah menjelang magrib jadi udah gak ada cahaya mataharinya.

Selamat mencoba :)

Saturday, August 13, 2011

PUKIS PANDAN KEJU


Sore ini saya memutuskan untuk membuat pukis pandan untuk berbuka puasa. Sepertinya nikmat sekali membayangkan empuk dan aroma pandannya yang aduhai, hehee... Namanya orang lagi berpuasa, makanan apa aja juga past terbayang luar biasa enaknya :D
Tapi memang lagi pengen aja bikin pukis, mengingat tuan putri kecilku yang baru agak mendingan dari sakitnya setelah kemarin demam tinggi, sudah mau mulai ngemil lagi. Dan Nadhifa suka sekali dengan pukis buatan Bundanya :)
Resepnya sudah pernah aku posting disini.

(Pohon pandan yang tumbuh subur di halaman rumah ^__^)

Pohon pandan di halaman rumah juga tumbuh dengan suburnya, sudah lumayan tinggi dan lebat. Akhirnya saya pakai beberapa helai daun pandan yang saya ambil juice-nya untuk dicampurkan ke adonan, pasta pandan hanya pakai sedikit saja untuk warna hijaunya, karena di rumah gak punya daun suji untuk pewarna hijau. Hasilnya pukisku wangiiiii pandan asli ^__^


Jadilah sore ini, pukis pandan keju menjadi takjil berbuka puasa, ditemani dengan secangkir jasmine tea hangat... Hmmmm... What a perfect ifthor today, alhamdulillah... :)

KLAPPERTAART FOR LIA AND RIDWAN

Pesanan klappertaart hari Selasa kemarin yang sempat difoto. Sebenernya bikin klappertaart sebanyak 120 cups, cuma karena yang lainnya diambil langsung ke rumah secara bertahap sedangkan aku masih baking klappertaart yang lainnya akhirnya gak sempat foto-foto dehhh... Ya sudah ambil-ambil sajah yang penting bayar, qiqiqiiqiii... :p
Kedua pesanan klappy ini aja saya foto asal jepret aja, karena buru-buru dan sudah sore. Yang penting ada dokumenasinya deh.

(Cheese klappertaart for Lia)

(Original klappertaart for Ridwan)

Yang ini batch terakhir yang aku panggang, karena diambilnya terakhir juga sore-sore. Cheese klappertaart untuk Lia (repeat order sebelumnya pernah pesan yang original) dan original klappertaart untuk Ridwan.
Dengan Pak Ridwan (aduh, manggilnya apa ya, soalnya ternyata setelah ketemu masih muda orangnya, hehee...) baru pertama ketemu dan baru pertama order juga di Ordinary Kitchen. Alhamdulillah yang pesan suka dan tadinya mau repeat order tapi Nadhifa keburu sakit jadinya aku off dulu bikin-bikin pesanan. Biar bagaimanapun anak tetap aku dahulukan, apalagi sedang sakit.
Mohon maaf ya Pak Ridwan, insyaAllah lain waktu bisa order kembali.

Terima kasih ya untuk Lia, Ridwan dan customerku yang lainnya sudah memesan klappertaart di Ordinary Kitchen. InsyaAllah sebagian keuntungan akan disumbangkan untuk event LBT RAMADHAN CHARITY dan disalurkan kepada yang berhak.
Yang mau ikutan makan klappertaart yummy sambil beramal yuuukkkk ikutan pesan juga ^__^

HOMEMADE PIZZA FOR IFTHOR


Hari Minggu kemarin saya membuat pizza di rumah. Alhamdulillah bahan-bahannya cukup lengkap, kecuali daging giling sedang gak ada. Ya sudah saya pakai toppingnya smoked beef, sosis sapi, jamur kancing (champignon), paprika merah dan hijau dan gak lupa si melted cheese alias mozarella. Mozarella-nya pas-pasan banget jadi pas dipake pas habis deh, qiqiqiiii...
Udah gitu mentang-mentang lagi puasa, ngasih toppingnya membabi buta, buanyakkk banget, puassss dehhhh makannya :D
Resepnya sudah pernah aku posting disini.


1 resep dapat 2 loyang medium ukuran sekitar 26 cm. Tadinya mau bagi-bagi ke tetangga, secara di rumah kan cuma bertiga aja. Eh gak taunya jam 4 sore dapat telepon dari Mama katanya kami diminta berbuka puasa di rumah Mama. Wah, padahal udah lumayan sore. Langsung deh pizza-nya dipanggang trus aku tinggal siap-siap, untung gak overbake apalagi gosong, hihihiiii...
Panas-panas itu pizza langsung aku packing ke dalam dus.
Sampai di rumah Mama alhamdulillah pas bedug maghrib. Karena pasukan bodrex alias adik-adikku banyak jadilah 2 loyang pizza ini ludes disantap buat berbuka puasa. Alhamdulillah ^__^

Tuesday, August 9, 2011

FRUITY KLAPPERTAART FOR NANA


Ini juga pesanannya Nana, bareng dengan tiramisu. Tadinya pesan di loyang medium, tapi ternyata stok loyang mediumku habis, jadi dengan sepersetujuannya, aku bikin jadi 2 buah loyang ukuran small.

Pesannya fruity klappertaart. Alhamdulillah yang pesannya suka, "Trims bun, klappertaartnya enak." Ternyata dalam perjalanan pulang ke rumah klappertaartnya sudah dimakan berhubung lagi gak puasa katanya, hihihiiiii....

Makasih orderannya ya bu... ^__^

TIRAMISU FOR NANA


Tiramisu ini dipesan oleh Nana, buat dimakan sendiri dan kasih ke ibu mertua. Selain pesan tiramisu ini, Nana juga pesan fruity klappertaart.

Alhamdulillah yang pesan bilang enak. Kopinya kerasa katanya dan krimnya lembut.


Dekor minimalis seperti biasa :)
Bagian atas krimnya dibentuk swirl rosette sebelum didusting coklat bubuk.

Terima kasih atas orderannya ya Bu... Sukses selalu untukmu. Sun sayang untuk si kecil Pasha ^__^

DECORATED JAPANESE CHEESE CAKE FOR IVIEN'S HUSBAND


Pesanan Mba Ivien di Bank BJB untuk ulang tahun suami tercinta hari Jum'at kemarin.
Pesannya japanese cheesecake dengan topping mixed fruits dan juga diberi blueberry jam yang ada potongan buah blueberry-nya, bukan blueberry paletta. Seger banget.

Besoknya Mba Ivien sms:
"...Kuenya enak Mbaa, makasih yaa... Gak sabar pengen dimakan lagi, suamiku sukaa, hehee... Makasih buat doanya..."

(Sebelum diberi papan ucapan)

Alhamdulillah. Terimakasih juga sudah order ke Ordinary Kitchen ya Mba ^__^
Happy B'day untuk suaminya. Semoga barokah selalu usianya. Amiiinnn....
Semoga next time qta bisa ketemu ya Mba, soalnya kemarin yang terima kuenya ibundanya Mba Ivien jadi Mba Iviennya cuma baru dengar suaranya di telepon saja, heheee... :)

Friday, August 5, 2011

MOLTEN CHOCOLATE CAKE


Hidangan manis untuk buka puasaku hari ini ^__^

Berbukalah dengan yang manis...

~ Molten Chocolate Cake ~

Banyak versi mengenai si cake coklat yang lembut dan ada melted chocolate di dalamnya ini. Variasi resepnya pun macam-macam, ada yang flourless alias gak pake terigu, ada yang pakai adonan meringue (putih telur kocok), ada yang diberi filling chocolate ganache di dalamnya atau couverture chocolate, ada juga yg tidak.

Ini resep yang biasa saya pakai, tidak menggunakan filling apa-apa, tapi cakenya hanya dipanggang sebentar saja, sekitar 8 menit. Cukup hingga cake bagian luarnya sudah set, tetapi bagian tengahnya masih cair dan lembek.
Disajikan hangat, bisa ditemani dengan vanilla ice cream atau whipped cream sesuai selera.

Cakenya lembut sekali, membuatnya pun tidak sulit, hanya perlu memperhatikan waktu pemanggangan yg singkat saja, jika terlewat salah2 tidak jadi molten chocolate cake lagi namanya, tapi hanya chocolate cupcake, hehee... ;)

MOLTEN CHOCOLATE CAKE
by Ricke Indriani

Bahan:
225 gram dark chocolate (lebih bagus pakai jenis couverture chocolate, jika tidak ada cukup menggunakan jenis compound chocolate saja), cincang dan lelehkan. Biarkan agak dingin.
80 gram unsalted butter, suhu ruang
65 gram gula kastor (gula pasir halus)
3 butir telur ukuran large
1 sdt vanilla
45 gram terigu all purpose
1/4 sdt garam

Taburan:
Icing sugar (gula halus) bila suka

Cara membuat:
1. Panaskan oven 200'C. Siapkan cetakan cup atau muffin pan, olesi dengan mentega, taburi gula kastor secukupnya. Sisihkan.
2. Kocok butter dan gula kastor hingga lembut dan pucat. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok rata. Masukkan vanilla, kocok rata.
3. Masukkan terigu dan garam yang telah diayak, kocok asal rata sebentar saja.
4. Masukkan dark chocolate leleh. Kocok rata.
5. Tuang ke dalam cup atau muffin pan, adonan jadi sekitar 8 cup.
6. Panggang selama sekitar 8 menit. Sampai bagian pinggirannya set tetapi bagian tengah masih cair dan lembek.
7. Keluarkan dari oven. Biarkan 5 menit dalam cetakan/loyang. Keluarkan dan taruh di piring saji, bagian bawah ada di atas (upside down).
8. Taburi sedikit gula halus bila suka. Sajikan hangat-hangat. Bisa dilengkapi dengan vanilla ice cream atau whipped cream sesuai selera.

Selamat mencoba ^__^

* Sebenernya ada beberapa foto lainnya, semisal adonan sebelum masuk oven, dsb, tapi blum sempat saya edit dan resize, so untuk sementara seperti ini dulu ya :)

FRUITY KLAPPERTAART FOR FENTY




Lupa klo foto klappertaart pesanan jeunk Fenty ini blum diposting euy. Pesannya sudah dari sebelum Ramadhan, sudah lupa pula kapan ini tepatnya pesannya, hihihhh....

Jeunk Fenty pesannya fruity klappertaart dan capuchino klappertaart, masing-masing loyang medium.
Terimakasih atas pesanannya ya. Alhamdulillah yang pesan suka ^__^

Thursday, August 4, 2011

GREEN TEA MELTING MOMENTS


Kemarin di group ada yang bertanya resep kue Putri Salju yang tanpa kacang-kacangan yang dihaluskan. Lalu saya teringat dengan resep Melting Moments, sejenis shortbread cookies yang lumer di mulut. Ini dikarenakan penggunaan maizena (corn starch) untuk mensubtitusi sebagian terigu. Mungkin karena teksturnya yang lumer di mulut jadi kue ini dinamakan Melting Moments.
Jika diberi dusting gula halus, maka tampilannya mirip sekali dengan putri salju ala Indonesia ^__^
Akan tetapi banyak versi mengenai bentuk melting moments ini, ada yang dibentuk dengan spuit, ada yang dibentuk bulat gepeng, ada yang bulat seperti di foto. Begitu pula penyajiannya, ada yang menggunakan dusting gula halus, ada juga yang tidak.

Resepya saya adaptasi dari Joy of Baking, originalnya vanilla saja, Ramadhan tahun yang lalu saya sudah pernah membuatnya untuk Mama saya tapi tidak sempat difoto.
Karena saya suka sekali dengan kue-kue dengan aroma matcha (japanese green tea), jadilah kali ini saya modifikasi resepnya menjadi Green Tea Melting Moments ^__^
Bahan-bahannya simple sekali. Eggless alias tanpa telur. Gunakan butter berkualitas baik agar didapat flavor yang enak.
Saya juga mengganti sebagian butter dengan margarin, menambahkan susu bubuk dan juga matcha powder tentunya.
Kalau di resep aslinya menggunakan butter pada suhu ruang, saya lebih memilih butter dalam keadaan dingin (beku dari kulkas).
Menurut saya rasa cookiesnya pas, tidak terlalu manis cenderung gurih. Rasa manisnya didapat dari dusting gula halusnya.

Resep asli beserta video cara pembuatannya bisa dilihat disini.


GREEN TEA MELTING MOMENTS
by Ricke 'Bunda Nadhifa (source: Joy of Baking)

Bahan:
200 gram terigu protein sedang/all purpose
60 gram maizena
2 sdm susu bubuk (optional)
1/4 sdt garam
125 gram unsalted butter
100 gram margarin
30 gram gula halus (klo mau lebih manis sedikit bisa menggunakan 50 gram)
1 sdt vanilla (saya pakai 1/2 sdt bubuk vanilla susu L'Arome)
2 sdt matcha powder (green tea bubuk), larutkan dg sedikit air panas, dinginkan

Dusting/coating:
Gula halus dan gula donat secukupnya
Matcha powder (optional)

Cara membuat:
1. Campur dan ayak terigu, maizena, susu bubuk dan garam. Sisihkan.
2. Kocok butter dan margarin sampai lembut. Tidak perlu hingga mengembang dan fluffy. Masukkan gula halus, kocok kembali hingga rata. Masukkan vanilla dan larutan green tea, kocok rata. Matikan mixer.
3. Masukkan campuran terigu. Aduk rata dengan sendok kayu atau spatula.
4. Bungkus wadah dengan plastik wrap. Masukkan adonan ke dalam kulkas. Diamkan sekitar 1 jam agar adonan lebih set dan mudah dibentuk (adonan awal memang lembek).
5. Siapkan loyang kuker, alasi dengan kertas roti. Panaskan oven 160'C.
6. Keluarkan dari kulkas, bentuk adonan bulat-bulat berbentuk bola dengan diameter sekitar 2,5 cm. Tata dalam loyang, beri jarak secukupnya.
7. Panggang dalam oven sekitar 20-25 menit, cukup hingga bagian pinggirannya mulai terlihat agak kecoklatan.
8. Keluarkan dari oven, biarkan dalam loyang sekitar 5 menit. Angkat, beri dusting gula halus dan gula donat. Biarkan hingga benar-benar dingin. Beri sedikit dusting matcha powder.

Note: Jika adonan agak lengket di tangan saat dibentuk. Baluri telapak tangan dengan sedikit terigu agar lebih mudah membentuknya.

Selamat mencoba, siapa tau bisa jadi salah satu sajian Lebaran Anda ^__^

PINKY BIRTHDAY CAKE FOR ADELIA


Birthday cake ini salah satu BDCK yg aku kerjakan hari ini. *bikin 3 BDCK hari ini :)
Pesanan Mba Rosy, untuk ultah putri keduanya tercinta, Adelia yang ke-5 tahun.
Basecakenya chocolate layer cake, dengan filling chocolate ganache.
Mintanya nuansa pink. Karena BDCK ini yang terakhir aku buat, aku lupa gak ngecek ternyata coklat warna pink-nya habis dan white coklatnya juga tinggal seuprit karena sudah banyak dipakai kemarin-kemarin, ihikkzzz...
Ya sudah, mau gak mau ngabur dulu deh beli coklat pink-nya @__@


Hasilnya jadi seperti ini deh. Moga berkenan dengan kuenya ya Mba :)
Terima kasih atas orderannya. Semoga Adelia tumbuh menjadi anak yang sholehah, cerdas dan sehat. Amiiinnn....

Oya, ini komen dari Mba Rosy:
"Mbak Ricke..the birthday cake soo beautiful...we love it..sampek gak tega mo dipotong...tp rasanya pun ternyata ok juga..makasih banyak udh nyempetin bikinin BDCK ini meski lagi sibuk..:D"

TIRAMISU KUKUS



Hasil 'keisengan' saya hari Minggu kemarin ;)
Dustingnya jelek banget :( Karena coklat bubuk biasa pas lagi habis trus nekat didusting pake coklat bubuk noir, jadinya gak cantik. Makanya dikasih dusting-nya sedikit aja, asal ada, hihihhh...

Masih punya sedikit sisa DCC yg kemarin sudah sempat dicairkan buat bikin pesanan, ya sudah dicairkan lagi trus buat pagar dan coklat spiral yang 'muringkel' di atas itu, hehee...
Trus buttercreamnya juga sisa kemarin, pas-pasan banget. *serba bahan sisa, heuheuheuuu....
Dicampur sedikit cream cheese jadi gurih krim-nya :)
Terinspirasi dari resep my brother Kang Yadi Hf, tapi sudah saya modifikasi sana sini sesuai selera, jadi resepnya jadi jauh berbeda, hihihhhh... *hapunten deui saya tukang ngacak-ngacak resep :p



TIRAMISU KUKUS
by Ricke Indriani

Bahan:
6 telur utuh
3 kuning telur
200 gram gula pasir
1 sdt cake emulsifier
1/4 sdt garam

150 gram terigu protein sedang/all purpose
25 gram maizena
1/4 sdt baking powder
1 sdt vanilla
1/2 sdt essence tiramisu (saya pakai L'Arome)

75 gram butter/margarin, suhu ruang
75 gram cream cheese, suhu ruang
50 ml susu cair

1 sdm susu kental manis

1 sdt munjung kopi instant (misal: nescafe), larutkan dengan sedikit air panas, dinginkan

Coklat meisyes (rice chocolate) untuk filling

Cara membuat:
1. Panaskan kukusan dengan api sedang. Siapkan loyang kotak ukuran 22x22 cm atau bulat diameter 22 cm. Olesi dengan mentega, alasi bawahnya dengan kertas roti, oles lagi dengan mentega. Sisihkan.
2. Ayak terigu, maizena dan baking powder. Sisihkan.
3. Campur butter, cream cheese dan susu cair. Panaskan di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga meleleh, menyatu dan halus. Angkat dan dinginkan.
4. Kocok telur, gula pasir, emulisfier dan garam hingga mengembang, kental dan berjejak.
5. Masukkan campuran terigu bertahap sambil dikocok dengan mixer kecepatan rendah. Masukkan vanilla dan essence tiramisu. Aduk rata.
6. Masukkan campuran cream cheese. Aduk balik sampaibenar-benar merata. Terakhir masukkan susu kental manis. Aduk rata.
7. Bagi 2 adonan sama rata. Satu bagian ditambahkan larutan kopi. Aduk rata.
8. Tuang adonan yang ditambahkan kopi ke dalam loyang. Kukus 15 menit. Taburi coklat meisyes secukupnya. Tuang adonan putih di atasnya. Kukus kembali 20-25 menit hingga matang.
9. Angkat dan keluarkan dari loyang. Dinginkan. Siap disajikan.

Ini karena iseng jadi dipakein buttercream yang saya campur dengan creamcheese. Gak pake takaran, asal campur aja, hihihhh... Kebetulan ada sisa buttercream di rumah.
Aslinya sih disajikan begitu saja. Ini seperti brownies kukus rasa tiramisu, orang Indonesia aja kreatif banget jadi dinamain 'tiramisu kukus', heheheee....

Resep tiramisu kukus ala Kang Yadi Hf bisa dilihat disini (punten izin share link blognya ya Kang).

Selamat mencoba dan semoga cocok :)

BIRTHDAY CAKE FOR PT. KRAKATAU WAJATAMA


Cake ini dipesan oleh PT. Krakatau Wajatama (anak perusahaan Krakatau Steel) yang dipesan melalui Ala dan Dimas untuk perayaan HUT perusahaan yang ke-19.

Basecakenya berukuran 40x40 cm, setelah dipoles dan didekor jadi sekitar 45x45 cm.
Basecakenya black forest dengan 3 layer chocolate spongecake yang disiram simple syrup, diberi filling blueberry paletta, buttercream special dan potongan dark cherry. No Rhum pastinya ^__^
Diberi edible image bergambar logo perusahaan. Mintanya nuansa hitam, putih dan abu-abu.


Cake ini diambil jam 6 pagi. Lumayan berat, sampe harus digotong 2 orang bawanya, hihiii...

Dirgahayu ke-19 for PT. Krakatau Wajatama.
Semoga semakin sukses dan maju ke depannya. Amiiinnnn...

Terima kasih telah mempercayakan ke Ordinary Kitchen ^__^

RED VELVET CAKE


Banyak yang penasaran sama penampakan bagian dalam RVC yang saya buat. Seperti inilah penampakannya, sesuai namanya 'red velvet', jadi merahnya lembut gak ngejreng, maroon gitu deh. Cakenya juga lembut banget karena penggunaan buttermilk, velvety! :)
Pasangan serasinya si 'cream cheese frosting', jadi manis gurih rasanya.
Yang ada di foto ini pada layernya saya beri potongan buah. Aslinya sih enggak :)

Resep ini saya adaptasi dari kakak saya yang baik hati dan tidak sombong, Kang Yadi Hf, heheee... Tapi sudah saya modifikasi sesuai dengan kebutuhan dan selera. Saya membuat buttermilk homemade menggunakan susu cair yang dicampur cuka makan atau air jeruk nipis.

Penampakan RVC by Yadi Hf bisa dilihat disini.
Dibuat 4 layers jadi setiap layernya lebih tipis dan sexy, hihihiiii....

RED VELVET CAKE
by Yadi Hf & Ricke Indriani

Cake
Bahan:
125 gram unsalted butter, suhu ruang
250 gram gula kastor (gula pasir halus) ~ Yadi Hf: Icing sugar

2 butir telur ukuran besar
1 sdt vanilla

250 ml buttermilk* ~ Yadi Hf: 240 ml
2 sdt red food coloring**
---> Campurkan dan aduk rata

250 gram terigu protein rendah
15 gram coklat bubuk (gunakan coklat bubuk yang warnanya coklat kemerahan, jangan yang pekat/hitam)
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder ~ Yadi Hf: Gak pake

1 sdt cuka makan
1 sdt soda kue
---> Dicampurkan sesaat sebelum dimasukkan ke dalam adonan!

Cara membuat:
1.Panaskan oven 180'C (atau sesuai oven masing-masing). Siapkan sebuah loyang bulat diameter 18-20 cm (Yadi Hf: 22 cm). Atau gunakan 3 buah loyang agar tidak perlu membelah cake menjadi 3 bagian. Olesi dengan mentega dan alasi bawahnya dengan kertas roti. Olesi kembali dengan mentega. Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, garam dan baking powder. Sisihkan.
3. Kocok butter sampai lembut. Masukkan gula kastor. Kocok kembali hingga mengembang (light and fluffy). Masukkan telur satu persatu, sambil dikocok rata. Masukkan vanilla, kocok rata.
4. Dengan mixer kecepatan rendah, masukkan campuran terigu bergantian dengan ampuran buttermilk sambil dikocok rata. Diawali dan diakhiri dengan campuran terigu. (Terigu dalam 3 bagian, buttermilk dalam 2 bagian). Matikan mixer.
5. Campurkan soda kue dan cuka makan (akan berdesis dan berbusa). Segera masukkan campuran ini ke dalam adonan. Aduk rata dengan spatula. Tuang ke dalam loyang. Segera masukkan ke dalam oven.
6. Panggang sampai matang sekitar 30 menit, atau hingga matang dan permukaannya membal bila disentuh (springy to the touch). Dinginkan.

Cream cheese frosting by Ricke***
Frosting yang saya buat rasa kejunya light karena memakai perbandingan 1:2 antara cream cheese dan whip cream-nya.
Bila ingin membuat lebih 'ngeju' bisa membuat dengan perbandingan 1:1.

250 gram cream cheese, suhu ruang
100 gram unsalted butter
200 gram whip cream bubuk + 400 ml air es ~ sudah manis jadi tidak saya tambahkan gula halus lagi (atau 500 ml whip cream cair dalam keadaan sangat dingin)

Cara membuat:
1. Kocok cream cheese dan butter hingga lembut. Sisihkan.
2. Campurkan whip cream bubuk dan air es. Kocok hingga mengembang dan kaku.
3. Masukkan campuran cream cheese dan butter tadi. Kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. Simpan dalam lemari es hingga saat akan digunakan.

Penyelesaian:
1. Belah cake menjadi 3 bagian yang sama (Yadi Hf: 4 bagian). Ambil selembar cake, beri filling cream cheese frosting. Tumpuk kembali dengan selembar cake. Lakukan sampai selesai.
2. Poles keseluruhan cake dengan cream cheese frosting. Hias sesuai selera.

*Buttermilk homemade:
250 ml fresh milk atau UHT milk, hangatkan di atas api terlebih dahulu sebentar saja (terutama jika susu cairnya sudah disimpan di kulkas).
Tambahkan 1 sdt cuka makan atau 1 sdm air jeruk nipis/lemon.
Aduk rata. Diamkan sekitar 10 menit. Susu akan 'pecah' menggumpal dan mengental seperti yogurt.
Siap digunakan.

**Bila mau pewarna alami, bisa menggunakan 1 buah beet, potong kecil-keci kemudian diblender dengan 100 ml air. Saring. Masak di atas api hingga menyusut setengahnya sekitar 50-60 ml. Dinginkan. Untuk lebih mempertegas warna merahnya, bisa ditambahkan sedikit saja red food coloring.

***Cream cheese frosting bisa dibuat sesuai selera. Ada juga yang hanya menggunakan cream cheese, unsalted butter dan gula halus tanpa whip cream. Atau dikombinasikan dengan mascarpone cheese (seperti resepnya Kang Yadi Hf).
Semua tergantung selera saja. Bila tidak suka cream cheese frosting, silahkan menggunakan frosting yang lain semisal butter cream atau whipped cream.

Selamat mencoba ^__^

BRONKETEM FOR MBA ELIN


Bronketem (Brownies Kukus Ketan Item)

Pesanan Mba Elin kemarin. Alhamdulillah Mba Elin suka dengan bronketemnya.

"Mba Ricke. Browniesnya enak, empuk dan manisnya pas!"

Alhamdulillah... Bronketem gitu lhooo... ^__*

Trima kasih orderannya ya Mba Elin :)