Monday, October 31, 2011

PINKY BIRTHDAY CAKE FOR TASA



Birthday cake ini dipesan oleh nenk Tasa yang cantik dalam rangka ulang tahunnya yang ke-12, masih belia sekali ^__^

Request-nya cake ukuran 25x25 cm bernuansa pink dengan edible foto yang ada gambar hello kitty-nya.
... Base cake-nya 3 layers dark chocolate sponge cake yang dibasahi dengan simple syrup dan dioles strawberry jam kemudian diberi filling chocolate buttercream dan dark chocolate serut.
Dicover dengan buttercream bernuansa white and pink dan diberi detail hiasan dari fondant.

Anyway, ini mendekornya tanpa menggunakan spuit sama sekali, jadi polos saja, tinggal gunting ujung kantong segitiga sesuai besar kecil yang diperlukan dan siap digunakan. Cantik kan hasilnya? ^__*

Alhamdulillah nenk Tasa-nya suka sekali dengan cake-nya. Komentar nenk Tasa begitu melihat cakenya: "Keren yah cakenya... Suka banget Kak. Makasih ya Kak."

Terima kasih orderannya ya nenk. Happy birthday, semoga selalu diberikan kebarokahan usia, tambah cantik, pintar dan sholehah. Aamiin...

Saturday, October 29, 2011

SOES VLA KEJU (CHEESE PASTRY CREAM CHOUX PASTRY)


Beberapa hari yang lalu, Nadhifa gak biasanya merengek minta dibuatkan 'kue encus' (sebutan Nadhifa untuk kue soes). Sedari subuh ribut aja "Bunda mau kue encus Dipah.". Tadinya saya sedang malas mengotori alat-alat baking yang baru saja saya cuci bekas mengerjakan pesanan malamnya.
Tapi siangnya akhirnya saya luluh juga, mengumpulkan semangat untuk bikin kue soes kesukaan Nadhifa. Apa sih yang gak klo buat anak? Yang pasti sesuatu yang baik selagi bisa dilakukan insyaAllah saya lakukan :)

Saya putuskan untuk membuat isian yang agak gurih, yaitu vla keju (cheese pastry cream). Karena saya sendiri sebenarnya kurang suka dengan vla, pokoknya makanan yang lembek-lembek seperti vla saya kurang suka apalagi ditambah lembek dan manis. Makanya dulu klo saya beli kue soes di toko kue, pasti vlanya hanya saya makan sedikit saja, sisanya dibuang :D
Saya malah lebih suka makan kulit soesnya tanpa isian, hihiihiiii....
Tapi sejak saya mengenal dunia baking dan bahan kue beberapa tahun yang lalu, ternyata vla kue soes itu hampir sebagian besar menggunakan Rhum sebagai pencita rasa khas. Baru-baru ini juga saya dikasih snack box yang salah satu isinya kue soes, saat baru saya makan 1 gigitan, waahhhh aroma dan rasa Rhum-nya kuat sekali. Akhirnya saya tidak melanjutkan makan kuenya.
Honestly, sebagai seorang Muslim saya memilih untuk tidak mengkonsumsi ataupun menggunakan Rhum dalam kue-kue buatan saya dalam bentuk apapun (Rhum asli, Rhum tanpa alkohol, Rhum pasta, atau Rhum essence sekalipun). Untuk sekedar info, teman-teman bisa lihat disini.
Tapi tetap kembali pada keyakinan masing-masing, klo saya pribadi (sebagai Muslim) memilih untuk tidak menggunakannya :)

(Kulit choux pastry fresh from the oven)

Back to my soes, kemarin saya membuat tetap menggunakan resep dasar yang sering saya pakai, termasuk yang saya pakai untuk membuat rainbow profiteroles yang sudah saya posting belum lama ini.
Hanya saja kemarin terigunya saya campur terigu protein sedang dan terigu protein tinggi.
Resep vla keju-nya saya adatasi dari tablid Saji, tapi sudah saya modifikasi sesuai selera.
Soes atau choux pastry sendiri bisa dibuat dengan menggunakan terigu apa saja, terigu protein sedang (all purpose), terigu protein tinggi, bahkan terigu protein rendah. Hanya nanti sedikit berbeda di teksturnya saja. Mau tau bedanya? Silahkan dicoba saja sendiri di rumah ya :D



SOES VLA KEJU (CHEESE PASTRY CREAM CHOUX PASTRY)
by Ricke Indriani

Bahan choux pastry:
200 ml air
100 gram margarin atau salted butter
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
75 gram terigu protein sedang (all purpose)
50 gram terigu protein tinggi
3 butir telur ukuran besar (jika kecil pakai 4 butir), kocok lepas
Kantong segitiga (piping bag) dan spuit bintang (saya pakai spuit no.22)

Cara membuat:
1. Campur air, margarin/butter, garam dan gula pasir. Didihkan di atas api kecil.
2. Matikan api, masukkan terigu yang sudah diayak. Aduk rata dengan sendok kayu hingga tercampur dengan baik. Nyalakan kembali api kecil saja, masak adonan sambil diaduk-aduk hingga kalis (adonan sudah tidak menempel lagi di panci). Angkat dan dinginkan.
3. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas sedikit demi sedikit secara bertahap sambil adonan dimixer dengan kecepatan rendah. Jika dirasa adonan sudah cukup lembut untuk dispuit dan telur masih bersisa, hentikan penambahan telur karena adonan akan terlalu cair dan susah untuk dispuit.
4. Masukkan adonan ke dalam kantong segitiga. Spuitkan memanjang (atau bentuk bulat juga boleh) ke atas loyang yang telah dioles margarin tipis. Beri jarak yang cukup satu sama lain.
5. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 200'C selama kurang lebih 30 menit. Sesuaikan dengan oven masing-masing. Jika terlihat adonan sudah mengembang kokoh, kuning kecoklatan dan busa yang terdapat pada adonan sudah hilang berarti kue sudah matang dan siap dikeluarkan.
6. Dinginkan di rak kawat.

Bahan vla keju (cheese pastry cream):
250 ml susu cair
25 gram gula pasir
1/8 sdt garam
50 gram keju cheddar, parut halus
30 gram maizena, larutkan dengan sedikit air
50 gram white cooking chocolate, cincang
1 kuning telur, kocok lepas
1 sdm margarin/butter
1/2 sdt vanilla (saya pakai bubuk vanilla susu L'Arome)

Keju cheddar parut memanjang untuk taburan vla.

Cara membuat:
1. Panaskan susu cair, gula pasir, garam di atas api kecil sampai mulai mendidih pinggirannya. MAsukkan keju parut halus. Aduk hingga keju mulai larut. Masukkan larutan tepung maizena. Aduk-aduk hingga mengental dan meletup-letup.
2. Masukkan white cooking chocolate cincang. Aduk-aduk hingga coklat larut. Matikan api.
3. Masukkan kuning telur yang sudah dikocok lepas. Aduk rata. Nyalakan kembali api kecil. Masak hingga meletup-letup. Angkat dan matikan api. Masukkan margarin/butter dan vanilla. Aduk-aduk hingga licin. Selagi didinginkan, vla harus sering diaduk-aduk agar tidak berkulit. Selain itu bila vla diaduk-aduk hingga dingin maka vla akan cantik mengkilap dan licin. Siap dipakai.

Penyelesaian:
Ambil kulit soes yang telah dingin, belah dua jangan terputus. Semprotkan vla secukupnya, beri keju cheddar parut di atas vla. Tutup kembali kulit soes. Lakukan sampai habis.

Sisa soes yang belum habis (karena kemarin di rumah hanya berdua dengan Nadhifa) saya masukkan ke dalam wadah tertutup rapat. Dan saya simpan di kulkas. Besoknya saya cek alhamdulillah masih bagus seperti semula, terutama vla-nya tidak basi/asem.


Nadhifa dengan setia menemani saya di dapur dan menunggu sampai kuenya matang.
Sampai-sampai dia nongkrong dan sisa vla yang ada di panci dijilatin katanya "Mmmm enak..." :D
Waktu kulit sus-nya baru didinginkan, dia sudah gak sabar buat menyantapnya, akhirnya kulit sus-nya dicolek-colek ke sisa vla yang ada di panci lalu nyammm nyammmmm.... :D

Aaahhhh... She's my best customer ever! ^___^

Thursday, October 27, 2011

ORANGE CHEDDAR CHEESE CAKE


Sempet lupa punya foto ini :)
Sudah 2 mingguan yang lalu klo gak salah. Requestnya Abi dan Nadhifa, my precious two yang penggemar cotton soft cheese cake kayak ini. Karena stok cream cheese dihemat-hemat buat bikin pesanan jadi bikin CCC aja ^__^
Kebetulan besoknya ada teman juga yang main ke rumah. Jadi sekalian bisa buat icip-icip.

Karena di kulkas punya leftover putih telur sisa bikin pesanan kemarinnya, jadi dimanfaatin aja buat bikin meringue frostingnya. Blow torch-ku sempat macet pas dipake buat membakar frostingnya, mungkin karena lama gak dipake. Tapi jadi juga walau blow torch-nya nyala-mati terus, hehee...

Resep cheddar cheese cakenya sudah pernah aku posting beberapa kali, tapi ini aku konversikan untuk loyang ukuran 20 cm.
Yang ini saya modifikasi menjadi orange cheddar cheese cake. Jadi ada aroma dan rasa orange-nya.

Resep yang dulu pernah saya posting ada disini. (adaptasi dari resepnya Elly Aljo's Mom). Itu untuk loyang ukuran 18 cm.


ORANGE CHEDDAR CHEESE CAKE

by Ricke Indriani

Bahan cheese cake:
215 gram susu cair
70 gram unsalted butter, suhu ruang
215 gram keju cheddar, parut halus
35 gram terigu protein sedang
25 gram maizena
5 kuning telur, kocok lepas
2 sdt parutan kulit jeruk orange sunkist (ambil hanya bagian yang berwarna orange, jangan terkena bagian yang putih karena akan terasa pahit)
1 sdm orange syrup/orange concentrate

5 putih telur
125 gram gula kastor
1 sdm air jeruk orange sunkist
1/4 sdt garam

Meringue frosting:
100 gram putih telur
150 gram gula kastor
1 sdm air jeruk lemon/nipis/orange
sedikit garam (1/8 sdt)
1/2 sdt vanilla (saya pakai bubuk vanilla susu L'Arome)
Air mendidih untuk mengocok putih telur
Alat blow torch untuk membakar meringue

Topping:
Orange marmalade jam
Mandarin orange kalengan
Orange sunkist slices untuk garnish

Cara membuat:
1. Panaskan oven 160'C. Siapkan loyang bulat diameter 20 cm. Olesi bagian bawahnya dengan mentega. Alasi kertas roti. Oles lagi dengan mentega. Sisihkan.
2. Panaskan susu cair dengan api kecil hingga mulai mendidih pinggirannya. Masukkan butter dan keju cheddar parut. Aduk2 hingga tercampur rata dan lembut. Mungkin sebagian keju masih ada yang belum larut, tidak apa-apa. Angkat dari api, biarkan hangat.
3. Masukkan terigu dan maizena yang sudah diayak ke dalam campuran keju tadi. Aduk rata. Masukkan kuning telur, aduk rata hingga menjadi adonan pasta yang lembut. Masukkan air jeruk orange sunkist dan parutan kulit jeruk sunkist. Aduk rata. Sisihkan.
4. Kocok putih telur, garam dan air jeruk lemon sampai berbusa. Masukkan gula kastor sedikit demi sedikit secara bertahap sambil terus dikocok hingga mencapai fase SOFT PEAK.
5. Ambil 1/3 adonan putih telur. Masukkan ke dalam adonan terigu. Aduk perlahan dengan spatula hingga rata. Masukkan campuran adonan ini ke dalam sisa putih telur secara perlahan sambil DIADUK BALIK dengan spatula dengan gerakan yang lembut sampai adonan rata.
6. Tuang ke loyang. Siapkan loyang pendek yang lebih besar. Isi dengan sedikit air panas. Letakkan loyang adonan dalam loyang air. Ini yang dinamakan steam bake atau au bain marie. Panggang dalam oven selama kurang lebih 75-90 menit. Tergantung kondisi oven masing-masing. Keluarkan dari loyang. Dinginkan.

Meringue frosting:
Siapkan air mendidih dalam wadah (atau bila memungkinkan bisa langsung mengocok di atas kompor sambil air didihkan dengan api kecil). Kocok putih telur, air jeruk lemon dan garam sambil wadahnya direndam di air mendidih, sampai berbusa. Masukkan gula kastor bertahap sambil terus dikocok hingga mengembang kaku dan lembut. Teksturnya akan hampir sama dengan buttercream hanya lebih lembut. Angkat dari air panas. Tambahkan vanilla, aduk rata. Siap dipakai.

Penyelesaian:
Siapkan cake. Poles seluruh permukaannya dengan meringue frosting. Buat motif acak dengan palet agar terlihat cantik saat dibakar, tidak perlu dibuat mulus.
Bakar dengan blow torch hingga kecoklatan. Beri topping orange marmalade jam, jeruk mandarin kalengan dan irisan jeruk orange sunkist.

Tips:
-Kunci keberhasilan mengocok putih telur adalah gunakan WADAH BERSIH, KERING dan BEBAS LEMAK. Pada saat memisahkan telur, JANGAN ADA SETITIK PUN KUNING TELUR yang menodai putih telur.


Selamat mencoba. Mau diorder juga boleh :D

MU BLACK FOREST CAKE FOR ALMA'S HUSBAND



Dipesan oleh Mba Alma untuk ultah suami tercinta. Requestnya pakai edible logo Manchester United karena suaminya salah satu penggemar si Red Devil ^__^
Base cakenya black forest dengan 3 layers dark chocolate sponge cake yang dibasahi simple syrup, diberi filling strawberry jam dan chocolate ganache serta potongan dark cherry.
Dicover dengan buttercream special dan diberi pagar sabuk coklat bermotif.
Mba Alma minta atasnya diberi strawberry melingkar, sempat kehabisan ide mau digimanain. Beginilah hasilnya :)

Alhamdulillah yang pesan dan yang berulang tahun berkenan dengan cakenya. Mantap katanya, hehee...
Terima kasih orderannya ya Mba. Semoga suami dan keluarga Mba senantiasa diberikan keberkahan usia dan esuksesan dunia akhirat. Aamiin...

Wednesday, October 26, 2011

LBT#9: CHOUX PASTRY


Saat saya mengerjakan ini sekitar seminggu yang lalu, PR LBT#10 sudah mau diumumkan lagi, saya baru bisa upload PR LBT#9 ini, alhamdulillah :)
Karena terjatuh dari motor beberapa hari sebelum deadline PR dikumpulkan menyebabkan saya seminggu gak bisa baking. Pas saatnya baking ternyata kamera gak bisa kompromi. Ya sudah bersabar saja...

Sebagai host, saya usahakan untuk tidak bolos mengerjakan PR jika memang tidak ada halangan yang benar2 urgent dan tidak bisa saya kendalikan.
Jadi sekarang biarpun terlambat tapi saya tetap buat PR-nya ^__^
Semoga ke depannya saya gak terlambat seperti ini lagi.


Tema LBT#9 kali ini adalah Choux Pastry (Pate a Choux) atau yang biasa kita kenal dengan kue soes dan variasinya, semisal eclair, profiterole, croquembouche, paris brest, atau di Amerika biasa disebut creme puff.

Saya memilih membuat profiteroles karena bentuknya yang bite size sehingga tidak perlu mengisi terlalu banyak cream di dalamnya. Juga enak tinggal lep, hehee...
Profiteroles ini sama dengan kue soes yaitu berbentuk bulat seperti kubis hanya saja ukurannya lebih kecil, bisa diberi isian pastry cream, ice cream atau sesuai selera. Bagian atasnya dicelup ke coklat cair seperti eclair. Tapi karena saya ingin menonjolkan warna warninya, jadi atasnya hanya saya coret coret dengan dark chocolate cair saja.
Untuk isiannya karena masih ada sisa ganache di kulkas, jadi saya manfaatkan saja sebagai filling profiteroles ini :)

Selama proses pembuatannya Nadhifa ikut serta. Nanti gambar yang lebih lengkap saya posting di blog. Dan kulit choux pastry-nya dari sejak baru matang dan sewaktu mengisi fillingnya entah sudah berapa biji yang masuk mulutnya, hihihiihiiii....

(Setia menemani bunda sampe lepek keringetan di dapur, hihihiiii...)

So... Here's the recipe...

(Look at those colorful chouxs ^__^)

RAINBOW PROFITEROLES
by Ricke Indriani

Choux Pastry:
200 ml air
100 gram margarin/salted butter (biar terasa gurih dan tidak hambar)
1/4 sdt garam
1 sdm gula pasir
125 gram terigu protein sedang/all purpose, ayak
3 butir telur ukuran besar (atau 4 butir jika telurnya kecil), kocok lepas
Beberapa tetes pewarna makanan/food coloring sesuai selera
Kantong segitiga/piping bag, spuit bintang kecil (saya pakai wilton no.22)

Chocolate Ganache Cream:
100 gram whip cream bubuk
150 ml air es
150 gram dark chocolate
1 sdm unsalted butter

Dark chocolate, lelehkan untuk topping

(The process)

Cara membuat:
Choux pastry:
1. Campur air, margarin/butter, garam dan gula pasir. Didihkan di atas api kecil.
2. Matikan api, masukkan terigu. Aduk rata dengan sendok kayu hingga tercampur dengan baik. Nyalakan kembali api kecil saja, masak adonan sambil diaduk-aduk hingga kalis (adonan sudah tidak menempel lagi di panci). Angkat dan dinginkan.
3. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas sedikit demi sedikit secara bertahap sambil adonan dimixer dengan kecepatan rendah. Jika dirasa adonan sudah cukup lembut untuk dispuit dan telur masih bersisa, hentikan penambahan telur karena adonan akan terlalu cair dan susah untuk dispuit.
4. Bagi menjadi beberapa bagian. Beri pewarna makanan sesuai selera. Aduk rata. Masukkan ke dalam kantong segitiga. Spuitkan kecil2 ke atas loyang yang telah dioles margarin tipis. Beri jarak yang cukup satu sama lain.
5. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 200'C selama kurang lebih 20 menit. Sesuaikan dengan oven masing-masing. Jika terlihat adonan sudah mengembang kokoh dan busa yang terdapat pada adonan sudah hilang berarti kue sudah matang dan siap dikeluarkan.
6. Dinginkan di rak kawat.

Ganache cream:
Lelehkan dark chocolate dan unsalted butter. Biarkan hingga agak dingin.
Kocok whip cream dan air es hingga mengembang. Masukkan coklat cair sambil dikocok hingga rata. Siap dipakai.

Penyelesaian:
Gunting choux pastry yang telah dingin, jangan terputus. Semprotkan ganache cream secukupnya. Lakukan hingga semua terisi.
Coret-coret bagian atasnya dengan dark chocolate leleh atau bisa juga dicelupkan.
Sajikan dingin lebih nikmat.

(This is it! ^__^)

Note: Adonan dasar ini bisa untuk membuat macam-macam variasi choux pastry lainnya misalnya soes vla (cream puff), eclair, dsb.

Selamat mencoba ^__^

Salam LBT!

Tuesday, October 25, 2011

DECORATED TIRAMISU FOR LULY'S HUSBAND



Tiramisu ini pesanan Bu Luly untuk ultah suaminya tercinta yang genap berusia 37 tahun.
Diambil pagi untuk dibawa ke kantor suaminya.

3 layers vanilla sponge cake lembut disiram dengan coffee syrup, diberi filling tiramisu mousse with mascarpone cheese. Bagian atasnya didusting coklat bubuk.
Diberi pagar coklat dan garnish ornamen coklat, fresh strawberry dan red cherry.

Dapat kabar dari Bu Luly katanya tiramisunya langsung dipotong "Rasa na lekers plus yamieeeee bgt....makasih yah dibikinin tiramisu yg enak bgt....."
Alhamdulillah... :)

Terima kasih juga orderannya ya Bu.
Selamat ulang tahun untuk suami, semoga sukses dunia akhirat dan barokah selalu usianya. Aamiin...

Tuesday, October 18, 2011

DECORATED TIRAMISU FOR ANDIN


Tiramisu ini dipesan minggu yang lalu oleh Andin dalam rangka ultah perikahannya yang kedua. Juga karena senang putra pertamanya Abizar lulus ASI Exclusive. Alhamdulillah... ^__^

Ini juga sudah kedua kalinya Andin pesan tiramisu, dulu juga waktu lagi ngidam pernah pesan juga, hehee...
3 layers vanilla spongecake dengan filling tiramisu mousse with mascarpone cheese. Didusting coklat bubuk khas tiramisu dan diberi pagar dari white chocolate dengan motif marble.


Alhamdulillah dapat kabar semua keluarganya suka.

Testimoni:
"Bun, sayang motongnya jadi pelan2. Seperti biasa dieman2 kuenya... Tapi skarang udah tinggal setengah. Semalam dimakan, mau nunggu besoknya mana tahaaan. Alhamdulillah enak kuenya seperti biasa, heheee... Ayahku yang biasanya gak suka manis juga bilang enaaakkkk... Cantik jadi sebelum dipotong difoto dulu banyak2 dari segala sudut, heheee..."

Alhamdulillah, ikut senang dengernya. Makasih orderannya ya say.
Happy wedding anniversary. Semoga langgeng selalu sampai akhir hayat. Sukses dunia akhirat dan Abizar tumbuh menjadi anak yang cerdas dan sehat karena diberika ASI eksklusif oleh ibunya. Aamiin....

TIRAMISU IN WHITE FOR NUN'S BIRTHDAY


Tiramisu ukuran 30x30 cm ini dipesan oleh nenk Nun untuk ultahnya. Tadinya mau dekornya nuansa putih dan ungu, tapi suaminya minta full white aja. Akhirnya beginilah hasilnya. Didekor minimalis ala cake Ordinary Kitchen. Walaupun minimalis tapi tetep cantik seperti yang pesan kuenya ^__^

4 layers vanilla spongecake yang tipis dan dibasahi dengan coffee syrup. Diberi filling tiramisu mousse with mascarpone cheese. Didusting coklat bubuk. Diberi hiasan border bentuk rosette biar tambah cantik. Request dari suaminya nenk Nun tulisan ucapannya "May ALLAH Bless You My Wife". Aamiin... :)


Alhamdulillah yang pesan suka banget sama hasil dekornya. Ini sudah repeat order yang kedua kali pesan tiramisu.

Testimoni dari pemesan:
"Semua family bilang ENAAAAK dan mertua sama suami bilang udah buka bakery aja sama dia join. Suami kemarin minta sarapannya tiramisu, mertua juga sampe bawa ke karawang mau bawa ke temen2nya suruh nyobain."
Alhamdulillah... ^__^

Eid Milad ya nenk geulis... Semoga barokah usianya. Bertambah segala kebaikannya. Aamiin...
Makasih buat orderannya ya.... :)

Friday, October 14, 2011

CLASSIC BLACK FOREST FOR FENTI'S HUSBAND



Black forest cake ini dipesan oleh Fenti untuk ultah suami tercinta yang ke-29.
Minta dekornya yang simple aja katanya soalnya suaminya gak suka kue yang neko-neko, hehehee...
... Ya sudah beginilah jadinya. Alhamdulillah waktu dikasih lihat fotonya , yang pesen seneng banget, keren katanya, hihihiiiii.... Padahal cuma aku dekor minimalis aja sesuai permintaan ;)

3 layer chocolate spongecake yang lembut, dibasahi dengan simple syrup yang dicampur dengan air dark cherry. Diberi olesan strawberry jam, kemudian diberi filling chocolate ganache dan potongan dark cherry di dalamnya.
Dicover buttercream special dan atasnya diberi dark chocolate dan white chocolate serut yang didusting icing sugar, gak lupa cherry merah bertangkainya :)
Bagian sisinya diberi pagar dark chocolate bermotif marble.

Alhamdulillah komen yang pesan "Enaaaaakkkk...." katanya, heheee...
Makasih pesanannya ya bu, semoga suamimu diberi keberkahan usia selalu oleh Allah SWT. Sukses dunia akhirat. Aamiin...

Thursday, October 6, 2011

BIRTHDAY CAKE FOR BABY MOZA


Pesanan Teh Aliet untuk ultah pertama putri ketiganya Moza, si baby yang very very cute dan menggemaskan, heheee...

Base cakenya lapis surabaya green tea berlapis selai strawberry. Lapis surabayanya yang special menggunakan 30 butir kuning telur dan butter. Dicover buttercream special ala Ordinary Kitchen. Mintanya nuansa putih, pink dan biru. Tapi hasilnya jadi ada s...edikit warna hijau dan ungu juga, hihiii...
Menggunakan edible photo dengan tema little mermaid karena permintaan si kakak, hehehee...


Alhamdulillah dapat sms dari Teh Aliet:
"Cakenya cantik banget, lembut dan yang penting creamnya nggak bikin enek. Smua bilang cakenya bagus dan creamnya enak banget. Thanks ya nenk dah mau direpotin bikin cake buat baby Moza."

Hatur nuhun juga orderannya ya Teh. Semoga lain waktu qta bisa ketemu lagi. Kangen deh sama baby Moza yang lucu dan si adik yang pintar dan supel ^__^
Semoga Moza tumbuh menjadi anak yang cerdas, sehat dan sholehah. Aamiin...

CASSAVA BROWNIES


CASSAVA BROWNIES
Ditulis oleh: Ricke Indriani

Ini adalah brownies yang saya demokan dalam acara Banten Expo yang bertema olahan pangan berbahan baku tepung lokal non terigu hari Minggu kemarin.
Brownies ini bukan berbahan baku singkong secara langsung, melainkan menggunakan tepung MOCAF (Modified Cassava Flour) atau tepung singkong termodifikasi. MOCAF adalah tepung yang dihasilkan dari umbi singkong yang diproses dengan menggunakan enzim hasil fermentasi bakteri asam laktat (biasa dalam kemasannya disebut ragi) yang mampu memecah sel tepung singkong sehingga tepung yang dihasilkan tepung yang lebih halus, berwarna lebih cerah (putih) dan tidak berbau singkong (bau singkong bisa diminimalisir hingga 70%).

MOCAF ini berbeda dengan tepung singkong biasa (cassava flour) atau pati/kanji singkong (tapioca starch). Karakteristiknya mendekati terigu sehingga bisa digunakan untuk membuat aneka kue. Tetapi karena di dalamnya tidak terkandung gluten (gluten hanya terdapat pada terigu) jadi kue-kue yang dihasilkan memang akan sedikit lebih pendek dibandingkan kue yang dibuat dari terigu. Untuk membuat aneka brownies, kue kering, cake, gorengan, dsb tepung ini bisa digunakan dengan subtitusi 100% ataupun kombinasi. Tetapi untuk membuat roti-rotian tidak bisa 100%, harus tetap dikombinasikan dengan terigu protein tinggi karena adonan roti-rotian memerlukan gluten tinggi untuk mencapai elastisitas dan daya kembang yang baik.

Karena tidak mengandung gluten, tepung ini bisa dikonsumsi oleh ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) yang memang alergi terhadap gluten, tetapi yang perlu diperhatikan adalah anak tersebut apakah juga masih harus menjalani diet yang lain selain gluten, misalnya diet coklat, diet casein (protein susu), dsb. Jadi bisa dibuat kue olahan lain yang tidak menggunakan coklat dan susu atau bisa juga susunya diganti dengan susu kedelai.

Tepung MOCAF dan tepung umbi lokal lainnya skarang sudah bisa didapatkan di toko bahan kue (walau mungkin tidak semuanya sudah ada) atau bila Anda berdomisili di ibukota provinsi Anda bisa juga mendapatkannya melalui BKPD (Badan Ketahanan Pangan Daerah). Atau yang berdomisili di Jawa Timur dan Jawa Tengah sepertinya sudah cukup mudah mendapatkan tepung MOCAF ini karena sudah banyak produsennya, bahkan banyak dijual secara online juga. Googling saja ya... :)

Tetap menggunakan konsep brownies klasik yang bisa dibuat tanpa mixer, bisa hanya menggunakan kocokan manual (hand whisk) saja atau bisa juga menggunakan mixer sebentar saja. Saya sendiri saat demo kemarin tidak menggunakan mixer. Alhamdulillah respon dan komentar dari pengunjung demo yang mencicipinya cukup memuaskan.
Ada yang bilang “Ini baru namanya brownies”, “Wah, wanginya original sekali, nyoklat.”, “Pokoknya uenakkk banget.”, dsb. Ada juga pengunjung yang datang terlambat berkomentar, “Masa sih ini gak pake terigu?” Hehehee…
Dan juga brownies ini sempat dicicipi Bapak Wakil Gubernur Banten, alhamdulillah.


CASSAVA BROWNIES
By Ricke Indriani

Bahan:
225 gram margarine
125 gram dark cooking chocolate
---> Lelehkan bersama, sisihkan

200 gram tepung MOCAF
50 gram coklat bubuk
20 gram susu bubuk full cream
½ sdt baking powder
1 sdt vanilla

4 butir telur ukuran sedang (jika besar pakai 3 butir saja)
300 gram gula pasir

Taburan:
Kacang-kacangan (mede, almond, kenari, dll), Chocolate chips sesuai selera

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180’C. Siapkan 1 buah loyang persegi ukuran 24x24x4 cm atau 2 buah loyang ukuran 10x30x4 cm, olesi dengan margarine, alasi dengan kertas roti (lebihkan sedikit kertas rotinya sekitar 1 cm untuk mengeluarkan brownies dari loyang), olesi lagi dengan margarine. Sisihkan.
2. Ayak bahan kering: tepung MOCAF, coklat bubuk, susu bubuk, baking powder. Sisihkan.
3. Kocok telur dan gula pasir hingga gula larut (tidak perlu sampai mengembang) dengan menggunakan hand whisk atau mixer sebentar saja. Masukkan campuran dark chocolate dan margarine yang sudah dilelehkan dan vanilla. Aduk rata.
4. Masukkan bahan kering yang sudah diayak. Aduk rata cukup hingga bercampur rata saja. Jangan over mix.
5. Tuang ke loyang, taburi dengan bahan taburan sesuai selera. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 45 menit, tergantung oven masing-masing.
6. Keluarkan dari oven. Biarkan sebentar dalam loyang. Keluarkan dengan cara mengankat kertas rotinya. Dinginkan dan potong-potong.

Note:
- Brownies ini termasuk fudgy brownies, yaitu brownies klasik yang dalamnya legit dan agak basah, tetapi bagian luarnya kering.
- Bisa juga ditambahkan umbi-umbian ke dalam adonannya, misalnya kentang, ubi jalar, ubi ungu, talas, labu kuning, dsb. Gunakan 100 gram umbi yang telah dikukus dan dihaluskan. Masukkan terakhir sebelum dituang ke loyang. Aduk rata. (saya kemarin juga membuat dengan tambahan umbi talas beneng).

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ^__^