Saturday, December 31, 2011

CAKE PANDAN


Cake pandan ini sudah lama saya buat, tapi belum sempat juga menyentuh foto-fotonya dan meng-editnya. *lagu lama :D
Resepnya sudah saya posting di Facebook duluan, itupun hanya menggunakan foto dari kamera HP yg hasilnya buram.
Nah, kali ini saya posting dengan foto yang agak bagusan sedikit. Sedikit aja ya, soalnya yang motretnya masih amatiran, hehehee... Eitzz, walaupun amatiran bukan berarti Anda dan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab berhak mencuri dan menggunakan foto-foto saya tanpa izin lho ya! Apalagi untuk dipublikasikan kembali atau untuk kepentingan komersial yang menguntungkan satu pihak tetapi merugikan pihak yg lain (dalam hal ini si pemilik foto).*gemes dan geram klo bicara soal pembajakan foto ;[

Sebenernya gak ada yang luar biasa dari resep ini, cuma resep cake dasar biasa yang biasa disebut bolu. Resepnya saya adaptasi dari resep yang biasa dipakai ibu saya dari jaman baheula. Cuma takarannya masih pake gelas belimbing.
Yang ini sudah saya modifikasi sana sini dan takarannya pun memakai satuan gram.
Ibu saya klo baking bolu pandan ini pakai baking pan, loyangnya juga yg ukuran besar, loyang tulban diameter sekitar 30 cm klo gak salah.
Bolunya ringan, spongy banget dan hampir mirip chiffon cake kepes-kepesnya. Tapi beda tekstur dengan chiffon ya...

Waktu saya bikin cake ini, kebetulan masih ada sisa keju cheddar yang sudah dibuka kemasannya (dari kemasan 500 gram) yang sudah mau kering. Daripada jadi kering beneran ya sudah saya pakai untuk topping cake pandan ini. Tapi dimakan plain saja sudah enak kok, pas banget buat teman ngeteh atau ngopi di teras rumah, hihihiii...



Cake Pandan
by Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani

Bahan:
8 butir telur utuh ukuran sedang
3 kuning telur
200 gram gula pasir (klo yang suka manis bisa 225 gram)
1 sdm cake emulsifier
1/4 sdt garam
200 gram terigu protein sedang/all purpose
25 gram maizena
15 gram susu bubuk full cream
1/2 sdt baking powder
150 gram mentega/margarin, lelehkan
1 sdm pasta pandan

Cara membuat:
Kocok telur, gula, emulsifier dan garam hingga mengembang, pucat dan berjejak/jambul petruk.
Masukkan terigu, maizena, susu bubuk dan baking powder sambil diayak bertahap sambil diaduk rata dengan spatula atau mixer kecepatan rendah.
Masukkan mentega/margarin cair dan pasta pandan. Aduk balik merata dengan spatula.
Tuang ke loyang tulban diameter 26 cm yang dioles mentega dan ditabur terigu tipis. Atau pakai loyang bulat/kotak biasa ukuran 22-24 cm yang dioles mentega dan dialasi kertas roti.
Panggang di oven panas dengan suhu 170-180'C hingga matang kecoklatan. Test tusuk dan test sentuh.
Angkat dari oven, segera keluarkan dari loyang. Dinginkan. Sajikan.

Selamat mencoba dan happy baking :)

DECORATED TIRAMISU FOR MOTHER'S DAY (2)



Tiramisu ini juga pesanan Teh Lia (pesan 2 buah tiramisu, yang satu di foto sebelumnya) dalam rangka Hari Ibu 22 Desember kemarin.

Alhamdulillah semuanya berkenan. Didekor yang simple tapi cantik khusus untuk Mama tersayang dan Ibu mertua tercinta :)
Sengaja diberi aksen bunga dari chocolate modeling agar tampil berbeda, walaupun adonan chocolate modeling-nya sempat gagal, hihihiiii.... ALhamdulillah jadi juga. Klo yang untuk Ibu dibuat bunga lily, yang ini dibuat bunga mawar :)

Terima kasih orderannya ya Teh. Semoga Mama dan Ibu senantiasa diberikan kesehatan dan kebahagiaan. Aamiin..

DECORATED TIRAMISU FOR MOTHER'S DAY



Diorder oleh Teh Lia dalam rangka hari ibu kemarin. Pesannya 2 buah decorated tiramisu, yang satu untuk ibunda tercinta, yang satu untuk ibu mertua tersayang ;)
Foto tiramisu yang satunya lagi diposting setelah ini ya... :)

Alhamdulillah yang pesan dan semua yang makan berkenan katanya. Sampai-sampai ada yang lagi diet hari itu dietnya ditunda dulu, qiqiqiiiii....

Hatur nuhun orderannya ya Teh :)

WHITE GARDEN WEDDING CAKE FOR ANGGUN & ABROM


Postingan telat >__< Wedding cake ini dipesan oleh Teh Aliet dan Teh Rachma untuk dihadiahkan kepada keponakan tercinta pada hari bahagianya tanggal 11 Desember yang lalu. Maaf yaaa... Telat banget posting ke blognya. Tapi di Facebook sudah duluan kok, hehee... Pesannya lumayan mendadak, hanya beberapa hari sebelum hari H, dan kebetulan pada hari tersebut saya juga harus berangkat ke Bandung. Lumayan kelimpungan, hihihiii... Konsep resepsinya di halaman rumah, bukan di gedung. Dengan dekorasi banyak tanaman-tanaman dan bunga-bunga. Ya sudah wedding cakenya juga dekornya menyesuaikan saja, bunga-bunga, hehehee...


Selamat berbahagia ya untuk Anggun dan Abrom. Semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warohmah. Kelak dikaruniai keturunan yang sholeh dan sholehah. Langgeng hingga akhir hayat. Aamiin...
Trima kasih untuk Teh Aliet dan Teh Rachma atas orderannya. Semoga berkenan dengan cakenya :)

Saturday, December 17, 2011

LBT#11: TRES LECHES CAKE (THREE MILKS CAKE)



Waktu dapet PR ini, saya benar-benar putar otak gimana caranya biar saya juga bisa ikutan makan, karena saya gak suka susu, sedangkan cake ini melimpah susunya, huhuhuuu... Walaupun 2 'customer' setia di rumah doyan banget sama susu, hehee... Tapi tetep kan tukang kuehnya pengen icip-icip, hihiiii...

Tres Leches Cake (Three Milks Cake) adalah cake yang berasal dari Amerika Latin, salah satunya yg terkenal di Mexico. Intinya adalah cake yang disiram campuran susu yang terdiri dari 3 jenis susu (susu cair/evaporated, susu kental manis dan fresh cream). Leche dalam bahasa spanyol artinya susu. Nama lain dari cake ini Pastel de Tres Leches.
Ada yg metode pembuatannya seperti spongecake, ada juga yang seperti buttercake. Namun keduanya sama2 menggunakan adonan meringue (putih telur yang dikocok). Mungkin tujuannya agar cake yang dihasilkan mempunyai banyak pori-pori sehingga maksimal menyerap campuran susu.

Kali ini saya membuat cakenya dengan chocolate cake. Disiram dengan campuran susu coklat juga (menggunakan SKM coklat). Kemudian bagian atasnya diberi chocolate mousse.
Resep base cake-nya tetap menggunakan resep yang diposting di group oleh Teh Vivi Nowotny (source: The Pioneer Woman), tapi saya modif menjadi cake coklat dan takaran gulanya saya kurangi juga.


CHOCOLATE TRES LECHES MOUSSE CAKE
By Ricke Indriani

Cake:
Bahan :
120 gram tepung terigu protein rendah
20 gram coklat bubuk
1 ½ sendok teh baking powder
¼ sendok teh garam
5 kuning telur
75 gram gula pasir halus
1 sendok teh vanilla
1/2 sdt pasta coklat (optional)
80 ml Susu cair
75 gram margarin, lelehkan

5 putih telur
1/4 sdt garam
1 sdt air jeruk nipis/lemon
50 gram gula pasir halus

Cara membuat:
1. Panaskan oven ke 180 derajat celcius. Siapkan loyang ukuran 28x28x4 cm. Olesi bawahnya dengan margarin, alasi dengan kertas roti. Bagian pinggiran loyang tidak perlu dioles apa-apa. Sisihkan
2. Ayak tepung, baking powder dan garam. Sisihkan.
3. Dalam mangkuk besar. Dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi , kocok kuning telur dan 75 gram gula pasir hingga kental dan berwarna pucat. Tambahkan susu cair dan vanili kedalamnya, kocok kembali hingga tercampur rata sebentar saja.
4. Tuang campuran kuning telur tadi ke dalam campuran tepung dengan menggunakan spatula karet, dengan teknik aduk balik secara perlahan sampai tercampur rata. Masukkan margarin leleh, aduk rata dengan spatula.
5. Kocok putih telur, garam dan air jeruk nipis dengan kecepatan tinggi hingga setengah mengembang, kemudian masukan 50 gram gula pasir secara bertahap sambil dikocok hingga SOFT PEAK.
6. Ambil 1/3 adonan putih telur, masukkan ke dalam adonan tepung. Aduk rata. Masukkan campuran ini ke dalam adonan putih telur sisanya (2/3) aduk balik (fold) dengan spatula hingga merata. Aduk secara lembut tetapi kerjanya harus cepat agar tidak merusak adonan putih telurnya.
7. Tuangkan adonan kedalam loyang. Panggang selama 35 sampai 45 menit ( gunakan dengan test tusuk ). Angkat loyang kue dan biarkan dingin selama kurang lebih 1/2 - 1 jam. Saya bentuk bulat menggunakan ring mika bulat. Biarkan cake di dasar mikanya. Letakkan dan tata dalam loyang.
8. Setelah cake dingin. Tusuk - tusuk perlahan permukaan cake menggunakan tusuk gigi atau garpu, dibeberapa bagian cake agar saat cake disiram dengan susu akan terserap lebih baik dan susu tidak menggenang di atas permukaan cake.


Siraman 3 jenis susu:
200 ml susu cair
100 ml susu kental manis coklat
100 ml fresh cream
----> Campur dan aduk rata
Siramkan ke atas cake. Simpan cake dalam lemari es selama minimal 4 jam atau semalaman lebih baik.

Chocolate mousse:
150 gram susu cair (ditimbang ya...)
250 gram dark cooking chocolate, cincang
8 gram gelatine bubuk
3 sdm air matang biasa/air dingin
500 gram non dairy whip cream (saya buat dari 200 gram whip cream bubuk + 400 ml air dingin)

Cara membuat:
1. Campurkan gelatine bubuk dengan 3 sdm air. Aduk rata. Diamkan 5 menit hingga membentuk gel (gelatine akan menyerap air).
2. Panaskan susu dengan api kecil hingga pinggirannya mulai mendidih. Matikan api. Masukkan gelatine. Aduk-aduk hingga seluruh gelatine larut dalam susu. Masukkan dark coklat cincang. Aduk rata hingga seluruh coklat meleleh dan tercampur rata. Jaga tetap hangat kuku.
3. Kocok non dairy whip cream sampai setengah kaku, jangan terlalu kaku nanti akan pecah saat dicampur dengan larutan coklat. Masukkan larutan coklat tadi ke dalam whip cream sambil dikocok dengan kecepatan rendah. Matikan mixer.

Penyelesaian:
Masukkan mousse ke dalam kantong segitiga, gunting ujungnya. Tuang mousse ke atas cake yang sudah disiram susu dan didiamkan semalam tadi. Bekukan dalam freezer sekitar 2 jam.
Beri ayakan coklat bubuk bila suka. Hias sesuai selera.




Seperti biasa, Nadhifa heboh banget pas pemotretan. Keukeuh pengen kuenya yg udah ditata mau difoto, dikasih kue yg lain gak mau. Nungguin kue yg difoto. Giliran baru beberapa kali jepret eh dia ngambek, katanya fotonya suruh udahan karena dia mau kuenya. Yah, begitulah suka duka home food photography, heheee... ^__^

Salam LBT ^___^

Saturday, December 10, 2011

RED VELVET CAKE WITH MIXED FRUITS FOR NINO



RVC ini dipesan oleh Bu Yenni untuk ultah putra bungsunya, Nino, yang ke-14 tahun. Alhamdulillah sudah punya anak bujang ya Bu ^__^

3 layers RVC dengan filling cream cheese frosting. Topping buah-buahan segar.
... Alhamdulillah komentar Bu Yenni cakenya enak, nanti kapan-kapan mau coba cake yang lain :)

Happy birthday untuk Nino, semoga selalu menjadi anak yang sholeh, kebanggaan kedua orang tua, penyejuk mata dan hati Ayah dan Ibunda. Aamiin...
Terima kasih atas orderannya ya...

Thursday, December 8, 2011

BIRTHDAY CAKE WITH EDIBLE PHOTO FOR FAJAR


Birthday cake ini terlambat uploadnya, karena baru sempat edit fotonya sekarang. Maaf ya Mama Fajar ^___^
Mba Inen Mamanya Fajar pesan birthday cake untuk ultah putra kecilnya yg imut-imut dedek Fajar yang pertama.

Base cakenya Red Velvet Cake (RVC) 3 lapis dengan filling cream cheese frosting. Dicover buttercream dan diberi edible photo bertema thomas and friends.
Didekornya full tanpa menggunakan spuit, jadi polos aja :)
Ini sebenarnya hasil akhirnya ada tambahan gula sprinkle berbentuk bintang di bagian atasnya dan juga lilin angka 1. Tapi gak sempat terfoto.


Alhamdulillah yang pesan berkenan, "Mba, cakenya oke deh, pada suka semuanya. Makasih yaaa..."

Lihat foto-foto ultah dedek Fajar lucu banget, dedek Fajarnya paling imut di antara teman-temannya, hihihiiii...
Doa dari Bunda Dhifa ya dedek Fajar, semoga sehat selalu dan tumbuh menjadi anak cerdas. Aamiin. Salam dari Kakak Dhifa yaa... ^__^
Terima kasih juga untuk orderannya... :)

Monday, December 5, 2011

DECORATED TIRAMISU FOR MAHENDRA


Tiramisu ini dipesan oleh nenk Nun untuk surprise adik iparnya, Mahendra, yang berulang tahun ke-30.
Biasanya nenk Nun klo pesan kue nuansa dekornya request dulu, tapi klo yang ini katanya terserah aja dekornya diserahkan sama saya yang penting bagus katanya, hihiiii...
Dekornya simple saja pakai sedikit topping fresh fruits.

Saat kuenya diambil nenk Nun baru bilang klo kuenya mau dibawa ke Jakarta, wah deg-degan juga soalnya tiramisu kan gak bisa terlalu lama di suhu ruang. Saya minta mobilnya diset suhu AC paling dingin aja, hiihiiii... Dan semoga gak macet dalam perjalanan biar cepat sampai tujuan.
Alhamdulillah kuenya selamat, beserta penumpangnya juga tentunya, hehee... Sampai tujuan langsung masuk freezer dulu sebentar biar lebih set.


Kata nenk Nun komentar semua yang hadir dan mencicipi kuenya bilang enak, alhamdulillah...
Terima kasih orderannya ya nenk geulis...
Happy birthday to Mahendra. Semoga barokah usianya. Aamiin...

Saturday, December 3, 2011

PINKY BLACK FOREST FOR ALEXA


Pesanan tetangga di komplek, Mama Lexa. Untuk ulang tahun putri pertamanya Alexa yang ke-6.
Pesannya black forest tapi didekor yang girly katanya. Dekornya diserahkan sama saya aja yang penting cantik, hihiiii...
Ya sudah jadilah black forestnya didekor pinky kayak gini :D

Alhamdulillah yang pesan berkenan dan Alexa senang sekali lihat kuenya. Sampe-sampe penasaran itu kue masih belum didekor udah ditengokin ke rumah, hihihiiii...
Selain black forest ini Mama Lexa juga pesan cake pandan buat dimakan di rumah, karena sekeluarga suka dengan cake pandan.



Selamat ulang tahun ya Alexa sayang. Semoga tambah cantik, pintar dan sholehah. Aamiin...
Terima kasih juga orderannya ya... ;)

TIRAMISU FOR NINA'S PARENTS ANNIVERSARY


Tiramisu ini dipesan oleh nenk Nina untuk diberikan kepada kedua orang tuanya yang berulang tahun pernikahan ke-34. Untuk dimakan di rumah saja.

Dekornya juga cantik katanya, sayang pas mau dipotongnya, hihihiiii...
Alhamdulillah nenk Nina dan keluarganya suka semua. Sampai-sampai keponakannya klo ultah nanti minta kuenya harus yang seperti ini, hehehee...



Trima kasih orderannya ya nenk...
Doaku untuk kedua orang tuamu. Semoga senantiasa diberikan kesehatan dan kebahagiaan dunia akhirat oleh Allah SWT. Aamiin...