Thursday, January 19, 2012

ECLAIRS WITH CHEESE CUSTARD FILLING


Kemarin ada pesanan eclairs, yah klo Nadhifa sih lihat ada kue 'encus' kesukaannya ya pasti ribut minta jatah :D
Ya sudah saya lebihkan setengah resep deh bikinnya, buat jatah 'preman imut' di rumah, qiqiqiqiiiii....

Resepnya sama saja seperti resep Soes Vla Keju yang pernah saya posting dulu, bisa dilihat disini.

Tapi fillingnya gak saya kasih taburan keju parut lagi, dan tinggal dicelup ke dark choholate cair permukaannya, coret-coret dengan white chocolate. Atau bisa juga dicelup ke chocolate ganache yang cair, lebih maknyus lagi, hehehee... Sesuaikan dengan selera saja.



Resepnya saya tulis lagi ya...

Eclairs with Cheese Custard Filling
by Ricke Indriani

Bahan choux pastry:
200 ml air
100 gram margarin atau salted butter
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
125 gram terigu (bisa pakai protein sedang/all purpose, bisa pakai protein tinggi, atau kombinasi keduanya)
3 butir telur ukuran besar (jika kecil pakai 4 butir), kocok lepas
Kantong segitiga (piping bag) dan spuit bintang (saya pakai spuit no.22)

Cara membuat:
1. Campur air, margarin/butter, garam dan gula pasir. Didihkan di atas api kecil.
2. Matikan api, masukkan terigu yang sudah diayak. Aduk rata dengan sendok kayu hingga tercampur dengan baik. Nyalakan kembali api kecil saja, masak adonan sambil diaduk-aduk hingga kalis (adonan sudah tidak menempel lagi di panci). Angkat dan dinginkan.
3. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas sedikit demi sedikit secara bertahap sambil adonan dimixer dengan kecepatan rendah. Jika dirasa adonan sudah cukup lembut untuk dispuit dan telur masih bersisa, hentikan penambahan telur karena adonan akan terlalu cair dan susah untuk dispuit.
4. Masukkan adonan ke dalam kantong segitiga. Spuitkan memanjang ke atas loyang yang telah dioles margarin tipis. Beri jarak yang cukup satu sama lain.
5. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 200'C selama kurang lebih 30 menit. Sesuaikan dengan oven masing-masing. Jika terlihat adonan sudah mengembang kokoh, kuning kecoklatan dan busa yang terdapat pada adonan sudah hilang berarti kue sudah matang dan siap dikeluarkan.
6. Dinginkan di rak kawat.

Cheese custard filling:
250 ml susu cair
25 gram gula pasir
1/8 sdt garam
50 gram keju cheddar, parut halus
30 gram maizena, larutkan dengan sedikit air
50 gram white cooking chocolate, cincang
1 kuning telur, kocok lepas
1 sdm margarin/butter
1/2 sdt vanilla (saya pakai bubuk vanilla susu L'Arome)

Cara membuat:
1. Panaskan susu cair, gula pasir, garam di atas api kecil sampai mulai mendidih pinggirannya. MAsukkan keju parut halus. Aduk hingga keju mulai larut. Masukkan larutan tepung maizena. Aduk-aduk hingga mengental dan meletup-letup.
2. Masukkan white cooking chocolate cincang. Aduk-aduk hingga coklat larut. Matikan api.
3. Masukkan kuning telur yang sudah dikocok lepas. Aduk rata. Nyalakan kembali api kecil. Masak hingga meletup-letup. Angkat dan matikan api. Masukkan margarin/butter dan vanilla. Aduk-aduk hingga licin. Selagi didinginkan, vla harus sering diaduk-aduk agar tidak berkulit. Selain itu bila vla diaduk-aduk hingga dingin maka vla akan cantik mengkilap dan licin. Siap dipakai.

Chocolate topping:
Dark chocolate, lelehkan
White chocolate, lelehkan

Penyelesaian:
Ambil choux/soes yang sudah dingin, isi dengan cheese custard filling, lakukan sampai habis.
Celupkan permukaan bagian atas kue ke dark chocolate cair, lakukan sampai habis. Biarkan coklat membeku kembali.
Coret-coret dengan white chocolate cair atau hias sesuai selera.


Nadhifa gak sabar nunggu kuenya matang. Bolak balik ke dapur nanya terus. Begitu kuenya lagi didinginkan di cooling rack dia sudah minta, akhirnya 2 buah kue plain belum diberi filling (vla-nya masih panas) langsung dimakan dengan lahapnya, hehehehee...
"Enak Nda kueh encusnya.", begitu katanya ^___^

9 comments:

Anonymous said...

muka nadhifa mirip banget ma pak ikin ya.. bundhanya ga kebagian jatah hehehe..

Lisa said...

Mbak, salam kenal ya....gemes deh mbak lihat si kecil nadhifa,imut & cantik :) aku ga tahan ga posting comment, hehehe.....aku jg punya anak cewek mbak, tp br setahun, blm bisa minta dibuatin kue, tp emang bundanya ga pandai buat kue, hehe....btw, aku copy resepnya di dapurku ya mbak....maklum lg belajar buat kue, berharap bisa menyenangkan hati suami dan gadis kecilku :) thx for share ya mbak....

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

Lisa, salam kenal kembali Mba Lisa. Iya silahkan Mba resep2nya dipergunakan. Semoga bisa dipergunakan untuk membahagiakan keluarga ya. Sun sayang untk si kecil :-*

Anita said...

Mbak ricke salam kenal juga ya,aq fans berat blogmu tapi baru kali ini kirim comment he.he.. Kue2mu itu lho mbak,cantik2 sekali kaya yg buat.mbak resepnya banyak yg aq copas buat aq praktekin ya mbak,smoga dirimu berkenan,mudah2an suatu saat aq jg bisa pinter masak&bikin kue kaya kamu ya,cubit gemes buat nadhifa^_^

Haniar said...

Halo mba Ricke, salam kenal ya... saya ini pemula dalam baking dan melihat blog ini, wah luar biasa bentuk kue2nya:) Mau tanya, dimana yah saya bisa beli spuit wilton seperti yg mba suka sebutkan di resep(ada nomor2nya yah?) Apa itu dijual seperangkat lengkap? Apa bisa dibeli online? makasih sebelumnya buat infonya:)

Salam,
Haniar

Cynthia Nadine said...

Mba Ricke, thanks ya postinganya. baru sekarang visit blog nya, pertama nyobain brownies nya, trus eclairnya. ternyata gak ada yang mengecewakan :), and jadi doyan visit blog nya mba ricke. once again, makasih banyak dan sukses selalu. semakin sering berbagi ilmu nya, semakin sukses :)

Syarifa Shrifa said...

Salem kenal Bunda, resep2nya mantap udah bbrp Kali nyoba terakhir saya buat resep apple pienya. Terus berkreasi ya Bun dan di tunggu kreasi berikutnya.

Syarifa Shrifa said...

Salem kenal Bunda, resep2nya mantap udah bbrp Kali nyoba terakhir saya buat resep apple pienya. Terus berkreasi ya Bun dan di tunggu kreasi berikutnya.

Metta Yapari said...

Hallo mbak Ricke, hari ini saya coba resep choux pastry mbak Ricke, yummyyyyy. Terimakasih sudah berbagi resepnya ya mbak, dannn sekalian mau minta ijin dong, untuk menaruh link blog mbak Ricke, di blog saya yaaa, terimakasih sebelumnya

Post a Comment