Thursday, January 12, 2012

LBT#12: HAPPY 1st ANNIVERSARY LBT ^____^


SAY IT WITH CUPCAKES!: PINK ROSES CUPCAKE BOUQUET

Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT, tak terasa, sudah setahun usia LBT, group yg saya bentuk bersama-sama dg Teh Vivi Nowotny, Teh Diah Raki dan Mba Dida Rachmadiah setahun yang lalu. *terharuuu...
Terima kasih sekali lagi pada Mba Yunita Amaliawati yang perna sempat menjadi bagian dari team LBT, dan juga Mba Maulina Nuryani yang kemudian bergabung dengan team LBT.
Terima kasih untuk teman-teman LBT-ers yang sudah bergabung di group dan bersama membangun LBT, semoga menjadi semakin solid dan bermanfaat untuk banyak orang, terutama yang punya minat dalam baking. Aamiin....
Peluuuukkkkkkk semuanyaaaaa..... \(^___^)/

Dalam rangka HUT LBT yg pertama ini, tema PR-nya adalah bernuansa ulang tahun/anniversary. Saya memilih untuk membuat cupcake bouquet yg dulu sempat mencoba belajar membuatnya tapi sudah lama tidak dipraktekan lagi.
Base cake-nya mengguanakan Red Velvet Cupcake. Resepnya sama saja dengan Red Velvet Cake yg pernah saya posting dulu, adaptasi dari resepnya Kang Yadi Hf.
Saya buat dengan menggunakan papercup Momma ukuran kecil, satu resep dapat 11 cupcakes. Klo pakai papercup Diva ukuran sedang bisa dapat 12 cupcakes.

Cupcakenya saya susun di pot plastik (beli baru lho ya, hihihiiii...) yang sudah diberi gabus khusus bunga dan dibungkus dengan kertas krep.
Sudah mati gaya banget stylingnya mau kayak gimana, ya udah cuma pake pita-pita aja dan kartu ucapan.
Terima kasih juga pada Mba Mae May Irianti atas inspirasinya ;)



RED VELVET CUPCAKE
by Ricke Indriani (source: Yadi Hf)

Cake
Bahan:
125 gram butter/margarin, suhu ruang
250 gram gula kastor (gula pasir halus)

2 butir telur ukuran besar
1 sdt vanilla

250 ml buttermilk*
2 sdt red food coloring**
---> Campurkan dan aduk rata

250 gram terigu protein rendah
15 gram coklat bubuk (gunakan coklat bubuk yang warnanya coklat kemerahan, jangan yang pekat/hitam)
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder

1 sdt cuka makan
1 sdt soda kue
---> Dicampurkan sesaat sebelum dimasukkan ke dalam adonan!

Cara membuat:
1.Panaskan oven 180'C (atau sesuai oven masing-masing). Siapkan papercup atau cetakan cupcake. Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, garam dan baking powder. Sisihkan.
3. Kocok butter sampai lembut. Masukkan gula kastor. Kocok kembali hingga mengembang (light and fluffy). Masukkan telur satu persatu, sambil dikocok rata. Masukkan vanilla, kocok rata.
4. Dengan mixer kecepatan rendah, masukkan campuran terigu bergantian dengan ampuran buttermilk sambil dikocok rata. Diawali dan diakhiri dengan campuran terigu. (Terigu dalam 3 bagian, buttermilk dalam 2 bagian). Matikan mixer.
5. Campurkan soda kue dan cuka makan (akan berdesis dan berbusa). Segera masukkan campuran ini ke dalam adonan. Aduk rata dengan spatula. Tuang ke dalam papercup atau cetakan cupcake setinggi 3/4 tinggi cetakan. Segera masukkan ke dalam oven.
6. Panggang sampai matang sekitar 25 menit, atau hingga matang dan permukaannya membal bila disentuh (springy to the touch). Dinginkan.

*Buttermilk homemade:
250 ml fresh milk atau UHT milk, hangatkan di atas api terlebih dahulu sebentajangan sampai panas banget atau mendidih.
Tambahkan 1 sdt cuka makan atau 1 sdm air jeruk nipis/lemon.
Aduk rata. Diamkan sekitar 5-10 menit. Susu akan 'pecah' menggumpal dan mengental seperti yogurt.
Siap digunakan.

**Bila mau pewarna alami, bisa menggunakan 1 buah beet, potong kecil-kecil kemudian diblender dengan 100 ml air. Saring. Masak di atas api hingga menyusut setengahnya sekitar 50-60 ml. Dinginkan. Untuk lebih mempertegas warna merahnya, bisa ditambahkan sedikit saja red food coloring.


Frostingnya saya menggunakan buttercream yang dicampur dengan cream cheese dan cheese spread, gak pake takaran karena mengira-ngira langsung cemplung trus dicicipi, hihihiiii... Buttercreamnya pun pakai sisa dari orderan kemarinnya :D
Diberi warna pink dan dibentuk rosette dengan spuit 1M. Dihias dengan detail dari fondant, untuk mempermanis tampilannya aja.


Foto diatas ini adalah pemandangan saat saya memotret. Motretnya sore2, matahari sudah gak begitu terang sinarnya, sedangkan diluar hujan gerimis. Hasil fotonya pun seadanya plus mati gaya :D

Adegan seperti ini sering banget saya alami, dan juga pasti teman2 yang lain juga sering mengalami, ketika memotret 'dibantuin' sama si kecil, hehehee...
Itu pita satu roll 'diudu...l2' semua, gula sprinkle ditumpahin dan diacak2, fondant dicuil2, plunger dimainin, bahkan Nadhifa sempat menyengool kursi tempat saya meletakkan kuenya, hampir tumbang deh itu kue, hwaaaaaa.... >__<

Sering juga dapet sharing dari teman2, ada yg mau dipotret kuenya ditinggal semenit aja udah dicomot sama si kecil, belum lagi si kecil nangis guling2 minta kue/makanan yg lagi dijadikan objek memotret, numpahin susu di karpet saat emaknya asyik memotret, dll.

Yah itulah seninya home food photography yang dilakukan para ibu rumah tangga. Selalu ada cerita menggemaskan ketika memotret, pun ketika proses membuat kue/masakannya.
Walaupun hasil foto2 saya masih sangat sederhana dan jauh dari sempurna, masih belajar terus dan berupaya menghilangkan rasa malas, hehehee...
Effort seperti inilah yang membuat kami para 'fotografer' makanan rumahan ingin foto2 kami bisa dihargai, jangan asal main copas dan menggunakannya tanpa izin, apalagi untuk tujuan komersil dan diakui sebagai miliknya.

Happy Anniversary LBT. Love you! ^______^

5 comments:

Melani W said...

Cantik Cupcakenya Mbak Ricke ^_^

Anonymous said...

cupcakes yg kreeennnn.... I proud to bunda nadhifa,meski kt ibu2 IRT yg sll repot tiada ahir dgn krucil2 yg bikin gemes tp tetep sll pgn b'karya so apapun hasilnya yg penting usahanya betul3x

Ale Ratna said...

Cantik banget mbak ricke bunga cupcakenya. mau nanya 1 hal boleh? itu nancepinnya pake apa ya? berarti cupnya bolong dong

Anonymous said...

kata siapa mba ricke fotonya biasa aja ? wuiiih... fotonya cantiiiiik banget kayak neng nadhifa... salut buat ibu RT yag pinter motret..

Hesti HH. said...

Belum kesampaian bikin ini mbak. Nggak tau udah project yang ke berapa, hehe.

Mbak aku ada award buat mbak. Semoga berkenan diterima. Silahkan dilihat di http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2012/09/awards.html

Post a Comment