Saturday, February 4, 2012

BROWNIES KUKUS GULUNG (STEAMED BROWNIE ROLL)


Ini browkuslung (halah singkatannya :D) yang saya buat kemarin buat teman minum teh dan santai dengan keluarga, pas banget saat hujan mengguyur seharian kemarin.
Masih hangat-hangat sudah dipotong, karena juragan sudah bolak balik nanyain ke dapur, hihihiiii... Jadi motongnya agak 'gradakan' karena cake-nya belum set banget.

Asli ini memang enak banget, lembut, manis, harum dan nyoklat pastinya. Lebih enak dengan yang beli di toko, hehehee... Saya suka banget deh pokoknya. Dipadu dengan olesan selai blueberry yang asem-asem seger, pas banget ^___^
Saat hujan ditemani dengan secangkir teh melati hangat dan sambil baca buku favorit, hmmmmm.....

Resepnya tetap menggunakan resep brownies kukus seperti biasanya (sudah sering saya posting resepnya) yang diadaptasi dari resep browkus Ny.Liem yang saya modifikasi.
Kunci sukses menggulungnya adalah gulung saat masih panas-panas. Takut tangan kepanasan? Tentu tidak, karena cakenya gak qta pegang-pegang kok, menggulungnya hanya butuh menarik kertas rotinya ke arah depan dan cakenya akan menggulung dengan sendirinya. Ini yang bikin suami saya kemarin terheran-heran saat melihat saya menggulung cakenya, xixixixiiiiii.... :D

Satu resep di bawah ini jadi 2 roll dg loyang kotak ukuran 28 cm atau 30 cm. Adonannya tipis-tipis saja agar mudah saat digulung.


Brownies Kukus Gulung
by Ricke Indriani (adapted from Ny.Liem)

Bahan:
6 butir telur ukuran besar
225 gram gula pasir
1/2 sdt emulsifier
1/4 sdt garam
1 sdt vanilla

125 gram terigu protein sedang
50 gram coklat bubuk
---> Campur dan ayak

125 ml minyak goreng
50 gram margarin/butter
100 gram dark chocolate, cincang
---> Lelehkan bersama, dinginkan sampai agak hangat

Filling:
Selai blueberry/strawberry, sesuai selera

Loyang:
2 buah loyang ukuran 28x28x3 cm atau 30x30x3 cm (hasil lebih tipis)

Cara membuat:
1. Panaskan kukusan/klakat. Bila menggunakan dandang biasa bungkus tutupnya dengan serbet.
2. Siapkan 2 buah loyang, olesi bawahnya dengan margarin, alasi dengan kertas roti, oles lagi dengan margarin. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir, emulsifier dan garam hingga mengembang, kental dan berjejak. Tambahkan vanilla, kocok rata.
4. Masukkan camuran terigu dan coklat sambil diaduk balik perlahan dengan spatula atau dengan mixer kecepatan paling rendah.
5. Masukkan campuran minyak goreng, margarin dan dark chocolate. Aduk balik dengan spatula sampai benar-benar merata.
6. Tuang ke dalam 2 buah loyang, kukus masing-masing adonan dengan api sedang cukup 10-12 menit. Angkat.
7. Panas-panas balikkan ke atas kertas roti yang ukurannya lebih besar dari cake. Olesi dengan filling. Segera gulung. Padatkan. Dinginkan, potong-potong dan sajikan.

Note: Menggulung browkus harus dalam keadaan masih panas karena cake masih lentur dan lembut untuk digulung. Karena saat dingin cake akan lebih memadat dan ketika digulung akan mudah patah.
Jika ingin diberi filling krim, gulung dahulu tanpa filling. Biarkan dingin. Kemudian buka gulungannya, olesi krim dan gulung kembali.


Selamat mencoba ^___^

10 comments:

Anonymous said...

mau tanya klo mao pesen kemana ya...,karna di blog ini ga ada nomor atau alamat nya,sekalian mau tanya2 harganya juga......bisa tolong di infokan ke email saya di dwi.herman17@yahoo.co.id

Mira Oktavianto said...

Bunda, penampakannya lembut bgt ya, ngilerrrr. Sukses terus ya, Bunda

CT Delima said...

As'salam Bunda Nadhifa

kelihatannya brownies kukus ni lembut banget. che ct boleh cuba nanti bila ada kelapangan ya. Tapi enggak ada kukus besar yang boleh dimasukkan loyang empat segi.

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

@ Dwi Herman: Mas Dwi lokasinya dimana? Di Serang kah? Pesannya bisa melalui email yg tercantum di side bar sebelah kanan Mas. Kemarin pasang no HP tapi ternyata banyak disalahgunakan orang. Maaf ya...

@ Mira: MAkasih sudah mampir ya Mira. Iya, empuk dan lembut banget Mba :)

@ Kak CT: Wa'alaikumsalaam. Iya, betul Kak, ini lembut dan empuk sangat. Boleh Kak, sila dicuba. Jika tak ada kukusan besar, Kak CT bisa gunakan loyang ukuran 22 x 22 x 3 cm. Hasilnya jadi sekitar 3 loyang Kak. Happy steaming Kak :)

winda wulandari said...

Bunda....trims ya tuk resep ma tipsnya, sangat berguna banget....uenak n lembyuttttt.....

Jefry said...

walau saya laki sya suka banget memasak apalagi mmebuat aneka kue
terima kasih atas resepnya

yanti said...

PUTRINYA LUCU DAN MENGGEMASKAN.

Anonymous said...

ketahanan browniesnya sampe brp hari mbak? kalo misalkan dibuat malem trus disajikan pagi apa masih enak?

Anonymous said...

bunda tolong infonya dooong,

aq mau buat kue ini untuk sodara yg punya hajat. kalau kuenya dibuat malem trus disimpen & dpake siangya bagaimana? caranya bagaimana, digulung dan diisi baru disempen ato ada cara yang lain??

kalau dbuat pagi g mungkin krn pas repot-repotnya ^_^

terimakasih untuk infonya ^_^

Anonymous said...

Mantap mbak browniesnya, aq dh nyobain...

Post a Comment