Tuesday, March 6, 2012

CUMI MASAK HITAM (CUMI MASAK TINTA)


Cumi masak hitam ini kegemaran suamiku, dia paling doyan deh klo cumi dimasak seperti ini. Walaupun dimasak yang lain juga doyan sih, hehehee...
Memang betul si tinta hitam dari cumi ini memberikan sensasi gurih yang berbeda. Jangankan cuminya, kuah bumbunya aja dimakan dengan nasi panas udah endaaaang bambang gulindang... *ngetik sambil ngencesss... :D

Ibu saya klo masak cumi seringnya ya dimasak hitam gini. Tapi saya sendiri agak jarang, seringnya dimasak kare atau jadi calamari ring alias cumi goreng tepung, heuheuheuu...
Agar tinta hitam si cumi tidak terbuang, hati-hati saat mencuci si cumi. Keluarkan kepala cumi dengan perlahan agar kantong tinta tidak pecah. Ini kemarin saya kemarin ada beberapa yang pecah akhirnya si tinta hanyut bersama aliran air keran, huhuuuu...

Saya lebih suka menggunakan cumi ukuran sedang, tidak terlalu kecil. Karena saat dimasak ukurannya akan mengecil dari ukuran awal.
Untuk memasak cumi agar dagingnya tidak keras alternatifnya ada 2, yaitu dimasak secara singkat sekali atau lama sekali.
Klo mau singkat, gunakan api yang besar, sambil sesekali diaduk agar tidak gosong. Klo mau lama, gunakan api kecil saja dan biarkan hingga air berkurang dan bumbu meresap.

Resepnya asal cemplung aja, nyontek dari pengalaman melihat Ibu masak di dapur, hehehee... Bumbunya cuma iris-iris dan geprek-geprek aja. Praktis ;)

Cumi Masak Hitam (Cumi Masak Tinta)
by Ricke Indriani

Bahan:
500 gram cumi ukuran sedang
Air jeruk nipis sedikit
Garam sedikit (1/4 sdt)

6 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
1 cm lengkuas, digeprek
1 cm jahe, digeprek
1 batang serai, digeprek
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk, sobek sobek
Cabai hijau secukupnya, iris serong (saya gak pakai soalnya biar Dhifa bisa ikutan makan juga), ibu saya biasanya pakai

3/4 sdt garam
3/4 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir

Sedikit air untuk meresapkan bumbu, sekitar 100 ml
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
1. Cumi dicuci bersih. Hati-hati jaga agar kantong tinta jangan pecah. Keluarkan kepala cumi dengan perlahan. Buang tulang rawan di bagian punggung cumi. Tiriskan. Lumuri air jeruk nipis dan garam. Sisihkan dan diamkan 15 menit.
2. Panaskan minyak goreng. Tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, serai, daun salam dan daun jeruk hingga harum. Masukkan cabai hijau, tumis sebentar.
3. Masukkan cumi. Aduk rata hingga cumi agak mengkerut. Tambahkan air, garam, kaldu bubuk, merica bubuk dan gula pasir. Masak hingga kuah berkurang dan mengental. Cicipi. Angkat dan sajikan.

Selamat mencoba ^___^

10 comments:

Nuridah said...

sedapnya nampak cumi tu...bikin lapar nih...hahah.

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

@ Nuridah: Thank you. Memang sedap sangat. My husband like it so much :)

bwids said...

nyammmm

BOROBUDUR BOUTIQUE ONLINE said...

saya barusan selesai masak cumi ini rasanya sedapppppp.makasih yg but resep ini yahhhh.kita tunggu resep resep berikutnya>have a nice dayyyy

resep masakan said...

mba yang cantik, kalomakan cumi tapi ngga suka dengan warna hitam nya, bisa tidak ya kita pakai pewarna makanan supaya cumi jadi lebih enak di lihat. hhehee..

Mami Nieta said...

bund,bukanny bumbu di uleg smua,.kok di tumis,thx

Mami Nieta said...

di ksih air apa gk sih bund,.cumi kan uda kluar air

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

Klo Mba biasa bikin bumbu diuleg ya silahkan Mba, cara memasak gak ada patokan, mau diuleg boleh, mau cuma diiris2 boleh, mau ditumis boleh, mau langsung dimasukin boleh. Yang penting enak, hehee... Masak memang banyak variasinya, berbeda dengan membuat kue yg ada patokan resep yang pasti :)

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

wah, saya belum pernah Mba masak cumi dipakein pewarna, hihiii... Klo gak dipakein tinta ya dicuci bersih Mba, tapi bukan masak hitam lagi namanya. Coba Mba lihat resep yg lain Mba, seperti gulai cumi yg pernah saya posting juga, enak juga Mba :)

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

Pakein air boleh, gak dipakein silahkan.

Post a Comment