Friday, September 14, 2012

BLACK FOREST CAKE FOR OUR LITTLE FAMILY ^___^



Black forest cake ini bikinnya sudah bulan Juli yang lalu, sebelum Ramadhan tiba. Biasa deh keseringan telat posting karena penyakit malas alias blogging blue, hikkzzz... :(
Rasanya sudah lamaaaaaa gak makan black forest cake buatan sendiri, padahal sering banget bikin buat pesanan. Apa daya berasa sudah 'kenyang' sama kue buatan sendiri. Tapi entahlah tiba-tiba kok beberapa hari terbayang-bayang pengen makan black forest. Akhirnya ngumpulin niat dan semangat buat bikinnya, alhamdulillah jadi juga, hehehee... :D

Karena untuk dimakan sendiri jadi bikinnya setengah resep saja untuk loyang ukuran 18 cm. Itupun hampir setengah dari cake sudah dibagi-bagi, heuheuheuuu... Maklum keluarga kecil cuma bertiga.
Kali ini base cakenya pakai resep sponge cake coklat Yongki yang lembut. Pakai filling whipped cream dan vla dark cherry plus potongan buah dark cherry-nya. Kebetulan banget masih ada dark cherry setengah kaleng sisa bikin orderan, jadi harus segera dihabiskan karena jika terlalu lama disimpan setelah dibuka dari kalengnya si dark cherry cepat rusaknya.

Nadhifa senang banget dan yang pasti suka banget dengan cakenya. Karena lembut dan juga ada whipped cream dinginnya, hehehee... Cherry merah buat garnishnya cuma pake 2 biji dan strawberry 2 biji juga, irit banget ya :D, sayang ahhh buat orderan aja, hihihiihiii... Jadinya buat pemanis tampilan aja biar gak sepi. *dasar bakul kue! :D

Anyway, please follow the instruction carefully ya... Sponge cake resep Yongki ini lembut teksturnya, jadi cocoknya dipanggang dengan loyang terpisah (3 buah loyang pendek). Tidak cocok dipanggang langsung sekaligus dengan loyang tinggi, tidak kokoh cakenya, nanti hasil akhir cakenya akan mimpes setelah keluar oven jadi tidak maksimal untuk dibelah menjadi 3 bagian.



Resep dibawah ini adalah 1 resep full ya, untuk 3 buah loyang ukuran sekitar 24 cm. Karena saya cuma bikin ukuran 18 cm jadi pakai setengah resep di bawah ini.

Black Forest Cake
by Ricke Indriani

Bahan Chcocolate Sponge Cake (by Yongki Gunawan):
8 kuning telur
7 telur antero (telur utuh)
200 gram gula pasir halus
15 gram cake emulsifier
1 sdt vanilla
100 gram terigu protein sedang
25 gram maizena
25 gram coklat bubuk
15 gram susu bubuk full cream
150 gram margarin/butter, lelehkan
1-2 sdm chocolate pasta black forest (optional)

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180'C. Siapkan 3 buah loyang ukuran 24 cm, olesi dengan margarin/minyak oles loyang, alasi bawahnya dengan kertas roti/baking paper, olesi lagi dengan margarin/minyak oles loyang. Sisihkan.
2. Kocok kuning telur, telur utuh, gula pasir dan cake emulsifier hingga mengembang dan kental berjejak.
3. Masukkan campuran terigu, maizena, susu bubuk dan vanilla yang sudah diayak secara bertahap. Aduk balik dengan spatula atau mixer kecepatan rendah sampai tercampur rata.
4. Masukkan margarin/butter leleh dan chocolate pasta black forest. Aduk balik dengan spatula hingga benar-benar tercampur rata dan homogen.
5. Tuang ke dalam 3 buah loyang yang sudah disiapkan dengan sama rata.
6. Panggang dalam oven sampai matang, sekitar 25 menit hingga permukaannya tidak lengket dan membal saat disentuh.
7. keluarkan dari oven, segera keluarkan dari loyang dan dinginkan.

Light Simple Syrup:
100 gram gula pasir
300 ml air

Cara membuat:
Campur gula pasir dan air, panaskan dengan api kecil tanpa diaduk hingga seluruh gula larut. Matikan api. Aduk-aduk dan dinginkan. Pakai sesuai keperluan jumlahnya.

Vla Dark Cherry:
1 kaleng dark cherry, pisahkan buah dan airnya
300 ml air dark cherry (air dark cherry kalengan ditambah air sampai 300 ml)
50 gram gula pasir
3 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air dark cherry

Cara membuat:
1. Belah dua buah dark cherry. Sisihkan.
2. Masak air dark cherry dan gula pasir hingga mendidih. Kecilkan api. Masukkan larutan maizena. Aduk-aduk dan masak hingga mengental dan meletup-letup. Matikan api.
3. Masukkan potongan buah dark cherry. Aduk rata. Dinginkan.




Bahan lain:
500 ml whip cream cair dingin, kocok kaku (atau 200 gram whip cream bubuk + 400 ml air es, kocok kaku)
Dark cooking chocolate
Red cherry, strawberry untuk garnish

Penyesaian:
Ambil selembar cake, letakkan di cake board atau piring datar. Perciki dengan simple syrup. Beri whipped cream dan vla dark cherry. Tutup kembali dengan selembar cake, ulang proses yang sama sampai lembar cake ketiga, basahi dengan simple syrup kembali.
Cover dengan polesan whipped cream, beri dark coocing chocolate. Hias dengan red cherry atau buah lain sesuai selera. Simpan cake di suhu dingin sebelum disajikan.




Selamat mencoba, happy baking all! ^___^

13 comments:

Oey Hanie Kusmana said...

Cantik banget blackforestnya mbak, buat pagar coklatnya gimana caranya? pake plastik mika or pake cetakan? thanks.

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

Oey hanie, pakai plastik mika aja Mba, diratakan satu persatu pakai punggung sendok. Simple kok Mba :0

yunita fitriani said...

mba,share lebih banyak step by step bikin coklat utk dekor dong...

Uthie Rizal said...

Mbak, aku nyontek resep nya... enaaakkk kalee
thanks ya mbk....

Dan AZ said...

Mbak, saya baru punya satu cetakan. Jadi susah kalo mau bikin kue berlayer banyak kayak gini. Bisa tidak kalo adonannya didiamkan dulu saat adonan pertama dipanggang, mbak?
Kalau untuk rainbow cake gimana, mbak?
hatur nuhun atas jawabannya, mbak...
Barokallah untuk mbak sekeluarga...
^___^

Anonymous said...

biarpun sya g pnya blog tp sya suka baca2 blog org trutama ttg cake..
Kbetulan sy lg ada orderan black forest seminggu lg..di bookmark aj y mba ricke :)
haturnuhun resep'a t' ricke moga ditambah ilmu'a
oia klo blh tnya,klo buttermilk itu wujud'a kya ap?apa kaya susu?atau harus cmpur bhn2 lain spy jd buttermilk?mf sy msh baru di bid. Cake

Ryo Nida said...

mbak,minta resepnya yah..
makasih.. ^^

Ryo Nida said...

mbak,ijin nyatet resep yah..
makasih.. ^^

Ryo Nida said...

ijin nyatet resepnya ya mbak,,,
makasih.. ^^

Oey Hanie Kusmana said...

Mba Ricke,makasih infonya, tapi sy gak PD klo pakai mika, pake sendok hehe, blom pengalaman..akhirnya pake cetakan plastik TCC68 ;)trus gmn caranya supaya kocokan whipped cream bagus/kaku,klo saya buat awalnya bagus, kaku tapi gak lama agak mencair jd dekornya agak meleleh gitu mba :'(

Anonymous said...

Good Job ... thanks for share and God bless you :)

Anonymous said...

mba ricke aku mau tnya,kmrn smpet bikin black forest,hias pke wripped cream bubuk..ud kocok kaku kok wktu dihias di cake yg uda dingin tetep meleleh y?mohon pencerahannya..thx

Yuli Bolang said...

@mb ricke: 2hr gi ultah anakku krn bhn ny u/ toping isiny black cherry disini ga ad jd aku akalin pakai red cherry+selai blueberry maksa ya.. Trus luar u/ polesanny aku pakai butter cream yg diksh warna biru+ fondant u/ tempelan hiasan atasny aku pakai mainan spiderman.. Maksa banget ya.. Loyang ku hanya 1 jd gantian dweh.. Tp ga gagal pdhal jg tdk pakai pasta black florest krn tdk ada.. Hanya coklat bubuk black florest maklum hanya ad 1toko bahan kue di gianyar bali.. Klo denpAsar banyak.. Tp thanks ya..^^

Post a Comment