Saturday, September 15, 2012

LBT#17: UPSIDE-DOWN CAKE



PR LBT#17 kali ini temanya Upside-Down Cake, cake yang disajikan secara terbalik, bagian bawah yang sudah diberi topping menjadi bagian atasnya. Yang terkenal memang pineapple upside-down cake yang sangat famous di Amerika.
Biasanya menggunakan base cake butter cake type, karena adonannya yang kokoh utk mengikat topping dengan baik.
Sebenarnya ada keuntungan membuat cake ini, kita tidak perlu repot-repot memberi frosting seperti buttercream atau whipped cream untuk menempelkan toppingnya, toppingnya udah nempel dengan cantik pada cakenya :D
PR LBT kali ini host-nya saya sendiri dan Teh Aya Ria Ningsih.

PR-nya baru dikerjakan tadi siang, kemarin-kemarin selalu gak sempat karena sibuk mengerjakan pesanan, antar jemput Nadhifa, dan urusan lainnya.
Ide mau pakai base cake-nya Japanese Cheese Cake (JCC) juga baru muncul tadi pagi. Karena Abinya Nadhifa dan Nadhifa doyan banget sama JCC jadi nekat deh bikin upside-down cake pake base cake JCC. Sempat ragu tadinya bisa gak yaaa... Secara JCC kan lembut banget cakenya, bisa gak ya mengikat si toppingnya ini. Hmmmm... Ya sudah nekaaattt saja deh, klo gagal ya sudah anda belum beruntung silahkan dicoba lagi, hihiihihiiii.... :P
Pake buah peach kalengan masih ada sisa dari dibuka pas bikin pesanan. Dimanfaatkan saja buat toppingnya. Karena peach warnanya sudah kuning orange, dan JCC pun warna cakenya kuning. Jadinya pengen bikin cake dengan warna yang kontras dengan toppingnya. Jadilah si JCC diberi rasa pandan ijo royo-royo, heuheuheuu...

Pas cakenya jadi alhamdulillah 90% berhasil, kenapa dibilang 90% berhasil? Soalnya toppingnya ada 4 biji yang nempel di loyang :D
Akhirnya ya ditempelin aja lagi ke cakenya, hihiihihihiiii... Lumayan lah, paling enggak toppingnya gak copot semua tetep nempel di posisinya, alhamdulillah :)
Saya pakai resep JCC yang saya konversi untuk loyang ukuran 18 cm saja, sengaja bikin porsi kecil biar cakenya cepet habis, secara di rumah cuma bertiga.
Anyway, saya sengaja tambahkan keju cheddar parut juga agar rasa gurih kejunya lebih berasa karena saya cuma pakai cream cheese yang light, cream cheese yang biasa dipake sayang euy buat pesanan aja, qiqiqiqiiii....



PEACH UPSIDE-DOWN PANDAN JAPANESE CHEESE CAKE
by Ricke Indriani

Bahan:
125 gram cream cheese, suhu ruang
30 gram butter/margarin
60 ml fresh cream/whip cream cair
50 gram keju cheddar, parut halus

30 gram terigu protein sedang/all purpose flour
20 gram maizena
3 kuning telur
1 sdt pasta pandan

3 putih telur
70 gram gula pasir
1/8 sdt garam
1 sdt air jeruk lemon/nipis

Peach kalengan secukupnya, iris sesuai keperluan.

Cara membuat:
1. Panaskan oven 160'C. Siapkan loyang bulat diameter 18 cm olesi bawahnya dengan margarin, alasi kertas roti dan olesi kembali dengan margarin. Bila menggunakan loyang yg ada sambungannya atau loyang springform bungkus bagian luar loyang dengan alumunium foil agar air au bain marie tidak merembes masuk ke dalam loyang, double wrap bila perlu.
2. Tata peach di bagian bawah loyang, usahakan serapat mungkin agar adonan tidak mengisi sela-sela topping. Sisihkan.
3. Panaskan cream cheese, butter, fresh cream/whip cream cair dan keju cheddar parut di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga lembut dan rata. Matikan api.
4. Masukkan terigu dan maizena yang sudah diayak, aduk rata. Masukkan kuning telur. Aduk rata. Masukkan pasta pandan. Aduk rata. Sisihkan.
5. Di wadah terpisah, kocok putih telur, garam dan air jeruk lemon/nipis sampai berbusa. Masukkan gula bertahap sambil terus dikocok hingga mengembang soft peak.
6. Ambil 1/3 bagian adonan putih telur. Campur dengan adonan cream cheese. Aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur. Aduk balik hingga rata. Jangan terlalu lama mengaduk.
7. Tuang ke loyang, panggang dengan cara au bain marie dengan loyang lain berisi sedikit air. Hingga matang dan permukaannya kecoklatan dan membal bila disentuh.
8. Keluarkan dari oven, biarkan tetap dalam loyang hingga agak hangat. keluarkan dengan cara dibalikkan ke piring saji. Dinginkan. Potong-potong dan sajikan.

Selamat mencoba :)

1 comment:

Bintu Qusyairy said...

mba' klo saya mau pakai loyang bulat 20cm biar jadinya lebih banyak, berapa ya takaran bahannya?

Post a Comment