Thursday, October 4, 2012

RAINBOW PUDDING



Postingan telat buangetttt... *lagu lama, sambil nutupin muka pake loyang :D
Bikinnya udah lama, pas bulan Ramadhan kemarin, heuheuehuuu... Di Facebook sudah diupload gak lama setelah dibikin, tapi ternyata baru sadar klo di blog belum diposting, hihihiiii... Gak apa-apa lah ya, lebih baik telat daripada tidak sama sekali. *ngeles :P

Asli bikin pudding ini harus ekstra sabar dan telaten, klo gak telaten hasilnya amburadul deh. Gimana gak ekstra sabar, puddingnya ada 12 lapis (6 lapis pudding bening dan 6 lapis pudding susu), nuangnya harus perlahan dan sesendok demi sesendok agar lapisan di bawahnya gak jebol (karena belum beku, hanya berkulit saja). Gosh, its really need a big effort and to make this colorful pudding! Time consuming indeed. *sigh
Bahannya sih simple aja dan rasanya juga sama saja seperti pudding biasa. Agar lebih istimewa, bisa disajikan dengan vla yang diberi rasa semisal vla durian atau vla coklat juga boleh :)
Thanks to Mba Enno Alura Kurniawan buat inspirasinya, hebat deh dirimu sering bikin pesanan si rainbow pudding ini, hehehee...




Rainbow Pudding
by Ricke Indriani

Bahan pudding bening:
1 bungkus agar-agar plain (putih)
135 gram gula pasir (atau sesuai selera manisnya)
1 liter air
2 lembar daun pandan, sobek-sobek (optional saja, biar wangi)

Bahan pudding susu:
1 bungkus agar-agar plain (putih)
135 gram gula pasir (atau sesuai selera manisnya)
1 liter susu cair plain
1 sdt vanilla

Pewarna makanan: merah, orange, kuning, hijau, biru, ungu. Cukup sekitar 1-2 tetes per layer atau sesuai keperluan.

Cara membuat:
1. Masak pudding bening dan pudding susu bersamaan dalam panci terpisah hingga mendidih, kemudian kecilkan api hingga yang paling kecil, cukup untuk menjaga pudding tetap panas.
2. Siapkan loyang/cetakan pudding, basahi dengan air matang.
3. Ambil 150 ml pudding bening, beri pewarna merah secukupnya. Tuang ke loyang. Diamkan hingga pudding berkulit bagian atasnya, jika disentuh dengan jari sudah tidak menempel tapi pudding masih belum beku. Ambil 150 ml pudding susu, beri pewarna merah secukupnya. Tuang di atas pudding bening tadi secara perlahan sesendok demi sesendok dengan jarak dekat dengan permukaan pudding sebelumnya agar lapisan pudding di bawahnya tidak jebol/bocor.
4. Lakukan sampai warna terakhir dengan cara yang sama. Bekukan dalam kulkas. Keluarkan dari loyang/cetakan. Sajikan.

Selamat mencoba, sambil menguji kesabaran dan ketelatenan :D

9 comments:

CT Delima said...

As'salam Ricke

k.ct udah lama ingin buat puding seperti ini, namun belum kesampaian. hari ni k.ct mohon izin ya ambil resepnya mahu dicoba, makasih ya :)

moga diberkati ilmunya juga..Aminn

eighty said...

Assalamualaikum ricke

I've tried your Rainbow Cake recipe for my kids birthday celebration at school. Truly delicious. Thanks for sharing. I'm sure to make this lovely pudding next.

Dan AZ said...

yesss....
Alhamdulillah berhasil bikin rainbow pudding pake resep mbak Ricke.
Syukron resepnya, mbak...
^_^

Anonymous said...

assalamu'alaykum mbak ricke salam kenal ya.. sy sering maen kesini tp blm pernah coba bikin hehe..ijin nyontek resep2nya ya...mbak pewarna yg dipake untuk puding dr merk apa? sama ga sih utk rainbow cake? soalnya kl warnanya ga ngejreng gini kan ga oke.syukron mbak.

Tessa Visuvius said...

Blognya sangat inspiratif sekali..
Baru liat gambar pudingnya aja udh ngiler, gmn liat lgsg.

Klo mo pesen lgsg bs ga? rmh kakak Serangnya dmn? aq di Serdang-Kramatwatu.

Anonymous said...

Halo, Teh Ricke
Resep rainbow cake-nya sudah saya coba 2 kali.Sukses,mantap,dan yg pasti enak.

Trima kasih banyak.
Anna

Anonymous said...

makasih resepnya ya mbak...udah cb nie n hasilnya not bad....meski layernya ga bs sebagus ini,tp rasanya yummy bgt....hehehehe alhamdulillah klrga suka smua,terutama keponakan2 kecil.... makasih

Anonymous said...

Assalammualaikum Teh Ricke...
Mohon izin nyontek resepnya ya :D
Penampakannya menggiurkan,hehhehe...mudah2an bs ekstra sabar :D spy bs berhasil sm kyk yg di gambar...cantik perpaduan warnanya..
Makasih Teh Ricke atas sharing resep2nya... :)
Nita

Anonymous said...

makasih resepnya ya mbak....... udah di coba hasilnya bagus baget banyak yg suka..... mohon izin nyontek resep2 yang lain ya mbak...
pengen bgt pinter bikin kue kyk mbak..... :)

Post a Comment