Monday, January 30, 2012

3 TIER WEDDING CAKE FOR APRI & DEDE


3 tier wedding cake ini juga untuk pernikahan Apri & Dede.
Lumayan mendadak project bikin wedding cake ini, karena tadinya pesan cake-nya tidak bertingkat tapi hanya 1 buah cake ukuran besar saja. Tapi menjelang hari H ternyata sang calon pengantin minta cakenya dibuat 3 tingkat, bernuansa putih, biru dan mocca.
Sedikit grasak grusuk juga tapi alhamdulillah bisa selesai juga.

Base cake-nya chocolate cake, dengan filling selai blueberry dan buttercream sesuai permintaan. Masing-masing cake dibuat 2 layers.
Tadinya sempat bingung karena biasanya saya menggunakan dowel panjang setinggi cake keseluruhan untuk penopang di tengah-tengah cakenya, tapi sedang tidak punya dan juga mau minta tolong buatkan ke Abi tapi sedang lumayan sibuk juga.
Akhirnya memakai 2 dowel terpisah seperti saran Mba Intan Bayduri, terimakasih idenya ya Mba ^__^
Sempat diskusi juga dengan Teh Siti Maryam, karena saya lagi benar-benar blank mau didekor seperti apa cakenya. Hampir setiap hari dalam seminggu itu mengerjakan dekorasi cake jadinya pas weekend sudah mentok bingung banget, hihihiiii...


Waktu membawa cake ini dari Serang ke Cilegon saya udah kayak orang mau melahirkan, khawatir banget, xixixixiiii... Karena saya biasanya gak pernah lihat saat cake dibawa di perjalanan, kali ini saya melihat sendiri, deg-degan banget, apalagi pas mobil melintasi jalan layang, hwaaa takut ambruk kuenyaaa, apalagi pengalaman pertama gak pake dowel panjang. Syukur alhamdulillah selamat sampai di tujuan ^___^

Untuk Apri dan Dede, selamat berbahagia, barakallah atas pernikahannya. Semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah. Dikaruniai keturunan yang sholeh dan sholehah. Langgeng hingga akhir hayat. Aamiin....
Terima kasih juga atas orderannya ya ^___^

WEDDING CUPCAKE SET FOR APRI & DEDE




Wedding Cupcake Set ini dipesan untuk hantaran pada hari akad pernikahan Apri & Dede.
Base cake-nya devil's chocolate cake. Mau bikin figurine orang masih khawatir akan lemes/meleyot karena pas bikin ini sedang sering turun hujan dan cupcake-nya mau dibawa dari Serang ke Cilegon.
Bikin cupcake yang pertama (yang di tengah) itu aja udah sempat lembab dan keringetan fondant-nya. Langsung ditaruh di ruang AC alhamdulillah bisa kering lagi.

Alhamdulillah katanya cupcakenya cantik dan enak. Pada rebutan dan katanya kurang pesennya, hihihiii... Yang anak-anak aja malah gak kebagian keduluan diambil para emak-emak cupcake-nya :D

Selain cupcake set ini Apri juga memesan wedding cake 3 tingkat untuk hari resepsi pernikahannya yg diselenggarakan keesokan harinya setelah hari akad. Saya posting setelah ini.

Makasih orderannya ya say. Doaku untukmu dan suami, semoga menjadi keluarga yang samara, langgeng hingga akhir hayat dan diberikan keturunan yang sholeh dan sholehah. Aamiin...

Sunday, January 29, 2012

SNACK NAMPAN, ETC

Saya sering kali merasa malas untuk mengedit foto dan mengupload-nya ke blog ataupun Facebook. Selain karena penyakit lupa, juga karena sudah merasa capek mengerjakan orderan jadi banyaaaakkkkk sekali foto-foto kue orderan yang hanya nangkring di folder komputer tapi gak diapa-apain -___-
Malah lebih sering lagi banyak orderan yang langsung 'melayang' ke pemesan masing-masing tanpa sempat diabadikan, hehee... Gak apa-apa lah yang penting pembayaran sudah beres, xixixixiiiii....

Ini ada beberapa foto kue orderan yang sempat saya edit dan upload. Sebenarnya saya sekarang sudah membatasi membuat kue-kue jajan pasar atau snack apalagi dalam jumlah besar. Sudah susah mengatur waktunya, hikzzz... Jadi hanya sesekali aja menerima orderan snack jajan pasar. Skarang lebih fokus ke kue-kue besar dan klappertaart. Enjoy the pics! ^___^

Snack nampan untuk hantaran ke Ibu Gubernur, dipesan oleh BKPD Banten.
Kroket kentang sayuran, kue lumpur cassava pandan (memakai tepung mocaf), dan brownies kukus ketan hitam.

Klappertaart talas beneng dan cassava brownies untuk buah tangan Bapak Wakil Gubernur.

Bolu gulung ketan hitam dan cassva brownies pesanan Bu Eneng untuk buah tangan temannya dari luar kota yang sedang ada di Jakarta.

Tuesday, January 24, 2012

DEVIL'S FOOD CAKE FOR PAK GANDUNG


Pesanan ini pesanan dadakan dari Mbak Asri di Semarang yang menemukan blog saya saat sedang browsing di google.
Mbak Asri memesan cake untuk dikirimkan ke temannya yang bertugas di Polda Banten yaitu Pak Gandung.

Tadinya saya ragu saat akan menerima pesanan ini karena saya sedang benar-benar full orderan kue dan juga harus belanja beberapa bahan kue yang sudah habis stoknya.
Tapi bismillah saya terima saja karena Mbak Asri pesan dari jauh dan sangat ingin mengirimkan kue untuk Pak Gandung.

Saya tawarkan DFC ini, alhamdulillah Mbak Asri berkenan, tapi request dekornya diberi sentuhan warna putih, biasaya kan DFC benar-benar nuansa full coklat.
Tadinya ingin menggunakan topping buah, tapi di rumah stok buah-buahan sedang kosong semua. Maaf ya Mbak :)


Setelah bertemu dengan Pak Gandung, alhamdulillah beliau baik dan ramah sekali orangnya. Terlihat senang sekali menerima kiriman kue walau awalnya beliau tidak tau itu kiriman kue dari siapa dan sempat bilang kalau beliau tidak pernah pesan kue, hihihiiii....
Dapat kabar kalau beliau sangat berkenan dengan kuenya dan enak. Alhamdulillah...

Terima kasih pesanannya ya Mbak Asri. Semoga harapan ke depannya terwujud. Aamiin... :)

Monday, January 23, 2012

AMERICAN RISOLES (AMRIS)


Seminggu yang lalu ada pesanan amris, karena suami doyan sekali snack gurih seperti ini, jadi bikinnya dilebihkan untuk juragan di rumah :)
Foto pesanannya malah gak sempat terfoto karena pas lagi dipacking si pemesan sudah mau sampe rumah menjemput risolesnya. Semoga berkenan dengan amrisnya ya Bu Nurul :)

Snack gurih yang di Amerika sendiri gak ada yang namanya risoles, hehehee... Mungkin karena isinya yang bergaya 'bule' yaitu terdiri dari smoked beef/sosis, potongan keju, telur rebus dan mayonaise jadi disebut american risoles ^___^
Pertama tau soal amris ini dari NCC, snack yummy yang satu ini langsung jadi idola banyak orang.
Biasanya risoles berisi ragout sayuran, versi amris ini membuatnya jadi lebih mudah, karena qta tidak perlu repot membuat ragoutnya terlebih dahulu, dan juga lebih tahan lama ketimbang risoles yang berisi ragout. Amris ini juga bisa disimpan beku dalam freezer (frozen amris) setelah dipanir, masih fresh dikonsumsi selama minimal sekitar 3 hari ke depan.

Resep kulit risolesnya saya dulu adaptasi dari tabloid Saji (sudah lama sekitar 2-3 tahun yang lalu klo gak salah), tetapi saya modifikasi sendiri supaya lebih sesuai dengan yang saya inginkan. Resep kulit ini bisa dipakai untuk risoles apa saja.


American Risoles
by Ricke Indriani

Bahan kulit:
100 gram terigu protein tinggi (saya lebih suka pakai terigu protein tinggi karena hasilnya lebih lentur, tapi bisa juga menggunakan terigu protein sedang)
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 butir telur
300 ml susu cair
1/2 sdm margarin dilelehkan atau 1 sdm minyak goreng

Isi:
Smoked beef, diiris atau sosis dipotong memanjang
Keju cheddar, dipotong memanjang
Telur rebus, dipotong memanjang
Selada, bila suka
Mayoinase

Pelapis:
2 butir telur, kocok lepas
Tepung panir/bread crumbs secukupnya

Pelengkap:
Saus tomat
Saus sambal

Cara membuat:
1. Ayak terigu dan taruh dalam wadah. Beri garam dan merica bubuk, aduk rata. Buat lubang di tengah2 terigu, masukkan telur, aduk dengan menggunakan hand whisk. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai adonan benar-benar mulus dan tidak ada yang bergerindil. Saring bila perlu. Masukkan margarin cair. Aduk rata.
2. Panaskan wajan datar anti lengket dengan api kecil. Buat dadar tipis-tipis (sekitar 1 sendok sayur per 1 lembar). Masak sebentar hingga permukaannya tidak lengket. Angkat. Lakukan sampai habis.
3. Ambil selembar kulit, tata bahan isi, lipat dan gulung. Lakukan sampai habis.
4. Gulingkan ke tepung panir, celupkan ke kocokan telur, gulingkan lagi ke tepung panir. Lakukan sampai habis.
5. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Hidangkan dengan saus tomat dan saus sambal.

Hasil: 12-14 buah risoles

Salam risoles ^___^

WHITE & PURPLE RVC FOR RERE



Orderan jeunk Seffi untuk ultah putri cantiknya Rere yang ke-4 tahun.
Base cakenya Red Velvet Cake (RVC), didekor nuansa putih dan ungu. Request dekornya minimalis aja, jangan childish alias kekanak-kanakan, hihihiii... Ya sudah jadinya seperti ini.
Alhamdulillah berkenan, Rere sampe jilat-jilatin krimnya katanya, hehee...

Terima kasih orderannya ya. Semoga Rere tumbuh menjadi anak yang cerdas dan sehat selalu. Aamiin...
Mamanya juga sehat-sehat ya say... ^___^

Thursday, January 19, 2012

ECLAIRS WITH CHEESE CUSTARD FILLING


Kemarin ada pesanan eclairs, yah klo Nadhifa sih lihat ada kue 'encus' kesukaannya ya pasti ribut minta jatah :D
Ya sudah saya lebihkan setengah resep deh bikinnya, buat jatah 'preman imut' di rumah, qiqiqiqiiiii....

Resepnya sama saja seperti resep Soes Vla Keju yang pernah saya posting dulu, bisa dilihat disini.

Tapi fillingnya gak saya kasih taburan keju parut lagi, dan tinggal dicelup ke dark choholate cair permukaannya, coret-coret dengan white chocolate. Atau bisa juga dicelup ke chocolate ganache yang cair, lebih maknyus lagi, hehehee... Sesuaikan dengan selera saja.



Resepnya saya tulis lagi ya...

Eclairs with Cheese Custard Filling
by Ricke Indriani

Bahan choux pastry:
200 ml air
100 gram margarin atau salted butter
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
125 gram terigu (bisa pakai protein sedang/all purpose, bisa pakai protein tinggi, atau kombinasi keduanya)
3 butir telur ukuran besar (jika kecil pakai 4 butir), kocok lepas
Kantong segitiga (piping bag) dan spuit bintang (saya pakai spuit no.22)

Cara membuat:
1. Campur air, margarin/butter, garam dan gula pasir. Didihkan di atas api kecil.
2. Matikan api, masukkan terigu yang sudah diayak. Aduk rata dengan sendok kayu hingga tercampur dengan baik. Nyalakan kembali api kecil saja, masak adonan sambil diaduk-aduk hingga kalis (adonan sudah tidak menempel lagi di panci). Angkat dan dinginkan.
3. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas sedikit demi sedikit secara bertahap sambil adonan dimixer dengan kecepatan rendah. Jika dirasa adonan sudah cukup lembut untuk dispuit dan telur masih bersisa, hentikan penambahan telur karena adonan akan terlalu cair dan susah untuk dispuit.
4. Masukkan adonan ke dalam kantong segitiga. Spuitkan memanjang ke atas loyang yang telah dioles margarin tipis. Beri jarak yang cukup satu sama lain.
5. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 200'C selama kurang lebih 30 menit. Sesuaikan dengan oven masing-masing. Jika terlihat adonan sudah mengembang kokoh, kuning kecoklatan dan busa yang terdapat pada adonan sudah hilang berarti kue sudah matang dan siap dikeluarkan.
6. Dinginkan di rak kawat.

Cheese custard filling:
250 ml susu cair
25 gram gula pasir
1/8 sdt garam
50 gram keju cheddar, parut halus
30 gram maizena, larutkan dengan sedikit air
50 gram white cooking chocolate, cincang
1 kuning telur, kocok lepas
1 sdm margarin/butter
1/2 sdt vanilla (saya pakai bubuk vanilla susu L'Arome)

Cara membuat:
1. Panaskan susu cair, gula pasir, garam di atas api kecil sampai mulai mendidih pinggirannya. MAsukkan keju parut halus. Aduk hingga keju mulai larut. Masukkan larutan tepung maizena. Aduk-aduk hingga mengental dan meletup-letup.
2. Masukkan white cooking chocolate cincang. Aduk-aduk hingga coklat larut. Matikan api.
3. Masukkan kuning telur yang sudah dikocok lepas. Aduk rata. Nyalakan kembali api kecil. Masak hingga meletup-letup. Angkat dan matikan api. Masukkan margarin/butter dan vanilla. Aduk-aduk hingga licin. Selagi didinginkan, vla harus sering diaduk-aduk agar tidak berkulit. Selain itu bila vla diaduk-aduk hingga dingin maka vla akan cantik mengkilap dan licin. Siap dipakai.

Chocolate topping:
Dark chocolate, lelehkan
White chocolate, lelehkan

Penyelesaian:
Ambil choux/soes yang sudah dingin, isi dengan cheese custard filling, lakukan sampai habis.
Celupkan permukaan bagian atas kue ke dark chocolate cair, lakukan sampai habis. Biarkan coklat membeku kembali.
Coret-coret dengan white chocolate cair atau hias sesuai selera.


Nadhifa gak sabar nunggu kuenya matang. Bolak balik ke dapur nanya terus. Begitu kuenya lagi didinginkan di cooling rack dia sudah minta, akhirnya 2 buah kue plain belum diberi filling (vla-nya masih panas) langsung dimakan dengan lahapnya, hehehehee...
"Enak Nda kueh encusnya.", begitu katanya ^___^

Wednesday, January 18, 2012

DEVIL'S FOOD CAKE FOR TYAS



Cake nyoklat yang satu ini pesanan Mba Rani, untuk ultah putri cantiknya Tyas yg ke-3 tahun. Ultahnya Mba Rani juga cuma beda sehari katanya, jadi sekalian buat dimakan acara kumpul2 keluarga di rumah.
Minta dekornya minimalis aja gak usah yang kekanak-kanakan, hihihiiii....

Alhamdulillah dapat sms dari Mba Rani katanya "Makasih Bun, kuenya enak bangettt..."
Devil's gitu lho, hehee... Full ganache coklat, enak pastinya ^___*

Selamat ultah untuk Tyas dan Mba Rani ya... Semoga barokah usianya dan selalu dilimpahkan kebahagiaan. Aamiin... ^___^
Terima kasih atas orderannya ya Mba :)

Tuesday, January 17, 2012

CHOCOLATE MARBLE JAPANESE CHEESE CAKE


Japanese Cheese Cake (JCC) ini saya buat seminggu yang lalu, karena ternyata ada stok cream cheese 1 tube (250 gram) yang sudah mendekati kadaluarsa. Ya sudah harus langsung dieksekusi sebelum berakhir sia-sia, hehehee... Gak usah ditanya, Abi dan Dhifa memang penggemar JCC so pastinya langsung request bikin JCC.

Pengen sentuhan yang beda dari biasanya, tiba-tiba muncul ide gimana klo dibuat motif marble/marmer ya? Sepertinya cantik dan juga jadi ada perpaduan keju dengan coklat, hmmmm... Sound's good right? So, langsung angkat mixer, nyalain kompor dan panasin oven, qiqiqiqiiii...

Ssstttt... Itu cakenya masih panas sudah dipindahin ke serving plate, trus langsung dipotong pula. Hadeehhhh... Habisnya gak tega lihat Abi dan Nadhifa yang udah nungguin lama dan mupeng begitu cakenya dikeluarin dari oven, hihihiiii...
Makanya potongannya gak rapi alias gradakan (halah, bahasanya kok ya gradakan, xixixiiii...) soalnya cakenya masih panas dan rapuh. Klo motongnya mau rapi, cakenya sudah benar-benar dingin dan masukkan kulkas sampai teksturnya agak set, jadi saat dipotong rapi ;)
Sudah jam 7 malam pula, jadi motret dengan hanya mengandalkan lampu ruangan saja.

Resepnya saya modifikasi dari resep yg biasa dipakai (Yasaboga), cuma karena saya gak mau ada telur yang bersisa alias leftover jadi saya bikin JCC pakai 5 kuning telur dan 5 putih telur. So here's the recipe...


CHOCOLATE MARBLE JAPANESE CHEESE CAKE
by Ricke Indriani

Bahan:
250 gram cream cheese, suhu ruang
120 ml fresh cream/whipping cream cair, suhu ruang
60 gram butter (saya pakai salted butter biar lebih gurih)

50 gram terigu protein sedang/rendah
50 gram maizena
---> Campur dan ayak

5 kuning telur
2 sdt parutan kulit jeruk lemon/lemon grass (saya kemarin pakai parutan kulit jeruk sunkist)

5 putih telur
125 gram gula kastor (gula pasir halus)
1 sdm air jeruk lemon (saya kemarin pakai air jeruk sankist)

Chocolate marble:
15-20 gram coklat bubuk
30 ml air panas
---> Campur dan aduk rata, dinginkan

Air panas untuk au bain marie

Cara membuat:
1. Panaskan oven 160'C. Siapkan loyang bulat diameter 20-22 cm. Alasi bagian bawahnya dengan baking paper/kertas roti, olesi dengan butter/margarin. Bagian sisi loyang tidak perlu dioles. Sisihkan.
2. Campur jadi satu dalam panci kecil cream cheese, fresh cream/whipping cream dan butter, panaskan di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga lembut dan tercampur rata. Angkat dari api.
4. Masukkan campuran tepung terigu dan maizena, aduk rata sampai benar-benar halus, jangan ada terigu yang masih bergerindil. Diamkan hingga agak hangat.
5. Masukkan kuning telur, aduk rata. Pastikan campuran ini sudah benar-benar mulus dan tercampur rata. Masukkan parutan kulit jeruk lemon, aduk rata. Jaga agar tetap hangat kuku.
6. Dalam wadah terpisah, kocok gula kastor dan air jeruk lemon sampai berbusa dengan kecepatan rendah. Masukkan gula kastor bertahap biasanya saya masukkan (3-4 tahapan) sambil terus dikocok hingga soft peak stage.
7. Ambil 1/3 adonan putih telur, campurkan ke adonan cream cheese, aduk balik (fold) dengan merata menggunakan spatula.
8. Masukkan campuran tersebut ke sisa 2/3 adonan putih telur, aduk balik (fold) hingga merata dengan gerakan lembut, jangan aduk memutar (stir) atau dikocok (beat).
9. Ambil 150 gram adonan, masukkan campuran coklat bubuk. Aduk rata.
10. Tuang ke loyang 1/2 bagian adonan putih, beri 1/2 bagian adonan coklat secara acak. Tuang kembali 1/2 bagian adonan putih, terakhir beri 1/2 bagian adonan coklat secara acak. Buat motif marble/marmer dengan bantuan tusuk sate/lidi bersih/pisau. Pastikan tusuk sate/lidi/pisau menjangkau sampai ke bagian bawah adonan agar motif marble-nya merata.
11. Letakkan dalam loyang pendek yang sudah diberi sedikit air panas (memanggang sistem steam bake/au bain marie) selama kurang lebih 90 menit atau sesuai dengan oven masing-masing, hingga matang dan permukaannya golden brown, test tusuk dan test sentuh.
12. Angkat, biarkan cake dalam loyang selama beberapa saat, hingga terlihat bagian sisi-sisi cake sudah menjauh dari pinggiran loyang. Keluarkan dari loyang. Dinginkan. Sajikan plain, atau dengan selai/buah sesuai selera.

Tips:
- Saat membuat mencampur adonan coklat dan motif marble, usahakan gerak cepat, agar adonan tidak terlalu lama menunggu untuk masuk oven. Khawatir akan merusak konsistensi adonan.
- Lamanya pemanggangan tergantung kondisi oven masing-masing, tidak perlu terpatok dengan resep.
- Pastikan oven tidak terlalu panas agar bagian permukaan cake tidak pecah saat dipanggang.
- Jaga jangan sampai air untuk au bain marie sampai habis/kering, tambahkan air panas kembali bila perlu.

Happy baking ^___^

Thursday, January 12, 2012

LBT#12: HAPPY 1st ANNIVERSARY LBT ^____^


SAY IT WITH CUPCAKES!: PINK ROSES CUPCAKE BOUQUET

Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT, tak terasa, sudah setahun usia LBT, group yg saya bentuk bersama-sama dg Teh Vivi Nowotny, Teh Diah Raki dan Mba Dida Rachmadiah setahun yang lalu. *terharuuu...
Terima kasih sekali lagi pada Mba Yunita Amaliawati yang perna sempat menjadi bagian dari team LBT, dan juga Mba Maulina Nuryani yang kemudian bergabung dengan team LBT.
Terima kasih untuk teman-teman LBT-ers yang sudah bergabung di group dan bersama membangun LBT, semoga menjadi semakin solid dan bermanfaat untuk banyak orang, terutama yang punya minat dalam baking. Aamiin....
Peluuuukkkkkkk semuanyaaaaa..... \(^___^)/

Dalam rangka HUT LBT yg pertama ini, tema PR-nya adalah bernuansa ulang tahun/anniversary. Saya memilih untuk membuat cupcake bouquet yg dulu sempat mencoba belajar membuatnya tapi sudah lama tidak dipraktekan lagi.
Base cake-nya mengguanakan Red Velvet Cupcake. Resepnya sama saja dengan Red Velvet Cake yg pernah saya posting dulu, adaptasi dari resepnya Kang Yadi Hf.
Saya buat dengan menggunakan papercup Momma ukuran kecil, satu resep dapat 11 cupcakes. Klo pakai papercup Diva ukuran sedang bisa dapat 12 cupcakes.

Cupcakenya saya susun di pot plastik (beli baru lho ya, hihihiiii...) yang sudah diberi gabus khusus bunga dan dibungkus dengan kertas krep.
Sudah mati gaya banget stylingnya mau kayak gimana, ya udah cuma pake pita-pita aja dan kartu ucapan.
Terima kasih juga pada Mba Mae May Irianti atas inspirasinya ;)



RED VELVET CUPCAKE
by Ricke Indriani (source: Yadi Hf)

Cake
Bahan:
125 gram butter/margarin, suhu ruang
250 gram gula kastor (gula pasir halus)

2 butir telur ukuran besar
1 sdt vanilla

250 ml buttermilk*
2 sdt red food coloring**
---> Campurkan dan aduk rata

250 gram terigu protein rendah
15 gram coklat bubuk (gunakan coklat bubuk yang warnanya coklat kemerahan, jangan yang pekat/hitam)
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder

1 sdt cuka makan
1 sdt soda kue
---> Dicampurkan sesaat sebelum dimasukkan ke dalam adonan!

Cara membuat:
1.Panaskan oven 180'C (atau sesuai oven masing-masing). Siapkan papercup atau cetakan cupcake. Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, garam dan baking powder. Sisihkan.
3. Kocok butter sampai lembut. Masukkan gula kastor. Kocok kembali hingga mengembang (light and fluffy). Masukkan telur satu persatu, sambil dikocok rata. Masukkan vanilla, kocok rata.
4. Dengan mixer kecepatan rendah, masukkan campuran terigu bergantian dengan ampuran buttermilk sambil dikocok rata. Diawali dan diakhiri dengan campuran terigu. (Terigu dalam 3 bagian, buttermilk dalam 2 bagian). Matikan mixer.
5. Campurkan soda kue dan cuka makan (akan berdesis dan berbusa). Segera masukkan campuran ini ke dalam adonan. Aduk rata dengan spatula. Tuang ke dalam papercup atau cetakan cupcake setinggi 3/4 tinggi cetakan. Segera masukkan ke dalam oven.
6. Panggang sampai matang sekitar 25 menit, atau hingga matang dan permukaannya membal bila disentuh (springy to the touch). Dinginkan.

*Buttermilk homemade:
250 ml fresh milk atau UHT milk, hangatkan di atas api terlebih dahulu sebentajangan sampai panas banget atau mendidih.
Tambahkan 1 sdt cuka makan atau 1 sdm air jeruk nipis/lemon.
Aduk rata. Diamkan sekitar 5-10 menit. Susu akan 'pecah' menggumpal dan mengental seperti yogurt.
Siap digunakan.

**Bila mau pewarna alami, bisa menggunakan 1 buah beet, potong kecil-kecil kemudian diblender dengan 100 ml air. Saring. Masak di atas api hingga menyusut setengahnya sekitar 50-60 ml. Dinginkan. Untuk lebih mempertegas warna merahnya, bisa ditambahkan sedikit saja red food coloring.


Frostingnya saya menggunakan buttercream yang dicampur dengan cream cheese dan cheese spread, gak pake takaran karena mengira-ngira langsung cemplung trus dicicipi, hihihiiii... Buttercreamnya pun pakai sisa dari orderan kemarinnya :D
Diberi warna pink dan dibentuk rosette dengan spuit 1M. Dihias dengan detail dari fondant, untuk mempermanis tampilannya aja.


Foto diatas ini adalah pemandangan saat saya memotret. Motretnya sore2, matahari sudah gak begitu terang sinarnya, sedangkan diluar hujan gerimis. Hasil fotonya pun seadanya plus mati gaya :D

Adegan seperti ini sering banget saya alami, dan juga pasti teman2 yang lain juga sering mengalami, ketika memotret 'dibantuin' sama si kecil, hehehee...
Itu pita satu roll 'diudu...l2' semua, gula sprinkle ditumpahin dan diacak2, fondant dicuil2, plunger dimainin, bahkan Nadhifa sempat menyengool kursi tempat saya meletakkan kuenya, hampir tumbang deh itu kue, hwaaaaaa.... >__<

Sering juga dapet sharing dari teman2, ada yg mau dipotret kuenya ditinggal semenit aja udah dicomot sama si kecil, belum lagi si kecil nangis guling2 minta kue/makanan yg lagi dijadikan objek memotret, numpahin susu di karpet saat emaknya asyik memotret, dll.

Yah itulah seninya home food photography yang dilakukan para ibu rumah tangga. Selalu ada cerita menggemaskan ketika memotret, pun ketika proses membuat kue/masakannya.
Walaupun hasil foto2 saya masih sangat sederhana dan jauh dari sempurna, masih belajar terus dan berupaya menghilangkan rasa malas, hehehee...
Effort seperti inilah yang membuat kami para 'fotografer' makanan rumahan ingin foto2 kami bisa dihargai, jangan asal main copas dan menggunakannya tanpa izin, apalagi untuk tujuan komersil dan diakui sebagai miliknya.

Happy Anniversary LBT. Love you! ^______^

PRINCESS BIRTHDAY CAKE FOR KEYSHA



BDCK ini pesanan Mba Aan untuk ultah putri keduanya Keysha yg ke-4 tahun. Pesannya cake bertema princess.

Base cakenya caramel chocolate cake, dark chocolate cake yang dibasahi caramel syrup, dilapisi dengan buttercream coklat. Cake dicover dengan buttercream.
Bagian atas dicover rolled fondant yg dibuat seperti taplak, hihihiii... Sempat gagal bikin taplaknya, yg pertama pas mau diangkat ke atas cakenya malah sobek (sok tau ngangkat sendirian, hehehee...), yang kedua minta bantuan Abi jadi berdua ngangkatnya alhamdulillah sukses ;)
Atasnya diberi topper princess dari bahan rubber.

Alhamdulillah Keysha-nya seneng banget lihat kuenya, apalagi lihat si princess nangkring di kuenya, hihihiii... Dapet komen dari Mba Aan katanya kuenya cantik dan enak.

Happy birthday ya Keysha sayang, semoga tambah piter, cantik, sholehah dan jadi kebanggan kedua orang tua. Aamiin...
Makasih orderannya ya... ^__^

AYAM GORENG MENTEGA


Rasanya sudah lama gak posting daily menu. Saking malesnya motret-motret masakan. Habis masak langsung lanjut ngerjain pesanan dan beres-beres, laper, dan langsung makan deh :D

Kebetulan kemarin juragan di rumah lagi ambil cuti dari kantor 2 hari. So luangkan waktu tanpa mengurusi pesanan tapi mengurusi juragan dulu, heheheheee...
Abi minta dibuatin ayam goreng mentega. Kebetulan saya juga suka banget sama olahan dengan saus mentega ini, mau udang, ayam, cumi, ikan, dsb semua suka. Masaknya juga pake bumbu minimalis (bukan meni males lho ya, xixixixiiiiii....)

Seperti biasa klo masak jarang banget pake takaran pasti, lebih mengandalkan feeling aja takarannya, cemplung-cemplung, icip-icip, done :D

Ayam Goreng Mentega
by Ricke Indriani

Bahan:
500 gram ayam, cuci bersih dan potong-potong sesuai selera (ukurannya jangan terlalu besar)
2 siung bawang putih, haluskan
Sejumput garam
Merica bubuk secukupnya
Air 1 gelas
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam

Bahan saus mentega:
2 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay, iris memanjang
2-3 sdm saus tiram
1 sdm kecap inggris (worchestersire sauce)
2 sdm kecap manis
3 sdm munjung margarin/salted butter
2 sdm minyak goreng
Merica bubuk secukupnya

Cara membuat:
1. Taruh ayam dalam panci, beri 1 gelas air, bawang putih halus, garam dan merica. Masak dengan api sedang hingga airnya berkurang dan ayam matang. Angkat dan tiriskan.
2. Goreng ayam sebentar saja hingga berkulit agak kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.
3. Panaskan margarin/salted butter dan minyak goreng. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan agak layu. Masukkan saus tiram dan kecap inggris. Aduk rata. Masukkan ayam. Beri kecap manis dan merica bubuk. Aduk rata hingga ayam terbalut rata oleh bumbu saus. Angkat. Sajikan.

Note: Saya sengaja merebus ayam terlebih dahulu agar ayam matang sempurna dan bumbu meresap. Tetapi jika potongan ayam dibuat kecil-kecil ayam bisa langsung digoreng dengan minyak banyak hingga matang. Sebelumnya ayam dimarinade dulu dengan bumbu sekitar 15 menit.
Bila suka dengan aroma kecap ingrris yang lebih kuat, bisa memakai 2 sdm kecap inggris.

Selamat mencoba :)

CASSAVA BROWNIES FOR BU ENENG



Cassava brownies dari 100% tepung MOCAF pesanan Bu Eneng. Selain yang ukuran 10x15 cm ini beliau juga pesan yang ukuran 10x30 cm tapi gak sempat difoto, sudah keburu dijemput browniesnya.
Terima kasih atas pesanannya ya Bu :)

BIRTHDAY CAKE FOR POESPA



Orderannya Mba Mia, temannya jeunk Rita untuk ultah putrinya yang cantik, Poespa, yang ke-7 tahun.
Karena ultahnya jatuh pada tanggal yang sama dengan Hari Ibu tanggal 22 Desember, jadi edible fotonya berdua dengan sang Mama :)

Base cake-nya 3 layer spongecake lembut yang dibuat seperti lapis surabaya (2 layer vanilla dan 1 layer coklat), diberi filling buttercream lembut dan keju cheddar parut.
Minta diberi pagar coklat di sekelilingnya. Pagar coklatnya saya beri motif dengan chocolate transfer sheet.

Alhamdulillah yang pesan berkenan dengan cakenya.
Happy birthday untuk Poespa, semoga tumbuh menjadi anak yang cerdas, sholehah dan membanggakan kedua orang tua. Aamiin...
Terima kasih atas orderannya yaaa... ^___^

Sunday, January 1, 2012

FANCY CUPCAKES SET FOR NANA



Orderannya jeunk Nana yang udah lama banget minta dibuatin cupcakes set tapi baru kesampean tanggal 20 kemarin. Maaf ya Na, heheheee...
Pesannya cupcakes set isi 16 pcs dekornya terserah bakulnya aja katanya, hihihiiii...

Base cake-nya minta cake coklat devil's food cake, dekornya kombinasi buttercream frosting dan detail fondant icing.
Makasih orderannya yaaa.... ^___^