Thursday, January 3, 2013

EGG TART (PIE SUSU)



Egg tart atau di beberapa daerah biasa disebut pie susu/tar susu, di Papua disebut kue lontar adalah kue yang terbuat dengan base pastry crust/pie crust yang kemudian diberi filling yang terbuat dari campuran telur dan susu.
Egg tart yang menggunakan pie crust seperti ini lebih terkenal di Asia.
Ada juga yg basenya menggunakan puff pastry crust, dikenal dengan Portuguese egg tart. Serupa tapi tak sama. Portuegese egg tart fillingnya lebih creamy karena menggunakan fresh cream.

Tertarik membuat egg tart ini karena terpesona melihat kue yang satu ini wira wiri terus di dapurnya si Ratu Pie Surabaya Mba Enno Alura Kurniawan. Tentunya rasa pie susu buatan Mba Enno sangat enak.
Suamiku dan Nadhifa doyan banget. Dulu pernah makan yg oleh-oleh itu lho, tapi jujur rasanya gak begitu istimewa. Tapi klo yang bikin sendiri bagaimana? Jawabannya, enyaaakkkkkk.... :D
Crust-nya yang renyah dan fillingnya yang lembut, manisnya pas. Jangan khawatir, jika qta benar cara mengolahnya, kue ini sama sekali tidak berbau amis telur dan juga untuk yang tidak suka susu cobain deh kue ini tidak terlalu 'nyusu' dan tidak eneg :)

Waktu trial pertama kali saya mencoba menggunakan maizena ke dalam adonan crust. Tapi ternyata hasilnya jadi agar rapuh, walaupun tetap enak. Kemudian dapat info dari Teh Iyam di Garut, katanya gak usah pakai maizena karena bikin rapuh. Akhirnya maizena saya skip dan terigunya ditambah menjadi 500 gram.
Terima kasih Mba Enno, atas inspirasinya dan Teh Iyam atas sarannya.



Egg Tart (Pie Susu)
by Ricke Indriani

Bahan kulit/crust:
300 gram margarin/butter
2 sdm gula halus (munjung)
3 kuning telur
500 gram tepung terigu protein sedang/all purpose flour

Cara membuat:
Campur semua bahan menjadi satu menggunakan pisau pastry atau sendok kayu hingga adonan berbutir-butir dan tercampur rata. Padatkan dan bulatkan hingga mudah dipulung. Cetak dalam cetakan pie yang sudah dioles tipis dengan margarin/minyak oles loyang. Sisihkan.

Bahan filling:
300 ml susu kental manis (kurang lebih 1 kaleng)
400 ml air
8 kuning telur, kocok lepas
30 gram tepung custard
1-2 sdt vanilla susu

Cara membuat:
Campur susu kental manis dan air, aduk rata. Masukkan kuning telur. Aduk rata. Masukkan tepung custard dan vanilla. Aduk rata. Saring.
Tuang filling ke dalam adonan kulit pie yang sudah dicetak sampai penuh. Panggang dalam oven suhu 160'C selama 45 menit hingga filling set dan menguning.
Angkat dan keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 10 menit hingga hangat, baru keluarkan dari cetakan. Dinginkan. Simpan di lemari es/kulkas agar lebih nikmat.



Tips:
- Kulit pie/crust bisa dipanggang langsung bersama fillingnya, atau dipanggang dulu sendiri selama 10 menit untuk hasil kulit yang lebih kering. Kalau saya biasanya langsung dipanggang bersamaan. Anda juga bisa menggunakan resep kulit pie/crust favorit Anda yang sudah biasa Anda pakai.
- Sebaiknya gunakan suhu rendah, agar kulit pie/crust bisa matang sempurna tetapi tidak membuat filling menjadi cepat menggembung dan pecah karena suhu yang terlalu tinggi.
- Patokan lama memanggang terkadang berbeda-beda, sesuai oven masing-masing walau dengan settingan suhu yang sama. Jadi, sesuaikan saja ya :)
- Jangan memanggang hingga filling menggembung tinggi bahkan pecah. Filling yang menggembung tinggi, jika dikeluarkan dari oven dan dingin akan menjadi terlalu cekung dan mengkerut/keriput. Dari rasa tidak ada masalah, hanya saja tampilannya jadi tidak mulus :)
- Perhatikan jika filling terlihat sudah mulai naik mengembang, segera keluarkan dari oven. Atau jika dirasa kulit belum cukup kokoh, rendahkan lagi suhunya dan lanjutkan memanggang.
-Jumlah kue yang dihasilkan tergantung ketebalan kulit pie dan ukuran cetakan. Jika adonan filling masih bersisa sedangkan adonan kulit sudah habis, silahkan membuat kembali tambahan adonan untuk kulit. Atau sebaliknya.

Selamat mencoba! ^__^