Wednesday, February 13, 2013

POFFERTJES (DUTCH MINI PANCAKE PUFFS)


Salah satu kue khas dari Belanda. Poffer = pancake, tje = kecil/mini. Jadi intinya kue ini adalah pancake yang dibuat kecil-kecil atau mini. Diameternya hanya sekitar 3 cm. Biasanya disajikan dengan butter dan taburan gula halus.
Tapi kue ini juga nikmat disajikan dengan ice cream, saus coklat, parutan keju, atau apa saja sesuai selera.

Kebanyakan di negara asalnya pancake ini hanya berbentuk pipih seperti layaknya pancake hanya saja bentuknya jauh lebih kecil dari pancake, tapi ada juga yang ditwist/digabungkan (dua lempeng pancake digabungkan menjadi satu pada saat dipanggang).

Di Indonesia kebanyakan poffertjes berbentuk bulat utuh seperti bola.
Ada dua macam cara untuk membentuk poffertjes menjadi bulat, cara pertama adonan dituang ke cetakan kemudian setelah adonan berkulit tetapi masih cair kemudian dibalik sehingga bagian yang cair tumpah ke cetakan dan langsung dibolak balik dengan bantuan tusuk gigi/tusuk sate sampai adonan berbentuk bola.
Cara kedua, adonan dituang ke setengah jumlah lubang yg ada di cetakan, setengah bagian lubang yg lain biarkan kosong. Panggang sampang matang. Kemudian tuang kembali adonan di lubang yg kosong, biarkan setengah matang/berkulit. Tumpuk kue yang sudah matang ke atas adonan yg masih setengah matang. Kemudian dibolak balik dengan tusuk gigi/tusuk sate hingga menyatu dan bulat.
Untuk kali ini saya pakai cara kedua :)
Dengan cara kedua ini, saya bisa memberi filling ke dalam adonan. Saya memberi keju cheddar yang dipotong dadu ke dalam adonan setengah matang sebelum ditumpuk dengan adonan yang sudah matang.

Saya sengaja membuat poffertjes ini tidak terlalu manis, karena akan disajikan dengan topping gula halus atau yang lainnya.


POFFERTJES
ditulis oleh Ricke Indriani

Bahan:
150 gram terigu protein sedang/all purpose
100 gram terigu ptotein tinggi
1 sdt ragi instant
50 gram gula pasir
3 kuning telur, kocok lepas
375 ml susu cair tawar, suhu ruang
½ sdt vanilla
¼ sdt garam
½ sdt baking powder (peres)
50 gram butter/margarin, lelehkan
Keju cheddar potong dadu, secukupnya untuk filling

Topping:
Butter/margarin, lelehkan untuk olesan
Gula halus/gula donat untuk taburan

Cara membuat:
1. Ayak terigu, tambahkan ragi instant dan gula tepung. Aduk rata.
2. Campur kuning telur dan susu cair, aduk rata. Tuang sedikit demi sedikit ke campuran terigu sambil diaduk rata menggunakan whisk sampai halus dan licin. Diamkan 20-30 menit.
3. Masukkan vanilla, garam, baking powder dan butter/margarin leleh. Aduk rata.
4. Panaskan cetakan poffertjes. Tuang adonan ke dalam cetakan ke setengah jumlah lubang yang ada, biarkan matang. Isi kembali lubang cetakan yang masih kosong, biarkan sebentar hingga berkulit, masukkan keju cheddar, saat setengah matang tumpuk di atasnya dengan kue yang sudah matang tadi. Bolak balik dengan menggunakan tusuk gigi/tusuk sate hingga bulat dan matang.
5. Angkat, oles dengan butter/margarin leleh. Lakukan hingga adonan habis. Sajikan dengan taburan gula halus/gula donat.


Selamat mencoba :)

6 comments:

Coretan Nisfa said...

Serang'y dmn ya mbak...? (n_n)
pingin belajar bikin kue...

Anonymous said...

Mb Riecke, klo mau bikin 1/2 resep. telurnya 2 atau 1 ya?

oh ya mb, american risolesny apa bisa deliver till surabaya

thanks/nanik

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

Coretan Nisfa, saya di Dalung Mba. Tapi sebentar lagi akan pindah :)

Mba Nanik, bisa pakai 2 Mba. Gak bisa Mba. Tengkyu :)

rina ryandari said...

Mba itu cetakannya beli dimana ya....saya cari2 yang diameter 3cm kok susah ya.....anak sy minta bikinin takoyaki mungkin mba cantik bisa kasih tau....nuhun seblmnya.....:)

yurike sasaki said...

Salam kenal Mbak Ricke, saya pengagum berat blog-nya Ordinary Kitchen sudah banyak resep yang saya praktekan dan alhamdulillah hasil prakteknya sukses, tak terkecuali resep poffertjes ini, terima kasih banyak ya mbak ricke sdh banyak membagi ilmunya ^^ Mohon ijin repost resep2nya mbak ricke di blog saya ya mbakk (mohon maaf baru ijin sekarang tapi di setiap resep selalu saya sebutkan sumbernya dari blog ordinary kitchen-nya Mbak Ricke) semoga mbak ricke berkenan, hatur nuhun :)

Yuliansyah Tamara said...

Thanks ya mbak..
Resepnya sukses membuat istri dan anakku ketagihan..

Post a Comment