Thursday, May 30, 2013

HOMEMADE STRAWBERRY JAM (SELAI STRAWBERRY)



Kalau kemarin posting roti tawar, kali ini posting strawberry jam alias selai strawberry yang bisa jadi teman makan roti tawar ^_^

Selai strawberry ini saya buat karena ada banyak strawberry nganggur di kulkas, sebabnya kemarin ini beli strawberry 1 pack besar, Nadhifa tumben cuma mau makan sedikit, biasanya dia suka sekali strawberry dan saya sendiri tidak suka makan strawberry segar. Akhirnya dieksekusi saja jadi selai dan ternyata Nadhifa doyan banget, begitu selainya dingin dia langsung minta nyicip dan akhirnya malah keterusan makanin selai, katanya enak, hihiii...

Membuatnya sangat mudah, bahannya hanya strawberry segar, gula pasir dan air jeruk lemon. Air jeruk lemon ini fungsinya sebagai sumber pektin alami (jeruk lemon mengandung kadar pektin tinggi). Pektin adalah serat alami buah yang larut dalam air, bisa membentuk ikatan dengan gula dan asam buah membentuk 'gel'. Penambahan pektin pada pembuatan selai berfungsi sebagai pengental, jadi selai yang dihasilkan akan lebih cepat mengental dan rendemen (hasil) yg didapatkan lebih tinggi, juga mempersingkat waktu pemasakan sehingga selai tidak banyak kehilangan rasa dan aroma aslinya. Pada pembuatan selai komersial biasanya digunakan pektin dalam bentuk bubuk/serbuk, jika membuat selai di rumah maka kita bisa menggunakan perasan air jeruk lemon sebagai pektin alami. Air jeruk lemon juga memberikan rasa asam yang lebih segar pada selai.

Yuk dicoba membuat selai strawberry sendiri, lebih sehat karena tidak memakai pengawet dan juga tidak perlu memakai tambahan lain seperti pewarna, perisa dan penambah aroma. Membuatnya pun mudah.





Homemade Strawberry Jam
by Ricke Indriani

Bahan:
500 gram strawberry segar yang sudah dibuang bagian daun buahnya (berat bersih), cuci bersih dan tiriskan
300 gram gula pasir (bila strawberry yang digunakan asam sekali, bisa ditambahkan gulanya hingga 400 gram)
1 buah jeruk lemon, peras airnya

Cara membuat:
1. Siapkan botol kaca/jar sebagai wadah selai yang bertutup metal. Rebus dalam air mendidih (tujuannya untuk sterilisasi) selama kurang lebih 5 menit. Matikan api. Biarkan botol direndam air panas hingga akan digunakan.
2. Potong-potong strawberry. Masukkan ke dalam panci atau pan dan masak dengan api sedang hingga strawberry melunak dan keluar airnya. Biarkan mendidih sesaat.
3. Masukkan gula pasir, aduk rata. Masukkan air jeruk lemon. Masak dengan api kecil hingga gula pasir larut sambil diaduk-aduk agar bagian bawah tidak cepat gosong. Tekan-tekan potongan buah dengan punggung penganduk kayu agar potongan buah hancur. Bila menginginkan selai yang masih bertekstur, jangan menghancurkan potongan buah terlalu halus. Saat selai mulai mengental, besarkan api aduk hingga selai benar-benar mendidih sebentar saja. Matikan api.
4. Angkat botol selai dari air panas tadi, keringkan dengan tissue atau lap bersih. Panas-panas masukkan selai ke dalam botol. Tutup rapat. Jika memerlukan sterilisasi kembali botol bisa direbus kembali 5 menit setelah diisi dan pastikan tertutup rapat. Dinginkan. Simpan selai dalam kulkas setelah pemakaian agar lebih awet.





Tips:
- Basis 500 gram strawberry bersih (tanpa daun buah) menghasilkan selai 1 botol/jar ukuran standar. Jika ingin membuat lebih banyak bisa menggunakan 1 kg strawberry bersih (hasil 2 botol/jar selai).
- Jangan memasak selai sampai terlalu kental karena selai akan lebih set ketika sudah dingin
- Sesekali selai diaduk-aduk saat pemasakan untuk menghindari bagian bawah cepat gosong
- Jangan keasyikan memasak selai karena jika terlalu lama dimasak dan menjadi kaku nanti jadinya dodol, bukan selai, hihihiiii...

18 comments:

Fitria said...

kayanya enak ^_^
kalau lemon diganti jeruk nipis, kira-kira bisa gak ya mba?
makasih :)

Febryani Chourmain said...

So simple mba ricke.. mau nyoba ah.
oya mba. Kira2 bisa tahan berapa lama ya?

Kemarin saya bikin bronketem loh. Enak. Tp sedikit kemanisan buat saya. Hehehe.

Ike Juwita said...

sayang, dikotaku gag ada strawberry segar....harus keMalang kalo mo beli yg segar

tizara said...

Seperti pertanyaan mak fitria kira2 bisa tahan berapa lama ya ?

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

@ Fitria: Bisa Mba, jeruk nipis bisa mensubtitusi lemon, hanya ada sedikit rasa yg berbeda saja. Tapi fungsinya sama, sumber pektin alami :)

@Febryani: Hayuk Mba dicoba, semoga suka ya :)
Kalau kemanisan bisa dikurangi kadar gulanya Mba. Rata2 brownies memang manis sekali jika baru matang, tetapi akan enak sekali jika diinapkan semalaman. Rasa manisnya berkurang, rasa coklatnya lebih keluar ^_^

@Ike Juwita: Mungkin bisa bikin selai yg lain Mba, selai nanas misalnya. Prosesnya sama :)

@Tizara: Kalau disimpan di kulkas tahan lama Mba, berminggu2. Tetapi memang alangkah lebih baiknya jika selai sudah dikonsumsi, jangan terlalu lama untuk menghabiskannya. Karena selai homemade tidak memakai tambahan pengawet makanan seperti produk yg komersil.

Febryani Chourmain said...

Tehhh...saya lg tahap perebusan kedua nih. Saya hanya buat 250gr strawberry (1pack). Gula 110gr. 1buah jeruk nipis. Td dicoba sih asem2 manis..enakk seger..
buat temen sarapan besok ah bareng pancakes.

Khuria nurul said...

Bunda ricke ..saya salah satu fans blog anda..nanti mau coba bikin selai ini ah :) salam kenal

Ratih R. Retinofa said...

Salam kenal Bunda Ricke, saya dapet rekomendasi dari temen hingga akhirnya sampe ke blog ini dan nemu resep selai yg dicari :D
Itu kalo strawberrynya abis dipotong-potong kan dimasak di pan, pake air atau murni strawberry?kalo pake air kira2 airnya seberapa ya?
Thanks Bun..so nice blogwalking in here ;)

Livia said...

Naahh ini yg aku cari2.... Dari dulu kepingin banget bikin selai buah sendiri. Thank you ya resepnya, mbak, kebetulan anakku yg nomor dua suka banget selai strawberry. Kalo bikin sendiri kan udah pasti lebih sehat!

Mampir2 juga ke blogku ya: http://hanya-perempuan.blogspot.com

Cheers!

Nekma Bunda Fais said...

Sukron, resepnya sederhana tapi nampak enak dari tampilan gambarnya, kental mengkilap seperti jel. pingin nyoba tapi mau nanya dulu ya bunda Nadhifa, pakai air atau tdak ketika pertama masak strobrry?
Jzkllh Khrn ktsrn...

Anonymous said...

Salam kenal mbak..
Resepnya praktis, ga ribet.. jadi pengen nyoba bikin.. :)
Oia mbak..wadahnya harus pake toples selai yang tutup metal ya? Ada alternatif lain ga, misal pake wadah tupp**ware gitu?

Anonymous said...

mksi resepnya ^_^

kayumi Octa said...

Mba, saya nyobain gulanya cuma 200 gram udah maniss mungkin karena strawberry nya juga manis ya.....
Tengkyu mba.....suamiku jadi suka deh

Siti Aulia said...

Mbaa... aku padamuu mbaa....

Tinanic Bunda Hail said...

Mba aku dah coba, dan sukses,,, makin ketagihan untuk bikin selai sendiri,,,makasih ya mba untuk resep dan tipsnya... :)

boebrown said...

Thanks resepnya..klo wadah di ganti cup plastik *tupper ware* boleh tidak?
Fr mama abi n yuka

Chairudin Tairisya said...

Mbak kalau bikin selai susu karamel resepnya bagaimana? Mohon petunjuknya :)

GhinaFPD Chara said...

Sangkyuuu resepnyaa

Post a Comment