Wednesday, September 25, 2013

POTATO BUNS (POTATO BREAD)



Potato buns atau potato bread ini sudah lama saya buat dan ini bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya sudah pernah beberapa kali membuatnya saat masih di Indonesia tapi belum pernah sekalipun saya posting di blog. Pertama kali membuatnya karena masih punya stok kentang kukus yang tersisa dari pesanan kroket kentang lalu saat ke salah satu counter bakery di mall melihat roti kasur yang bertuliskan potato bread yang bagian atasnya ada vla vanilla yang disemprotkan secara 'cross', akhirnya terinspirasi membuatnya.

Saat pertama kali membuatnya, yang terbayang adalah roti yang lembut dan empuk karena penambahan kentang. Ternyata memang betul, rotinya empuk walau tanpa penambahan bread improver apalagi bread emulsifier. Paling suka kalau membuat potato bread ini dibuat versi roti kasur, lalu diberi topping vla vanilla di atasnya. Roti ini sebenarnya plain saja tanpa isian, tapi sudah enak dan mengenyangkan. Tapi saya juga suka membuatnya dengan memberi isian, isi selai sarikaya adalah favorit saya ^_^

Potato buns kali ini sebenarnya agak sedikit over baked, karena oven saya disini agak 'ajaib', hihihiii... jadi harus pintar mengutak-atik settingan oven. Biasanya saya panaskan dulu oven 200'C, lalu setelah adonan masuk dan terlihat mengembang permukaannya montok menul-menul (halah, bahasanya menul-menul) suhu saya turunkan ke 170'C. Karena barang elektonik disini watt-nya besar-besar jadi seperti oven ini cepat sekali panasnya, kalau memanggang tidak diperhatikan bisa-bisa gosong ditambah oven saya yang imut-imut, hehee... Begitu pula dengan AC ruangan, cepat sekali dinginnya. Nah, sewaktu memanggang roti ini, setelah adonan masuk lalu saya asyik mengerjakan yang lain. Sempat memandikan Dhifa segala, hasilnya lupaaaa kalau sedang memanggang roti. Begitu dilihat ke oven, rotinya sudah coklat banget, untung gak sampai gosong, hehehee... Alhamdulillah tapi rotinya tetap empuk dan enak, hanya warnanya saja jadi eksotis :D

Catatan, kadar air kentang yang kita gunakan bisa berbeda-beda. Oleh karena itu tambahkan cairan seperlunya saja dan hentikan penambahan jika dirasa adonan sudah pas lembutnya. Adonan awal memang akan sedikit lembek dan lengket karena penggunaan kentang, tapi setelah diuleni sampai kalis elastis nanti adonan akan licin. Taburi permukaan meja atau alas kerja dengan sedikit terigu agar memudahkan proses pengulenan. Sebaiknya kentang dihaluskan sampai benar-benar halus sekali agar tidak ada gerindilan kasar dalam adonan. Memanggang roti oven harus sudah benar-benar panas, kenali karakter oven masing-masing dan ketahui settingan suhu yang pas, namun pada umumnya memanggang roti menggunakan suhu kisaran 180'C-200'C.

Berikut ini resepnya ya...




POTATO BUNS
by Ricke Indriani

Bahan:
200 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
6 gr ragi instan
65 gr gula pasir
10 gr susu bubuk full cream
1 sdt vanilla (optional)
2 kuning telur
100 gram kentang kukus, haluskan
125 ml air es (atau susu cair dingin)
1/2 sdt garam
35 gram mentega/margarine

Polesan:
Susu cair

Topping:
Vla vanilla siap pakai (jika tidak ada atau malas membuat, silahkan diskip)

Isi:
Sesuai selera

Cara membuat:
1. Campur terigu, ragi instant, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata.
2. Masukkan vanilla, kuning telur dan kentang sambil diaduk rata. Tuangi air es (atau susu cair dingin) sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan kalis (tidak lengket). Hentikan penambahan cairan jika adonan sudah kalis.
3. Masukkan garam dan mentega/margarine. Uleni kembali sampai kalis dan elastis, permukaan adonan mulus.
4. Bulatkan adonan, tempatkan dalam wadah. Tutup dengan plastik wrap atau serbet lembab. Diamkan hingga mengembang 2x lipat volumenya. 45 menit hingga 1 jam tergantung kondisi ruangan.
5. Kempeskan adonan, uleni kembali sebentar agar mulus dan elastis kembali. Bagi adonan menjadi 16 bagian sama rata. Bulatkan adonan, diamkan 10 menit. Pipihkan dan isi dengan isian sesuai selera, atau bisa juga tanpa diisi. Bulatkan kembali adonan. Letakkan berjejer dalam loyang kotak berukuran 22x22x7 cm. Tutup dengan plastik wrap, diamkan kembali hingga mengembang, 30 menit.
6. Panaskan oven 180-200'C (oven harus sudah panas saat adonan masuk). Oles permukaan adonan dengan susu cair dan semprotkan vla vanilla di atasnya. Panggang dalam oven selama 15 menit hingga matang dan permukaannya kecoklatan. Keluarkan dari oven dan panas-panas oles permukaannya dengan margarine.




Selamat mencoba ^_^

10 comments:

Anonymous said...

Mbak Ricke, sdh saya praktekkan resepnya. Tekstur lembut/halus, rasanya pun enak. Adonan memang lembek walau saya hanya pake 100ml air es, jadi tangan saya taburi tepung terigu setiap kali adonan lengket. O ya, vla saya bikin sendiri, ngarang sendiri he..he.., spt vla soes, tapi agak kental. Apa benar? Dan... penampilannya kurang rapi. Kalau soal dekorasi2 saya nyerah. Terima kasih.
Sisca - Surabaya

Anonymous said...

salam kenal mbak ricke :) saya mau tanya, mbak menguleni rotiny dg tangan atau mixer roti?
klo dg mixer roti, merk apa yg mbak pakai? *saya lg bingung mau beli mikser roti. terimakasih sebelumnya.

Unknown said...

aku udah coba bikin. emang lembuuut rotinya... jadi kepingin bikin lagi. sayangnya aku ga pake vla, cuma di isi pake kismis. makasih ya mbak Ricke udah bagi-bagi resepnya ^ ^

Nathania said...

Udah bikin dan asli enak bener ^^ kynya bakalan sering2 bikin nih hohoho.. makasih ya mbak. Dan kalau boleh ijin copas resep ya di blog ku. Makasih bny sebelumnya.

Unknown said...

Salam kenal mbak Ricke. Mau nanya neh,tepung terigunya harus pake yg protein sedang n tinggi y?klo diganti dg tepung terigu serbaguna bisa g?terima kasih sebelumnya.
Sonya - Bandung

Muhammad Yazid said...

Salam kenal mbak... Izin minta resepnya...

Unknown said...

Asalamualaikum, slaam kenal mba, ijin copy resep buat dipraktekan dirumah ya mba.. terimakasih

Shinta Octaviani said...

mba Ricke, saya juga dah coba resep ini. Benar-benar empuk dan enak, walaupun saya ga pake isi apa-apa. Makasih ya dah berbagi resep :)

Hestyismyname said...

Assalamualaikum mba ricke....
Sudah berulang kali memakai resep ini dan alhamdulillah kini menjadi fav anak2.....makasih mba ricke....

Unknown said...

Assalamualaikum..slm kenal mba Ricke,resepnya aku copas ya mba,aku sertakan link nya juga..makasih mba rotinya enak bgt..

Post a Comment