Monday, December 16, 2013

CHURROS







Late post lagi, hehee... Biarlah, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. *ngeles padahal kebiasaan hobby banget late post, hehee... :p
Kali ini posting 'Churros', salah satu snack kesukaan kami sekeluarga yang termasuk mudah dalam membuatnya. Cukup sering membuatnya, kalau sedang tidak ada ide membuat cemilan apa, seringnya bikin gorengan gurih (seperti bakwan, tahu isi, dll), nah yang manisnya bikin Churros atau Olieballen. Di Korea sudah 3x bikin churros ini, pernah juga jadi salah satu suguhan buat tamu, hihiii...

Churros ini adalah pastry goreng yang terbuat dari adonan choux pastry base seperti kue sus/cream puff. Berasal dari Spanyol tetapi juga terkenal di negara seperti Portugis, Meksiko dan Brazil serta negara lainnya. Sering kali disebut 'Spanish Donut' alias donat Spanyol, mungkin karena pembuatannya digoreng seperti donat. Selain disajikan di cafe-cafe, churros ini juga dijual sebagai street food alias jajanan kaki lima. Biasanya churros disajikan dengan chocolate sauce (churros con chocolate) atau dibalut gula pasir halus (atau gula pasir halus yang diberi kayu manis bubuk/cinnamon sugar). Ada juga sekarang yang dalamnya disuntikkan filling, biasanya ukurannya lebih besar. Chocolate sauce dibuat dari fresh cream/dairy whipping cream cair yang dipanaskan kemudian disiramkan ke dark chocolate yang sudah dicincang, lalu biarkan sampai coklat meleleh dan aduk rata sampai licin. Siap dipakai untuk mencelup churros. Kali ini saya hanya menyantapnya dengan taburan cinnamon sugar saja.

Cara pembuatan adonan churros sama dengan cara membuat kue sus/cream puff, hanya saja menurut saya untuk churros diperlukan adonan yang lebih padat, tidak terlalu lembek seperti adonan kue sus/cream puff. Penggunaan telurnya lebih sedikit atau malah ada yang tidak menggunakan telur sama sekali, hanya terigu, air, garam, gula dan butter/vegetable oil. Dulu saya pernah membuat churros mencoba dengan menggunakan adonan kue sus biasa, hasilnya tidak cantik karena adonan jadi lebih mudah mengembang/mekar. Lalu pernah juga menggunakan resep churros yang menggunakan lebih banyak telur, hasilnya juga sedikit kurang cantik (menurut saya lho ya) karena kulit luarnya terdapat banyak bintik-bintik gelembung. Ternyata saya lebih menyukai churros yang tidak terlalu mengembang ketika digoreng, hasilnya renyah diluar tetapi tetap empuk di bagian dalamnya. Karena itu saya mengutak atik komposisi resep sampai akhirnya ketemu yang cocok dengan yang saya inginkan.

Adonan churros memang agak padat, karena itu gunakan spuit bintang/star tip yang ukurannya agak besar seperti model 1M, 4B atau 6B. Atau bisa gunakan spuit apa saja yang penting yang ukurannya cukup besar jadi tidak menyulitkan untuk mencetak adonan keluar dari pipig bag/kantong segitiga. Sebenarnya kalau di gerai-gerai churros untuk mencetak adonan churros biasanya digunakan churros machine yang ada tuas pengepres-nya atau untuk penggunaan rumahan menggunakan alat churros maker semacam cookie gun yang bagian ujungnya berbentuk bintang bergerigi yang juga bagian atasnya ada alat untuk menekan/mendorong adonan churros keluar. Sayangnya sampai sekarang saya belum punya alatnya, hehee... Jadi masih enjoy aja bikin churros pakai piping bag dan spuit ^^





CHURROS
by Ricke Indriani

Bahan:
250 ml air
50 gram butter/margarin
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
150 gram terigu protein sedang/all purpose flour, ayak
1/4 sdt vanilla
1 butir telur ukuran besar (saya sering pakai 2 butir karena ukuran telur tidak terlalu besar), dikocok lepas
Minyak goreng yang banyak untuk menggoreng churros

Bahan taburan:
4 sdm gula pasir halus (gula kastor)
1/2 sdt kayu manis bubuk

Cara membuat:
1. Masak air, butter/margarin, gula dan garam hingga mendidih dan butter/margarin meleleh. Matikan api. Masukkan terigu yang sudah diayak dan vanilla. Aduk cepat. Nyalakan kembali api kecil, aduk-aduk hingga adonan licin dan kalis (tidak menempel di panci). Angkat. Biarkan sampai agak hangat.
2. Masukkan telur, aduk rata dengan menggunakan sendok kayu. Adonan akhir adalah adonan yang lengket tapi tidak terlalu lembek seperti adonan kue sus. Bila adonan terasa masih agak susah dispuit, tambahkan telurnya (menjadi 2 butir) karena ukuran telur berbeda-beda.
3. Masukkan adonan ke dalam piping bag/kantong segitiga hingga adonan habis. Gunting ujungnya lalu masukkan lagi ke dalam piping bag/kantong segitiga yang sudah diberi spuit bintang ukuran besar.
4. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, spuitkan adonan ke dalam minyak goreng sepanjang 10 cm atau sesuai selera. Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Atau bisa juga menyemprotkan dulu adonan churros ke atas loyang yang ditabur terigu tipis, lakukan sampai adonan habis. Simpan sebentar di freezer sampai adonan agak mengeras, baru digoreng. Hasilnya lebih cantik. Kali ini saya bikin versi panjang dan bentuk hati.
5. Tunggu sampai agak hangat, baru balut dengan bahan taburan. Sebaiknya jangan saat terlalu panas langsung dibalut karena gulanya akan sedikit meleleh. Atau sajikan dengan chocolate sauce (churros con chocolate)


Beberapa step by step pembuatan churros yang sempat saya foto:

(adonan terigu setelah dimasak, belum diberi telur)



(adonan setelah diberi telur)



(adonan dicetak memanjang)



(adonan dicetak bentuk hati)



(adonan yang mengeras setelah masuk freezer, bisa mudah dimasukkan ke penggorengan)



(churros digoreng hingga kuning kecoklatan)



(done!)


Selamat mencoba dan semoga berhasil ^_^

15 comments:

kanis said...

Waahh boleh juga nih bunda di coba,aku suka banget soalnya ma churros ini,makannya masih anget anget sambil minum teh tawar deh,hihihi
Soalnya aku dah nyoba beberapa resep nya bunda dan selalu cocok di lidah,semoga yang ini juga cocok deh.
Tetep semangat bunda buat post resep resep baru,aku selalu menanti loh...
Annyeong....

Unieq Munawir said...

Saya sudah coba resepnya, enaaak.. ga tahan lama, karena begitu sudah digoreng langsung diserbu orang rumah :). tadi saya sajikan dengan vla custard, enaaaak..

Kalau tidak keberatan, saya ijin posting resep ini di blog saya, tentunya dengan menyertakan sumbernya. Sekali lagi makasih resepnya yaa teh..

Ikka wiedya said...

ijin coba resepnya ya mba...saya udh coba beberapa rsep dr blog mba ricke,paling favorite pie susu nya..trimaksih banyak...

mang kacau said...

Mbak Ricke.....ada contact person mbak Ricke ?

Nadhia Fatbamayani said...

Barusan coba resep ini dan hasilnya memuaskan. Pas di lidah, buatnya juga mudah. Cocok buat camilan santai. Terima kasih resepnya ^^

chocolatycakes said...

terima kasih mbak Ricke, aku sudah coba dan enaaaak.. suka!
aku copas ke blog ya :)

telordadar said...

Bun, kalo dimasukin freezer dulu keras ga?

sonezza said...

terima kasih resepnya Bu.....

ovengas galvalum said...

hmmmm... mau nyoba resepnya mbak.
kayaknya sih enak bgt.. hehe..
sekalian izin share di blog saya ya...
makasihh..

Indahpurwati Ayuningsih said...

Yessssss..berhasil !!!

nia arief said...

Assalamu'alaikum
Mbak, terima kasih sudah share resep-resepya. selama ini jadi SRnya blog mbak Ricke. hehe
ijin share+copy resepnya(buat koleksi resep) ya mbak.

Yonna Morgana said...

Bunda klu mau copy resepnya boleh tidak, klu boleh bagaimana caranya terima kasih

Andrea Gina Karima said...

churrosnya sweet sekali ^^
and it looks so yummy

http://overloadstories.blogspot.com

DIDI hendrawan Aji said...

salam kenal bu..
minta izin copas bwt praktek drumah semoga mas endut suka..terima kasih

Rolly Polly said...

Thank mbk resepnya, sekarang mbk masih di korea ?

Post a Comment