Wednesday, December 11, 2013

HOMEMADE TUNA MAYO PIZZA






Alhamdulillah, bisa menyempatkan lagi posting resep setelah agak lama sedang terjangkit blogging blue yang membuat saya agak malas untuk duduk lama di depan laptop meng-update blog, untungnya gak sampai baking blue dan cooking blue. Tenang aja masak dan bikin cemilan plus sedikit orderan tetap berjalan kok, hehee... ^^

Kali ini mau posting pizza aja deh ya, walau pizza ini sudah dibuatnya sebulan yang lalu, hihihiii.. Sebenarnya ini bukan pizza pertama yang saya buat di dapur saya di Korea, sebelumnya sudah pernah beberapa kali membuat pizza dengan topping berbeda-beda seadaya yang ada di kulkas. Pizza kali ini saya beri topping tuna dan mayonaise, kebetulan di rumah masih ada stok tuna dan jagung manis. Sedang tak ada paprika, daging atau ayam ya sudah pakai saja yang ada :)

Resep dough pizza crust-nya sebenarnya masih menggunakan basic recipe yang sama dengan yang saya selalu pakai dan sudah pernah diposting beberapa kali juga di blog ini, seperti disini atau disini. Tapi karena saya disini punya loyang pizza bulat ukuran diameter 30 cm bawaan dari ovennya, maka saya pun mengkonversi resepnya agar pas untuk satu buah loyang bulat ukuran 30 cm. Resep kali ini hanya menggunakan basis 250 gram terigu (yang dulu pakai 350 gram). Saus tomatnya pun saya pakai homemade alias bikin sendiri. Tapi jika mau pakai saus bolognaise siap pakai juga bisa ya, tapi lebih enak membuatnya sediri ^_^





TUNA MAYO PIZZA
by Ricke Indriani

Bahan Pizza Crust:
150 ml air hangat kuku
5 gram ragi instant (1,5 sdt)
1/2 sdt gula pasir
150 gram terigu protein tinggi
100 gram terigu protein sedang (atau bisa menggunakan terigu protein tinggi semua)
1/4 sdt garam
1,5 sdm minyak zaitun (atau minyak sayur)

Bahan Saus Tomat:
2 buah tomat (berat sekitar 250 gram), rebus dan kupas kulitnya. Blender halus.
4 sdm saus tomat atau pasta tomat
1 siung bawang putih, cincang halus
1/2 buah bawang bombay, cincang kasar
50 gram jamur kancing, cincang kasar (optional)
3/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdt oregano kering dan 1/2 sdt basil kering (saya kali ini tidak pakai karena sedang tidak ada)
1 sdm minyak sayur/minyak zaitun untuk menumis

Topping:
Tuna kalengan
Jagung manis pipil (saya pakai kalengan karena jagung manis segar susah sekali didapat di Korea)
1/2 buah bawang bombay iris bulat
150 gram keju mozzarella (saya pakai keju colby yang easy melt, tidak punya mozzarella), parut kasar
Mayonaise
Daun bawang diiris tipis (optional)
1 sdm minyak zaitun/minyak sayur, untuk olesan

Cara membuat:
Saus Tomat
1. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang bombay tumis hingga layu.
2. Masukkan jamur, tumis sebentar. Masukkan tomat yang sudah dihaluskan. Masak hingga mendidih. Masukkan saus tomat, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata dan masak hingga saus mengental dan airnya sedikit menyusut.
3. Terakhir masukkan oregano dan basil. Angkat dari api. Dinginkan.

Pizza Crust:
1. Larutkan ragi instant dan gula pasir dengan 50 ml air hangat (yang diambil dari 150 ml air hangat). Aduk rata. Diamkan sampai berbusa sekitar 10 menit.
2. Siapkan terigu, buat lubang di tengahnya lalu masukkan larutan ragi instant yang telah berbusa tadi sambil diuleni. Masukkan sisa air hangat (100 ml) bertahap sambil terus diuleni hingga kalis. Masukkan minyak zaitun/minyak sayur dan garam, uleni kembali sampai kalis elastis dan mulus. Jika menguleni manual dengan tangan, pindahkan adonan ke atas meja kerja atau alas kayu yang sudah ditaburi terigu tipis, uleni hingga kalis elastis.
3. Bulatkan adonan, tempatkan dalam wadah yang diolesi minyak tipis. Tutup dengan plastik wrap atau serbet lembab. Diamkan 1 jam hingga mengembang 2x lipat.
4. Kempiskan adonan. Uleni lagi sebentar sampai lentur kembali. Adonan siap dipakai.







Penyelesaian:
1. Panaskan oven 200'C. Oven harus betul-betul sudah panas ketika adonan masuk.
2. Siapkan loyang bulat ukuran 30 cm atau bisa menggunakan loyang pendek untuk kue kering. Olesi dengan mentega tipis.
3. Gilas adonan dengan rolling pin hingga tipis dengan ketebalan sekitar 1/2 cm saja (karena pizza akan mengembang). Letakkan dalam loyang. Kalau cara saya, tidak ditipiskan menggunakan rolling pin. Tapi hanya saya pipihkan adonan dengan rolling pin cukup hingga sampai pipih saja. Lalu letakkan di bagian tengah loyang dan mulai men-strech adonan dengan tangan hingga bulat memenuhi loyang (saya pakai loyang bulat ukuran 30 cm). Yang ini bagian pinggirannya dibuat sedikit lebih tebal dari bagian tengah (terkadang juga tidak).
4. Diamkan adonan 10 menit. Olesi adonan dengan minyak zaitun/minyak sayur tipis-tipis. Olesi merata dengan saus tomat, sisakan bagian pinggiran pizza yang tidak dikenai saus. Beri 2/3 bagian keju mozzarella merata, beri topping (saya pakai jagung manis, tuna dan bawang bombay). Taburi kembali dengan 1/3 bagian keju mozzarella. Beri mayonaise dan taburi daun bawang.
5. Panggang pizza 15-20 menit hingga matang. Angkat. Sajikan hangat dengan saus sambal dan saus tomat.





Selamat mencoba. Enjoy your homemade pizza! ^_^

11 comments:

jules said...

I found your blog quite recently and I love how great the pictures are not mentioning the generous sharing of knowledge. Until I read your caption on honesty, I totally agree because not all bloggers are sincere in sharing the accurate recipes and methods. Salute for your honesty and generosity. May Allah grant you with abundance of nikmat in life.

mutiara grey said...

selama ini silent reader aja di blog mbak ricke baru kesempatan ngomen sekarang, pizza nya menggoda banget serius loh mbak duh T_T

a21kitchencreation said...

Mba ricke tampilan pizzanya ngga kalah yummy dengan resto pizza yg terkenal itu deh. Salam kenal ya mba, btw cara menghubungi mba ricke itu kemana ya? e-add nya apa mba?. Tq.

Aklia Suslia said...

Hallo Mbak Ricke, Assalamu'alaikum..

Salam kenal yaa.. Saya baru pertama kali baca blog ini dan luar biasa kagum sama kreasi Mbak Ricke. Saya mohon izin untuk nyontek resepnya yaa, untuk coba bikin di rumah. Btw Mbak Ricke bisa jago bikin kue begini karena belajar sendiri (otodidak) atau pernah kursus sebelumnya Mbak? Terima kasih udah mau berbagi resep-resepnya ya Mbak, insya Allah jadi ilmu yang bermanfaat, semoga Mbak Ricke dan keluarga senantiasa dilimpahkan keberkahan. Amiiin.

eciie said...

Kaakk, menggoda sekali pizzanya >·< mau coba praktek tp masih blm ada oven :( kl di panggang tanpa di oven gmn kak? Bagi resep pizza yg tanpa di oven ya kak ^^ hehehe terima kasiih :3

Venny Nyoto said...

Mbak itu raginya 1 1/2 sdt atau 1/2 sdt ya?thx info nya

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

Jules: Thank you so much and thank you for drooping by here on my blog. Aamiin, may Allah bless you and family also :)

Mutiara Grey: Hayuk donk dibikin Mba kan sudah ada resepnya, hehee...

a21kitchencreation: Salam kenal kembali Mba. Saya sekarang berdomisili di Korea Selatan. Ada yang bisa dibantu?

Aklia Suslia: Salam kenal kembali Mba. Saya memulainya dengan otodidak Mba :) . Aamiin. Terima kasih dan sukses juga untukmu ya.

Eciie: Bisa dicoba pakai pan teflon tapi yang agak tebal ya. Panaskan dulu teflonnya sampai benar2 panas tinggi baru apinya dikecilkan dan masukkan pizzanya lalu ditutup. Jika takut gosong bisa sesekali diangkat dari api. Bisa juga menggunakan baking pan atau panci serba guna. Good luck,

Venny Nyoto: 1,5 sdt Mba.

Hani Apriani said...

Mbaa...pengen nyoba resep2nya...ijin copas ya mbaa??

Leoni Amalia said...

Assalamualaikum mba rikce..aku suka sama blog mba ricke..ijin copas resep2 nya ya mba.. Barakallah

bunda fitri said...

mba salam kenal ya...
uda ta coba pake pan teflon tp topingnya tuna ta ganti sosis.. ehm basenya kriuk kriuk enak lho mba, tapi kalo uda lama jadi agak alot/keras, apa emang gitu mba? makasih.. ^_^

Sulis Tiani said...

mba ricke salam kenal..izin nyontek rersep2 nya ya mba..:D

Post a Comment