Friday, January 18, 2013

BIRTHDAY CAKE FOR SYARA




Birthday cake untuk nenk Syara ultahnya yg ke-18. Request-nya dalamnya rainbow cake dengan cream cheese frosting, didekor yang minimalis tapi girly, pake figurine orang 3 buah yang menggambarkan dirinya.
Berhubung si penyandang Nong Kota Serang 2012 dan Wakil I Nong Banten 2012 ini sibuk banget sama kegiatannya jadi kuenya disimpan dulu untuk kesesokan harinya setelah dia pulang dari kegiatan di luar kota.
Akhirnya figurinnya dipisah saja dan nanti dipasang sendiri. Karena kuenya disimpan dulu di kulkas.
Space kosong di sebelah kiri itu untuk tempat meletakkan figurinnya.

Alhamdulillah nenk Syara suka dengan kuenya, kuenya enak dan rasanya gak manis banget kayak kue yang beli di tempat lain. Hatur nuhun ya nenk geulis. Doaku untukmu, sukses selalu ^_^




3 figurin untuk birthday cakenya nenk Syara. Yang satu pakai baju sekolah SMA, satu lagi pake baju Nong Banten 2012, dan satu lagi pake baju taekwondo.
Sempet mati kutu deh klo disuruh bikin figurin dan sebenernya memang gak pengen bikin figurin karena suatu alasan :)
Karena direquest ya dibikinkan. Semoga berkenan ya nenk. Mohon maaf klo masih banyak kekurangan.

TIRAMISU CAKE FOR TEH ELIS



Tiramisu cake, orderan Teh Rini untuk ultah kakaknya, Teh Elis yang lagi kepengen makan tiramisu. Hatur nuhun ya :)

GREEN FRUITY JAPANESE CHEESE CAKE



Pesanan Teh Rini, dalamnya JCC dengan frosting krim warna hijau diberi sedikit taburan green tea bubuk. Diberi topping mixed fruits segar.
Hatur nuhun orderannya ya :)

THOMAS BIRTHDAY CAKE FOR RAFKA



Thomas birthday cake untuk Rafka, pesanan Mba Leni. Dalamnya chocolate cake, didekor full fondant dengan tema Thomas. Makasih ya :)

TIRAMISU CAKE FOR ABI FABIAN




Tiramisu pesanannya nenk Lia untuk surprise ultah suaminya tercinta.
Alhamdulillah kejutan kecilnya berhasil. Katanya suaminya senang sekali dan bilang tiramisunya enak sekali, lebih enak dari yang pernah dia beli di salah satu bakery.
Hatur nuhun pesanannya ya nenk geulis. Maaf baru sempat diupload :)

BIRTHDAY CAKE FOR ANIN




Birthday cake yang dipesan oleh Mba Yuni untuk ultah putrinya, Anin. Basecakenya rainbow cake, didekor nuansa pink dan ungu yang girly.
Terima kasih pesanannya ya Mba :)

Tuesday, January 15, 2013

ONTBIJTKOEK (MY ENTRY FOR LBT 2nd ANNIVERSARY)



Pertama, tak ada cake atau kue yang istimewa saya buat untuk ulang tahun LBt yang ke-2 ini. Hanya resep simple ini yang saya setorkan. Maafkan...
Tetapi, cake ini sangat disukai keluarga, Nadhifa suka sekali. Hangat-hangat sudah tidak sabar menunggu photo sesion si kue yang sibuk difoto oleh Bundanya :)
Setengah loyang cake ini pun habis oleh Nadhifa, siangnya dia makan sebelum akhirnya tertidur, kemudian sore hari ikut makan kue ini lagi bersama kami sambil ditemani teh hangat.

Ontbijtkoek (The Dutch Spice Breakfast Cake), yang artinya adalah kue yang dimakan untuk sarapan (ontbijt = breakfast/sarapan, koek = cake/kue). Cake tradisional khas Belanda/Holland yang sudah menjadi bagian dari salah satu kue tradisional Indonesia. Tak lepas dari pengaruh kolonialisme yang dulu masuk ke Indonesia. Namun di Indonesia, kue ini lebih sering dimakan sebagai teman minum teh di sore hari, ketimbang untuk sajian sarapan. Is it true? Ya terserah yang mau makannya, buat sarapan oke, buat ganjal perut sebelum makan siang (brunch) oke, buat teman minum teh di sore hari pun oke ;)

Ada berbagai versi resep, dari type buttercake, type muffin, sampai type spongecake. Yang menjadi cirikhas adalah penggunaan brown sugar (di Indonesia lebih familiar menggunakan palm sugar/gula aren bubuk/gula semut) dan bubuk rempah atau spice seperti kayu manis, pala, cengkeh, dsb. Di Indonesia lebih sering langsung menggunakan bumbu spekoek yang sudah merupakan campuran dari rempah-rempah tersebut.
Aslinya ontbijtkoek ini tidak menggunakan lemak apapun (margarin, butter, minyak), dan hasil cakenya cenderung kering. Oleh karena itu cake ini sering dinikmati dengan olesan butter ketika masih hangat. Atau dimakan dengan dicelup ke dalam teh/kopi hangat, seperti kebiasaan Ibu saya ketika menikmati ontbijtkoek.

Saya membuat ontbijtkoek ini sudah versi Indonesia, menggunakan metode spongecake dan juga tentu ada penggunaan margarin/butter dalam adonannya. Cakenya empuk dan lembut, tidak seret. Beraroma rempah dengan citarasa gula aren yang khas. Saya menggunakan resep dari bundel tabloid SAJI edisi 205 yang kebetulan saya punya di rumah.



ONTBIJTKOEK

Bahan:
5 butir telur
1 sdt cake emulsifier (optional)
100 gram gula aren bubuk/gula semut
50 gram gula pasir
100 gram tepung terigu protein sedang (all purpose flour)
25 gram maizena
20 gram susu bubuk
2 sdt bumbu spekoek (peres/rata)
75 gram margarin/butter, lelehkan
Almond slice/kenari untuk taburan

Cara membuat:
1. Kocok telur, gula aren bubuk, gula pasir dan cake emulsifier hingga mengembang, kental dan berjejak. Masukkan campuran tepung terigu, maizena, susu bubuk dan bumbu spekoek yang sudah diayak secara bertahap. Aduk rata.
2. Masukkan margarin/butter leleh. Aduk balik hingga merata.
3. Tuang ke loyang loaf ukuran 26x11x8 cm (saya pakai 2 buah loyang brownies ukuran 10x30x4 cm) yang sudah dialas kertas roti dan dioles margarin. Taburi almond/kenari.
4. Panggang dalam oven suhu 180'C hingga matang. Test sentuh dan test tusuk. Angkat dan segera keluarkan dari loyang. Dinginkan.

Note:
- Gula aren bubuk/gula semut bisa diganti dengan palm suiker/gula palem yang dijual di pasaran. Tapi sekedar info, palm suiker yang dijual di pasaran adalah gula campuran gula aren dan gula pasir, jadi tidak 100% gula aren. Sedangkan gula aren bubuk/gula semut 100% gula aren.
- Test sentuh permukaan cake ketika merasa cake sudah matang (selain test tusuk), jika permukaan disentuh sudah tidak kempes/lembek berarti cake sudah kokoh untuk dikeluarkan dari oven.
- Selain almond/kenari, bisa juga ditaburi wijen, kismis, chocolate chips, dsb.

Selamat mencoba :)


(Setelah selesai difoto, ada tangan mungil yang sudah tak sabar mencomot kuenya, hehee...)

(Numpang narsis ya, hihihiii... She loves ontbijtkoek)


Happy 2nd Anniversary LBT. Semoga bisa lebih maju ke depannya dan bisa terus menjadi wadah para pencinta baking yang ingin saling berbagi ilmu dan meningkatkan minat bakingnya. Aamiin...

Friday, January 4, 2013

BIRTHDAY CAKE FOR HAURA




Birthday cake ini dipesan oleh Mba Anis (Mama Haura) untuk ultah putri cantiknya yang ke-2 tahun, Haura.
Base cakenya chocolate cake. Didekor dengan gambar angry bird centil berpita, hehehee... Karena Haura sedang suka dengan angry bird.
Alhamdulillah, semua suka dengan kuenya. Terima kasih orderannya ya Mba.

Thursday, January 3, 2013

SEMPRIT SAGU (NO KEJU) DAN SEMPRIT KETAN HITAM FOR SEFFI


Dipesan oleh Seffi untuk putri tercintanya Rere yang sedang diet terigu/gluten, produk susu dan turunannya, juga coklat.
Ini sudah kedua kalinya pesan. Alhamdulillah Rere suka dengan cookiesnya.
Terima kasih orderannya ya. Semoga Rere tambah pintar dan sehat selalu. Aamiin...

BIRTHDAY CAKE FOR SILVANA'S GRANDMA


Birthday cake ini dipesan oleh Silvana, untuk ultah nenek tercinta yang ke-75 tahun. Base cakenya rainbow cake dan didekor simple tapi tetap cantik.
Semoga nenek selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan bersama keluarga tercinta ya. Aamiin... Terima kasih orderannya ya say :)

SIMPLE BLACK FOREST CAKE FOR BU TEMY


Dipesan oleh Bu Temy untuk dikonsumsi sendiri di rumah bersama keluarga tercinta. 3 layers chocolate sponge cake dengan filling whipped cream dan dark cherry.
Terima kasih orderannya ya Bu geulis ^_^

BIRTHDAY CAKE FOR NEYSHILLA


Dipesan oleh Mba Lucy untuk ultah pertma putri kecilnya yang imut dan lucu, Chilla. Base cakenya chocolate marble japanese cheese cake dengan lapisan rare cheesecake strawberry. Didekor nuansa girly dengan edible photo bertema mickey and mini mouse kesukaan Chilla. Terima kasih pesanannya ya Mba ^_^

PESANAN KLAPPERTAART

Beberapa orderan klappertaart yang dipesan oleh beberapa customers beberapa waktu yang lalu. Terima kasih orderannya ya ^__^









BIRTHDAY CAKE FOR BROERI




Birthday cake ini dipesan oleh temanku Rita, untuk ultah kakak tercinta yang juga pada bulan haji kemarin telah selesai menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Jadi cakenya request ada gambar ka'bah-nya.
Base cakenya rainbow cake. Alhamdulillah semua suka dengan kuenya, katanya manisnya pas dan tidak eneg.

Terima kasih orderannya ya say. Semoga yang ultah senantiasa diberikan keberkahan usia dan juga menjadi haji yang mabrur. Aamiin...

EGG TART (PIE SUSU)



Egg tart atau di beberapa daerah biasa disebut pie susu/tar susu, di Papua disebut kue lontar adalah kue yang terbuat dengan base pastry crust/pie crust yang kemudian diberi filling yang terbuat dari campuran telur dan susu.
Egg tart yang menggunakan pie crust seperti ini lebih terkenal di Asia.
Ada juga yg basenya menggunakan puff pastry crust, dikenal dengan Portuguese egg tart. Serupa tapi tak sama. Portuegese egg tart fillingnya lebih creamy karena menggunakan fresh cream.

Tertarik membuat egg tart ini karena terpesona melihat kue yang satu ini wira wiri terus di dapurnya si Ratu Pie Surabaya Mba Enno Alura Kurniawan. Tentunya rasa pie susu buatan Mba Enno sangat enak.
Suamiku dan Nadhifa doyan banget. Dulu pernah makan yg oleh-oleh itu lho, tapi jujur rasanya gak begitu istimewa. Tapi klo yang bikin sendiri bagaimana? Jawabannya, enyaaakkkkkk.... :D
Crust-nya yang renyah dan fillingnya yang lembut, manisnya pas. Jangan khawatir, jika qta benar cara mengolahnya, kue ini sama sekali tidak berbau amis telur dan juga untuk yang tidak suka susu cobain deh kue ini tidak terlalu 'nyusu' dan tidak eneg :)

Waktu trial pertama kali saya mencoba menggunakan maizena ke dalam adonan crust. Tapi ternyata hasilnya jadi agar rapuh, walaupun tetap enak. Kemudian dapat info dari Teh Iyam di Garut, katanya gak usah pakai maizena karena bikin rapuh. Akhirnya maizena saya skip dan terigunya ditambah menjadi 500 gram.
Terima kasih Mba Enno, atas inspirasinya dan Teh Iyam atas sarannya.



Egg Tart (Pie Susu)
by Ricke Indriani

Bahan kulit/crust:
300 gram margarin/butter
2 sdm gula halus (munjung)
3 kuning telur
500 gram tepung terigu protein sedang/all purpose flour

Cara membuat:
Campur semua bahan menjadi satu menggunakan pisau pastry atau sendok kayu hingga adonan berbutir-butir dan tercampur rata. Padatkan dan bulatkan hingga mudah dipulung. Cetak dalam cetakan pie yang sudah dioles tipis dengan margarin/minyak oles loyang. Sisihkan.

Bahan filling:
300 ml susu kental manis (kurang lebih 1 kaleng)
400 ml air
8 kuning telur, kocok lepas
30 gram tepung custard
1-2 sdt vanilla susu

Cara membuat:
Campur susu kental manis dan air, aduk rata. Masukkan kuning telur. Aduk rata. Masukkan tepung custard dan vanilla. Aduk rata. Saring.
Tuang filling ke dalam adonan kulit pie yang sudah dicetak sampai penuh. Panggang dalam oven suhu 160'C selama 45 menit hingga filling set dan menguning.
Angkat dan keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 10 menit hingga hangat, baru keluarkan dari cetakan. Dinginkan. Simpan di lemari es/kulkas agar lebih nikmat.



Tips:
- Kulit pie/crust bisa dipanggang langsung bersama fillingnya, atau dipanggang dulu sendiri selama 10 menit untuk hasil kulit yang lebih kering. Kalau saya biasanya langsung dipanggang bersamaan. Anda juga bisa menggunakan resep kulit pie/crust favorit Anda yang sudah biasa Anda pakai.
- Sebaiknya gunakan suhu rendah, agar kulit pie/crust bisa matang sempurna tetapi tidak membuat filling menjadi cepat menggembung dan pecah karena suhu yang terlalu tinggi.
- Patokan lama memanggang terkadang berbeda-beda, sesuai oven masing-masing walau dengan settingan suhu yang sama. Jadi, sesuaikan saja ya :)
- Jangan memanggang hingga filling menggembung tinggi bahkan pecah. Filling yang menggembung tinggi, jika dikeluarkan dari oven dan dingin akan menjadi terlalu cekung dan mengkerut/keriput. Dari rasa tidak ada masalah, hanya saja tampilannya jadi tidak mulus :)
- Perhatikan jika filling terlihat sudah mulai naik mengembang, segera keluarkan dari oven. Atau jika dirasa kulit belum cukup kokoh, rendahkan lagi suhunya dan lanjutkan memanggang.
-Jumlah kue yang dihasilkan tergantung ketebalan kulit pie dan ukuran cetakan. Jika adonan filling masih bersisa sedangkan adonan kulit sudah habis, silahkan membuat kembali tambahan adonan untuk kulit. Atau sebaliknya.

Selamat mencoba! ^__^