Friday, January 3, 2014

APPLE PIE






Mengisi blog lagiiii... ^^ . Nadhifa sedang liburan winter/musim dingin jadi gak sekolah selama 2 minggu ini, Bundanya jadi tidak punya banyak waktu untuk berlama-lama menulis dan mengetik di depan laptop plus sambil mengerjakan pesanan-pesanan juga di sela-sela aktifitas. Postingan ini pun seperti biasanya, late post alias postingan telat mendekati basi, hihihihhh... :p

Apple pie ini dibikinnya sudah beberapa bulan yang lalu, saat autumn/musim gugur dimana Korea sedang panen raya apel jadi harga apel murah. Yang mini saya buat bulan September dan yang loyang ukuran 18 cm saya buat bulan Oktober. Kalau beli apel sebenarnya suka tidak tahan lama, karena si nenk Nadhifa dan Abinya suka sekali makan apel. Kalau mau dibuat kue ya harus diniatin dan disisihkan dulu biar tidak kehabisan. Untuk apple pie ini sebaiknya gunakan apel yang bertekstur renyah dan rasanya sedikit asam agar lebih segar, misalnya apel malang atau granny smith. Saya menggunakan apel Korea yang mirip dengan apel malang, hanya saja apel malang wanginya lebih semriwing ^^

Apple pie ini sebenarnya banyak versi, ada yang versi American, Dutch (Belanda), French (Perancis), dsb. Bentuknya ada yang mini, dalam loyang besar. Ada juga yang menggunakan kulit puff pastry lalu dibentuk segitiga/halfmoon/persegi (biasa disebut apple turnover). Dutch apple pie biasanya bagian atasnya diberi taburan crumble/streusel, sedangkan French apple pie menggunakan 2 lapisan apel untuk filling dan irisan apel yang ditata untuk topping atas. Yang saya buat kali ini (sepertinya) versi American ya, hmmmm... apapun yang penting enak lah ya, hehee... Kali ini bagian atasnya saya bentuk dengan lattice (anyaman). Biasanya untuk pesanan apple pie mini saya lebih memilih untuk dibentuk 'cross' saja supaya lebih cepat pengerjaannya atau langsung ditutup dengan adonan yang sudah digilas kemudian diberi keratan untuk lubang keluar uap panas dari fillingnya. Dikreasikan saja ya sesuai keinginan, kalau ditutup langsung dengan adonan pastikan dibuat lubang atau keratan agar uap panas dari filling selama dioven bisa keluar.

Dulu saya sudah pernah posting apple pie di blog ini, tapi sudah lama sekali tidak pernah posting update-nya. Teman-teman bisa memakai resep pie crust apa saja tinggal diberi filling apel-nya. Saya menggunakan resep pie crust yang sama dengan crust untuk pie lainnya (seperti susu/egg tart dan fruit pie). Satu resep di bawah ini bisa menghasilkan kurang lebih 2 loyang ukuran 18 cm atau dibuat pie mini dengan jumlah tergantung ukuran cetakan pie mini yang digunakan. Bagi yang mau mencoba membuat sendiri di rumah, here's the recipe :)





APPLE PIE
by Ricke Indriani

Bahan Pie Crust:
500 gram terigu protein sedang
300 gram margarin/butter, dingin
3 kuning telur
2 sdm gula halus
½ sdt garam
1 sdt vanilla

Bahan isi:
6 buah apel malang/granny smith (sebaiknya pilih apel bertekstur renyah dengan rasa asam manis)
1 sdm air jeruk lemon
100 gram gula pasir
2 sdm gula aren bubuk/gula merah yang diiris halus
¼ sdt garam
2 sdt kayu manis bubuk (peres)
2 sdm maizena
50 gram margarin
50 gram kismis, rendam air panas, tiriskan dan cincang kasar (optional)

Olesan:
2 kuning telur, kocok lepas


(Apel yang saya gunakan, mirip apel malang)

(Mini apple pie sebelum dipanggang)


Cara membuat:
1. Isi: Kupas apel, buang bagian bijinya dan potong-potong dadu kecil kemudian tempatkan dalam wadah. Beri air jeruk lemon, aduk rata. Masukkan gula pasir, gula aren bubuk/gula merah, garam dan kayu manis bubuk. Aduk rata. Simpan dalam lemari es selama 30 menit hingga apel keluar airnya (juicenya).
2. Taburi dengan maizena, aduk rata. Panaskan apel bersama airnya di atas api sambil diaduk-aduk hingga mengental dan apel agak lunak. Matikan api. Panas-panas masukkan margarin dan aduk rata hingga seluruh margarin meleleh. Masukkan kismis. Aduk rata. Dinginkan.
3. Kulit: Campur margarin, kuning telur, gula halus, garam dan vanilla. Aduk rata. Masukkan terigu, aduk kembali menggunakan pisau pastry atau dua buah garpu hingga adonan berbutir-butir (seperti pasir kasar) dan tercampur rata. Satukan dan padatkan adonan kemudian bulatkan agar mudah dipulung. Bungkus dengan plastik wrap dan simpan di kulkas 30 menit hingga 1 jam.
4. Olesi cetakan pie mini dengan margarin tipis-tipis, ambil adonan secukupnya dan cetak dalam cetakan pie sambil ditekan-tekan. Sisakan sedikit adonan untuk membuat anyaman tutup pie. Untuk pie loyang besar, gilas adonan tipis sekitar 0,5 cm lalu letakkan di loyang yang telah diolesi margarin tipis, ratakan dan sisan adonan untuk tutup bagian atas pie.
5. Isi kulit pie dengan bahan isi. Lakukan hingga habis.
6. Gilas tipis sisa adonan kulit pie, potong-potong memanjang sesuai ukuran cetakan. Buat motif anyaman di atas pie. Olesi permukaannya dengan kuning telur. Tata cetakan di loyang datar.
7. Panggang dalam oven dengan suhu 170’C-180'C selama 30-50 menit (tergantung ukuran pie) hingga matang permukaannya kecoklatan dan fillingnya terlihat mendidih.
8. Angkat. Diamkan 15 menit dalam cetakan hingga agak hangat kemudian keluarkan dari cetakan dan dinginkan.


Yang ini versi loyang (ukuran 18 cm)

(Sebelum dipanggang)


(Fresh from the oven)


(Enjoy!)


Selamat mencoba dan semoga berhasil :)

19 comments:

gadiza said...

assalamualaikum bunda..mau minta izin copy resepnya ya..soalnya pertama coba buat langsung berhasil n enak..jadi suka dengan kue2 nya..boleh tak?? terima kasih

Reny Faizar said...

Hii mba,aku sk berkunjung ke.blogmu menggiurkan smua resepnya trus fotonya keren2 deh..hebat y mba,di negeri org msh sempet baking berarti dr indo dong bw peralatan perangnya he.trus ngmg2 mba pke kamera apa?makasih mba..

justyusti said...

Teh Ricke, saya kalau membuat toping anyaman selalu tidak sama ukurannya. Ada yang lebih lebar atau yg lebih tipis. Gimana menyiasatinya ya, Teh? Kalau pakai penggiling mie bisakah?

Makasih, Teh Ricke :)
-Yusti-

Wenni said...

Assalamu'alaikum mbak riecke...
Seneng banget ketemu ma blog mbak...
Resepnya mantap,fotonya keren2,jadi terpacu buat coba resepnya... Makasih mbak saya termasuk orang yang sering jalan2 di blog mbak riecke..hehe
Sukses selalu ya,salam to nadhifa

Sari Emiarti said...

Assalamu'alaikum mba ricke,,salam kenal mba,,saya senang sekali berkunjung ke blognya mba ricke,,saya minta saran dong mba gimana cara memulai bisnis jualan kuenya,,mohon sarannya ya mba,,makasih sblmnya mba,:))

resa echa said...

bunda, pake kamera apa ya kalo boleh tau? hasil fotonya bagus2 dan sukses bikin ngiler

@in_Grid85 said...

gimana cara anyamnya bisa rapi begitu sih mba?

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

Gadiza: Silahkan Mba, jika dipublikasi kembali mohon dicantumkan sumbernya ya. Terima kasih :)

Reny Faizar: Yang saya bawa cuma mixer saja dan beberapa buah loyang Mba. Sisanya saya nyicil beli disini dan itupun gak banyak, terbatas saja karena saya dan keluarga tinggal ngekost disini, hehee... Saya pakai kamera Canon 1100D Mba. Trims ya :)

Yusti: Saya manual saja Mba, tipiskan dengan rolling pin dan dipotong dengan pisau pakai bantuan penggaris :)

Wenni: Wa'alaikumsalaam. Terima kasih juga ya sudah mampir kesini Mba :)

Sari Emiarti: Yang pasti harus berani memulai Mba dan berani menghitung, juga berani menghadapi kenyataan kalau awalnya belum bisa mendapatkan keuntungan sesuai yang kita perkirakan. Kalau bisnis makanan kan masalah penerimaan lidah customer harga nanti menyesuaikan dengan pangsa pasar kita. Yang penting bisnis itu harus ada untungnya, besar kecilnya relatif tergantung masing2 penjual :)

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

Resa Echa: Canon 1100D Mba :)

Ingrid: Hehee, biasa aja Mba aku bikinnya manual kok :)

dyananda said...

Mbaaak blognya kok ga diupdate lagi? Udah kangen sama resep n foto2 kreasi mba ricke nih :D

desy marfalina said...

mbak...aku ijin copy resep apple pienya dong.. blm pernah buat sendiri sih hbs kalo diliat2 agak ribet buatnya, tp begitu liat resep mbak ricke kok kayaknya cepet bikinnya. Biasa buat alternatif bekal anak2 kesekolah nih..

nyoba-resep said...

sumpah..aku suka banget dengan resep2nya mb ricke.. aku dah cobain 3 resep gak ada yg gagal, semua sukses dan rasanya seperti yg digambarkan mb ricke. yg paling aku suka fudgy browniesnya mbak. melty.. langsung ludes sehari aja. tadi siang nyoba apple pie ini.. uenakk tenan... Beda ma blog lain, bbrp aku coba hasilnya gak memuaskan.. thanks ya mbak, udh mau share.. sering2 upload resep baru dong mbak..

stevani oktavia said...

Mbak,gmna y jika a☺ order kbtlan someone nya ada di seoul..makasi sblumnya y..

stevani oktavia said...

Mbak ricke gmna y cara ngordernya kbtlan banget mbak juga di seoul kan hehehe..makasi y mbak

stevani oktavia said...

Mbak ricke,gmna y cara ordernya?soalnya a☺ order utk someone di seoul..dtnggu reply ny mbak..makasi =)

Chatarina Nina said...

Saya seneng bgt mampir ke blog mb ricke..resepnya enak2 dan fotonya bener2 menggugah selera :) bener2 jd inspirasi saya.. saya contek resepnya boleh y mba... mau coba bikin apple pie..hehe..makasih

Emma's Diary said...

Assalamualaikum....

Halo mb Ricke Salam kenal....
Terimakasih share resep2nya, ngebantu bgt yg lagi belajar masak dan harus masak

Siti Hamiah (Miya) said...

mb Ricke, makasihh yaa sharing resep-resepnya, :)

wurry larasaty said...

Assalamualaikum mba ricke sy sdh coba resep na mantab bgt mba wenakkk tenan. Trimakasih bnyk mba resep na.

Post a Comment