Thursday, February 27, 2014

NASTAR ISI COKELAT



Bismillah... mulai mengisi blog kembali setelah vakum tidak update blog cukup lama ya kayaknya ^^ , selain karena kesibukan lain juga karena anakku Nadhifa sedang liburan pergantian tahun ajaran baru sekolah jadi full ada di rumah. Kalau putriku ini sedang ada di rumah terus terang saya jadi agak kurang leluasa berlama-lama di depan laptop karena Nadhifa merasa dicuekin oleh bundanya, hehehee... Baru duduk sebentar sudah dibilang "Bunda sini temenin Dhifa menggambar aja.", hihihiii...

Nastar isi cokelat ini sebenarnya orderan dari seorang teman disini, beliau pesan 2 macam nastar yaitu nastar original isi selai nanas dan nastar isi cokelat. Sebetulnya saya disini sedang tidak mengerjakan pesanan kue kering, alasannya adalah karena oven saya yang kapasitasnya kecil bikin punggung encok pegel linu kalau mengerjakan kue kering apalagi kalau dalam jumlah banyak, hihihiii... Tapi karena pesanan teman saya ini sudah dari jauh hari dan sempat tertunda juga karena saya kurang fit jadi tetap saya kerjakan, plus pesannya juga tidak terlalu banyak jadi okeee saya kerjakan ;)

Kulit nastarnya sama saja seperti resep kulit nastar original, hanya isiannya diganti cokelat yang berbentuk pasta, bagian permukaannya diberi motif coret dengan dark chocolate leleh. Dulu sekali saya pernah melihat teman saya Mba Nien Ieng posting nastar isi cokelat, sempat ingin mencobanya tapi belum kesampaian juga karena selama ini hanya mengerjakan pesanan nastar original dan nastar keju saja, hehehee... Bahan-bahan isian nastarnya saya lihat dari Mba Nien tapi komposisinya saya pakai takaran sendiri sesuai selera saya. Terima kasih atas inspirasinya ya Mba Nien ^_^

Resep kulit nastar bisa menggunakan resep andalan masing-masing yang mana saja ya, tapi saya sertakan juga pada resep di bawah ini, silahkan jika mau mencobanya dan semoga berhasil.



NASTAR ISI COKELAT
by Ricke Indriani

Bahan kulit:
250 gram butter+margarin (saya pakai 1:1)
3 butir kuning telur (ukuran besar)
60 gram gula bubuk
1/2 sdt vanilla
25 gram susu bubuk
370 gram terigu protein sedang/all purpose flour (masukkan sesuai kebutuhan adonan)

Bahan olesan:
2 kuning telur dan 1 sdt susu cair (untuk mengencerkan agar lebih merata saat dioles), diaduk rata

Bahan topping:
Dark cooking chocolate, lelehkan. Masukkan ke piping bag/plastik segitiga.

Bahan isi cokelat:
100 gram terigu protein sedang, ayak
20 gram cokelat bubuk
90 gram gula pasir
35 gram butter/margarin
35 gram air matang
75 gram dark cooking chocolate, dicincang

Cara membuat:
Isi:
1. Campur dan ayak terigu dan cokelat bubuk. Sisihkan.
2. Campur gula pasir, butter/margarin dan air. Panaskan dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga mendidih dan gula larut.
3. Masukkan dark cooking chocolate cincang dan aduk-aduk hingga seluruh cokelat meleleh dan tercampur rata. Matikan api.
4. Masukkan campuran terigu dan cokelat bubuk. Aduk rata dengan sendok kayu. Nyalakan kembali api kecil, aduk-aduk hingga membentuk adonan pasta yang licin dan kalis. Angkat. Biarkan hingga agak hangat.
5. Pulung adonan isi dan bentuk bulatan yang disesuaikan dengan besar kecilnya ukuran nastar. Sisihkan.

Kulit:
1. Campur butter+margarin, gula bubuk dan vanilla. Kocok menggunakan kecepatan rendah hingga lembut, tidak perlu sampai mengembang.
2. Masukkan kunig telur, kocok sebentar asal rata. Matikan mixer.
3. Masukkan susu bubuk, aduk rata dengan sendok kayu.
4. Masukkan terigu secara bertahap sambil diaduk rata dengan sendok kayu. Sesuaikan jumlah terigu dengan kondisi adonan. Jika adonan sudah cukup teksturnya dan bisa dipulung (sudah tidak lengket tapi masih lembut dan tidak kering) dan terigu masih bersisa, hentikan penambahan tepung, adonan jangan terlalu kering.
5. Panaskan oven sengan suhu rendah (saya pakai 130-140'C).
6. Pulung adonan secukupnya, beri isi kemudian bulatkan. Tata di loyang (saya tidak mengoles loyang dengan margarin/butter).
7. Panggang dalam oven selama 15-20 menit. Keluarkan dari oven, poles dengan bahan olesan. Panggang kembali 15-20 menit hingga matang dan permukaan kuning keemasan. Angkat dan dinginkan.
8. Beri topping coretan dark chocolate leleh. Biarkan topping mengeras. Simpan nastar dalam wadah kedap udara.




Tips:
- Kocok butter dan margarin sampai lembut saja, tidak perlu sampai mengembang karena akan membuat nastar menjadi 'ceper, melebar saat dipanggang.
- Penambahan terigu bisa disesuaikan dengan kondisi adonan. Jika adonan sudah cukup teksturnya dan bisa dipulung (sudah tidak lengket bila disentuh jari tapi masih lembut dan tidak kering) dan terigu masih bersisa, hentikan penambahan tepung, adonan jangan terlalu kering.
- Bila suhu ruangan cukup hangat/gerah, ambil adonan secukupnya untuk dibentuk (misal setengahnya) dan sisanya dibungkus plasik wrap simpan dalam lemari es agar butter dalam adonan tidak mencair yang menyebabkan adonan menjadi keras.
- Resep kulit nastar bisa memakai resep andalan masing-masing sesuai selera ya, yang penting isinya cokelat kan namanya juga nastar isi cokelat, hehee...

Selamat mencoba and good luck! ^_^

9 comments:

Mama Aisyah said...

Salam kenal mba Ricke..Sukaa banget sama blognya, menginspirasi untuk terus maen-maen di dapur :D
Barusan nyobain resep pempeknya, mantaab...4 jempol deh. Hihihi
Makasih banyak yaa ^^

Stevanny Yophi said...

Kangen sama blog mba ricke,bener memang udah lama bener gak update blog,padahal saya udah bolak balik cek blognya.hehehe...mba,mau nanya,kalo adonan nastar itu di masuk kan ke kulkas dulu sebelum di pulung itu maksimal berapa lama?bs semalaman kah..

ElsaKournia said...

wah menggoda sekali, suami saya langsung minta bikinin nih mba :) ada tips n trik ga mba ricke untuk nyoret nastarnya? pake spuitkah? rapi bgt soalnya :)

maya permata sari said...

assalamualaikum mba ricke,salam kenal ya,,,boleh minta alamt emailny mba,,

Zepani NM said...

Salam kenal mba.....saya senang sekali membaca tiap resep di blog ini,saya sudh coba resep2nya dan hasilnya enaaaak banget....terima kasih ya mba ricke sudh membagi ilmunya....ayo mba semangat membuat kue lgi....

nia arief said...

Assalamu'alaikum. mbak saya ijin copy paste resepnya ya mbak. buat koleksi resep pribadi saja. terima kasih sebelumnya :)
oiya saya sudah coba beberapa resep dari blog ini. alhamdulillah berhasil semua. CCC, donat ala J.co, Pizza, DFC, kue sus, cookies, churous, pancake, bolgul, dan rainbowcake. hihi
terimakasih ya mbak

Raihanah Jumingan said...

Great! :) :) From Malaysia

isaac raya said...

Woooow cantik......banget photonya mbak......! ijin bagi resepnya ya mbak lg belajar baking : )

Dahlia Damaiyanti said...

Malam mba ricke,
Salam kenal
Alhamdulillah tadi sy sudah praktek bikin ini, untuk rasa Mnurut saya enak, manisnya cukup tidak berlebih, yang mau sy tanyakan
1. Kenapa nastar sy setelah dipanggang retak2 ya? Pdhl sebelumnya bulat mulus.
2. Pas sy mau ksh topping, dark chocolate nya Kaku susah dibentuk tidak lentur, Pdhl sudah sy steam,. Apa perlu ditambah margarin?
Trima kasih sebelumnya atas penjelasannya. Trima kasih sudah berbaik hati men share resep2 nya.
Salam

Post a Comment