Thursday, June 26, 2014

PATBINGSU (팥 빙수) a.k.a ES SERUT KACANG MERAH KHAS KOREA




Summer di Korea = Bingsu!

Bingsu (빙수) artinya es serut. Di Korea kalau sedang summer alias musim panas pasti akan banyak aneka bingsu yang dijual dimana-mana. Mulai dari kedai biasa, cake shop and bakery, cafe, food court, sampai restaurant cepat saji akan menyediakan aneka bingsu dalam menu saat musim panas tiba.

Bingsu ini diberi isi dan topping beraneka ragam. Salah satu yang paling terkenal adalah Patbingsu atau es serut kacang merah (Pat/팥 = red bean/kacang merah). Patbingsu adalah salah satu dessert khas Korea, dijual dari mulai yang original/tradisional yang hanya diberi isi kacang merah saja dan biasanya ditambah beberapa buah tteok (rice cake/kue beras), sampai dengan tambahan topping aneka buah-buahan segar atau buah kaleng, aneka berry, kacang-kacangan, sereal seperti cornflakes, aneka ice cream, yogurt, dll. Varian bingsu yang lain selain Patbingsu misalnya ada juga Gwailbingsu (es serut buah), Nokchabingsu (es serut green tea), Coffeebingsu (es serut kopi), dan masih banyak lagi bingsu-bingu yang lain.

Di Indonesia juga ada es kacang merah, tapi kacang merah yang digunakan jenisnya berbeda. Kalau di Indonesia menggunakan kacang merah atau kacang jogo dengan biji lebih besar dan pipih, dalam bahasa Inggris disebut Kidney bean dan dalam bahasa Korea kalau tidak salah disebut Gangnangkong (강낭콩)? Di Indonesia es kacang merah biasanya disajikan dengan kuah santan dan air gula/air gula merah, sangat khas tradisional Indonesia. Sedangkan kacang merah yang digunakan dalam Patbingsu ini adalah jenis Azuki bean atau Red bean dengan biji lebih kecil dan bulat, dalam bahasa korea disebut Pat/Jeokdu (팥/적두) . Tetapi bila teman-teman di Indonesia kesulitan untuk mendapatkan kacang merah jenis azuki bean, bisa menggantinya dengan kacang merah jogo, tentu nanti citarasa yang dihasilkan akan berbeda ya :)


(Red bean/azuki bean/pat/jeokdu)


Saya mencoba untuk membuat Patbingsu homemade. Awalnya mau menggunakan potongan buah segar, tapi di rumah sedang tidak punya buah apapun selain cherry merah. Akhirnya pakai buah kalengan yang ada di rumah saja (saya lihat banyak juga kedai/restaurant yang menggunakan buah kalengan tropikal untuk isi bingsu). Selain homemade pasta kacang merah, saya juga membuat homemade tteok (rice cake/kue beras) untuk tambahan toppingnya karena punya stok chapssalkaru (tepung ketan) di rumah. Saya tidak punya alat serut es atau ice shaver machine, jadi es batunya saya blender sampai halus saja. Alhamdulillah jadi juga makan homemade Patbingsu kemarin. Patbingsu ini juga cocok untuk sajian berbuka puasa nanti tentunya.

Bulan Ramadhan di Korea bertepatan dengan musim panas dan akan melewati puncak musim panas di bulan Juli nanti, jadi Patbingsu ini tentu saja bisa menjadi salah satu sajian untuk berbuka puasa yang menyegarkan, dingin dan manis. Sluurrrppp… Resep ini saya pelajari cara pembuatan isi kacang merah (sweet red bean) dari website Maangchi, tetapi takaran bahannya saya pakai sesuai selera saya. Sedangkan untuk bingsu tteok-nya pembuatannya saya buat sama dengan membuat candil, tetapi digilas dan dibentuk kotak. Yuk, dicoba membuatnya ^_^






Patbingsu (Es Serut Kacang Merah khas Korea)
Oleh: Ricke Indriani

Bahan isi kacang merah:
200 gram red bean jenis azuki bean
1000 ml air
150 gram gula pasir
½ sdt garam
1 sdt vanilla

Bahan bingsu tteok (rice cake/kue beras untuk bingsu):
100 gram tepung ketan
80 ml air panas/mendidih (sesuaikan dengan kondisi adonan)
¼ sdt garam
1 sdm gula halus
Air untuk merebus
Ekstra tepung ketan untuk taburan
Gula halus untuk taburan

Es serut
Aneka buah segar potong/buah kalengan (saya membuatnya dengan buah kalengan karena sedang tidak ada stok buah segar di rumah)
Susu kental manis
Almond slice sangrai/corn flakes, dll sesuai selera


(Isi kacang merah yang sudah matang, lembut dan empuk tetapi masih ada sebagian butiran kacangnya)

Cara membuat:
Isi kacang merah:
Cuci bersih kacang merah (azuki bean), masukkan ke panci dan rebus dengan 1 liter air dengan api sedang sampai mendidih. Tutup panci dan kecilkan api, rebus hingga kacang empuk dan mudah hancur bila ditekan. Masak sampai airnya berkurang tetapi jangan sampai air habis meresap semua (seperti bubur kacang dengan kuah sedikit). Masukkan gula pasir dan garam. Masak kembali sambil diaduk-aduk hingga mengental. Tambahkan vanilla. Dinginkan dan simpan dalam lemari es.




(Tteok/kue beras untuk topping bingsu)

Bingsu tteok (rice cake/kue beras untuk bingsu):
Campur tepung ketan, garam dan gula halus dalam wadah. Tuangi air panas/mendidih sedikir demi sedikit sambil diaduk dengan sendok jika sudah agak hangat. Aduk dengan tangan sampai kalis/tidak lengket. Bila adonan masih kering tambahkan air sedikit, jika terlalu lembek tambahkan tepung ketan sedikit.
Gilas adonan dengan rolling pin di atas permukaan yang ditaburi tepung ketan, potong-potong seukuran kira-kira 1x1 cm. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung. Angkat dan rendam dalam air biasa sampai dingin. Tiriskan dan gulingkan di tepung ketan yang dicampur sedikit gula halus agar tidak lengket. Sisihkan.


Cara penyajian:
Siapkan mangkuk, beri es serut dan susu kental manis sesuai selera manisnya. Tambahkan potongan buah. Beri isi kacang merah di atasnya. Beri tambahan tteok, almond slice sangrai, corn flakes, dll sesuai selera. Patbingsu siap dinikmati.

(Taruh es serut dalam mangkuk)


(Beri susu kental manis sesuai selera manisnya)


(Beri potongan buah segar atau buah kalengan sesuai selera)


(Beri kacang merah)


(Patbingsu siap disantap!)

Selamat mencoba dan selamat menunaikan ibadah shaum Ramadhan 2014/1435 H ^_^

3 comments:

bunda shofiyyah said...

seger banget deh kyknya, bikin ngiler aja..

kanis said...

Asiik resep baru lagi, simple tapi cukup menarik.
Oia mau tanya donk bunda, klo kacang merahnya sisa bisa di simpen gak?klo bisa tahan berapa hari?
Satu lagi ya pertanyaannya, puasa di korea berapa jam bunda?denger denger cuacanya klo pas musim panas gini lumayan ekstrem ya panasnya?
Udah ah segitu aja nanyanya.
Selamat menjalankan ibadah puasa untuk bunda sekeluarga.

Giselle D said...

Resep nya simple nih, bikin ah... :-)

Post a Comment