Thursday, March 17, 2016

HELLO! IT'S CLASSIC MARBLE BUTTERCAKE



Assalamu'alaikum semuanyaaa. Fiiuuhhh... setelah sekitar setahunan vakum nge-blog karena berbagai sebab, akhirnya hari ini I'm back! Alhamdulillah ^_^
Banyak sekali teman-teman pembaca blog ini yang bertanya kepada saya kenapa blog saya sudah lama tidak di-update lagi. Ya di facebook, di instagram, email dan juga komentar dalam blog ini ada yang menanyakan kapan update blog lagi. Maaf yaaaa... semoga bisa aktif lagi nge-blog deh. Doakan segala urusan kami dipermudah ya teman-teman. Aamiin.

Dan kali ini saya memulai dengan posting resep classic marble buttercake. Teman-teman pasti sudah tidak asing dengan yang namanya marble cake alias cake marmer, ada yang dibuat dari jenis buttercake dan ada juga yang dibuat dari jenis spongecake. Nah, yang ini adalah jenis buttercake. Teksturnya padat tetapi lembut dan empuk, agak crumbly, aroma dan rasanya buttery. Gunakan real butter yang berkualitas agar hasilnya maksimal. Bisa juga di-mix dengan margarin berkualitas atau full margarin juga boleh. Jadi hasilnya tentu berbeda ya dengan marble cake yang dibuat dengan metode spongecake atau all in one yang hasilnya spongy.

Resep ini bisa dijadikan resep dasar buttercake, kita bisa memodifikasinya untuk membuat aneka varian buttercake.





CLASSIC MARBLE BUTTER CAKE
by Ricke Indriani

Bahan:
250 gram butter berkualitas (bisa mix dengan margarin/full margarin berkualitas)
200 gram gula pasir halus/gula kastor
4 butir telur ukuran besar (jika ukuran sedang/kecil pakai 5 butir)
1 sdt vanilla
225 gram terigu protein sedang/all purpose flour
2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
50 ml susu cair, suhu ruang
2 sdm coklat bubuk, larutkan dengan sedikit air panas hingga menjadi pasta kental, dinginkan
Gula halus untuk taburan (optional)

Cara membuat:
1. Panaskan oven suhu 160'C tergantung oven masing-masing. Siapkan loyang loaf (saya pakai ukuran 22x10x10 cm), olesi margarin tipis, taburi dengan terigu tipis. Sisihkan.
2. Ayak terigu bersama baking powder. Sisihkan.
3. Kocok butter/margarin hingga lembut sekitar 3 menit, masukkan gula pasir halus kocok kembali hingga creamy dan pucat. Masukkan telur satu per satu, kocok asal rata setiap setelah memasukkan telur. Lakukan hingga telur habis. Masukkan garam dan vanilla. Kocok rata.
4. Masukkan campuran terigu dan baking powder dalam 3 tahap, berselang seling dengan susu cair dalam 2 tahap. Awali dengan terigu, akhiri dengan terigu.
5. Ambil sebagian adonan, beri campuran coklat bubuk. Aduk rata. Sisanya biarkan putih.
6. Masukkan adonan putih dan coklat berselang seling secara acak ke dalam loyang. Buat motif marble/marmer dengan bantuan tusuk sate/pisau.
7. Panggang dalam oven yg telah dipanaskan sampai matang dan permukaannya kecoklatan, sekitar 45 menit. Test tusuk sudah bersih.
8. Keluarkan dari loyang dan dinginkan. Taburi gula halus jika suka. Potong-potong dan sajikan dengan secangkir kopi atau teh panas dan ditemani orang tercinta.


(Kocok butter/margarin sampai pucat dan creamy seperti ini)

(Sebelum dipanggang)


Note: Resep ini bisa juga dibuat untuk varian lain. Semisal untuk orange butter cake, ganti susu cair dengan orange juice dan beri parutan kulit orange (orange zest). Bila ingin diberi kismis, rendam 75-100 gram kismis dalam air panas beberapa saat dan peras kemudian taburi dengan terigu. Masukkan paling akhir ke dalam adonan dan aduk rata.





Selamat mencoba dan semoga suka ya ;)

15 comments:

kotakudepok said...

Assalamualaikum mba ricke., apakah masih tinggal di seoul.?

Yetti Meuthia Hasibuan said...

Yeaaaaaay ada postingan baru..seperti dapet bonus pas liat ada postingan barunya teteh..welkambek teteh cantik ditunggu resep2nya..😍😍

Suroyo Asri said...

Alhamdulillah mba ricke dah kembali. Saya salah satu penggemar yg menanti resep baru mba...

Intan Aris said...

Alhamdulillah akhirnya nge blog lagi mb, seneng deh, sll nunggu resep nya mb ricke,malasih buat sharingnya

Intan Aris said...

Alhamdulillah akhirnya nge blog lagi mb, seneng deh, sll nunggu resep nya mb ricke,makasih buat sharingnya

anindia nur rachmah said...

Waaah Alhamdulillah muncul lagi, Mbak Ricke. Terima kasih resepnya, ditunggu postingan2 selanjutnya ya, Mbak :)

BitterSweet said...

Weleeehh mba Rickeee... akhirnya muncul jg 😊😊 seneng bgt liat mba update lg.. smg kedepan aktif lg ya mba blognya.. thanks untuk sharing resep2nya 😊😊

hestyismyname said...

Finally teh ricke update blog.... hihihi.... sudah pernah bikin resep ini dari instagram mba ricke dan enakkkkk.... rajin rajin update ya mba... *-*

sanida said...

Ahhhhhh..... Senengnya teh Ricke nge blog lagi..... Hampir setiap hari aku mampir ke blognya teh Ricke, berharap ada postingan baru. Alhamdulillah harapanku terkabul... Sehat terus ya, teh....

luluk alwiyah said...

alhamdulillah,akhirnya mb ricke ngeblog lagi. salam kenal mbal. saya luluk, maren-maren mau nanya tapi banyak yang tdk ada reply jadinya nggak jadi. masihd di soul mba?.anyway baarakallahu fiik

Dwi Lastuti said...

welcome back mbak..akhirnya ngeblog lagii..alhamdulillah.. :)

tia punya cerita said...

alhamdulillah
akhirnya, mbak ricke muncul kembali dengan resep barunya..terimaksih sudah sharing kembali :)

yanuar ikhsan said...

Alhamdulillah..Nemu resep baru lagi..selama ini aku nyoba resep dr mba ricke..selalu berhasil..tks sharing resepnya ..

Noor Rahmaniah said...

Resepnya mantab mba....tksh

Rina Istiana said...

Salam kenal teh Ricke, sering banget ngecek blog ini, tp ga ada update-an. Akhirnya... Saya udah sering praktekin resep teh Ricke, beberapa kali juga untuk pesanan. Berkali2 post comment ga bisa2, jadi maaf baru sekarang minta ijin nya. ijin pake resepnya ya teh. Makasih udah berbagi :)

Post a Comment