Saturday, January 7, 2017

FRUIT GALETTE (WITH BERRIES)



Bismillah.

Masih postingan bertema pie. Kali ini posting galette. Galette masih saudaraan dengan pie, bisa dikatakan galette adalah versi 'free rustic' dari pie. Menggunakan adonan base shortcrust pastry yang sama dengan pie. Membuatnya tidak memerlukan cetakan atau loyang pie. Cukup digilas tipis di atas baking paper/kertas roti, beri isi, lalu bagian pinggirannya dilipat untuk menjaga isinya tidak berantakan keluar saat dipanggang. Base-nya bisa juga menggunakan adonan puff pastry, jadi versi puff galette.

Untuk isinya bisa sesuai selera saja atau buah yang muudah didapatkan. Bisa menggunakan berries, peach, apple, mango, banana, dll. Potong-potong buah, campur dengan gula pasir dan sedikit maizena kemudian tata di atas kulit pie yang sudah digilas tipis. Bisa juga dibuat versi savoury atau gurih, misalkan pakai sayuran, mushroom/jamur, daging, tuna, dll. Kali ini saya buat dengan menggunakan sisa isian apple pie, ditambah blueberry dan raspberry yang kebetulan sedang tersedia di rumah. Ketika matang, berries akan melunak. Setelah matang bisa diberi tambahan berries segar di atasnya untuk mempercantik tampilan.

Bagi yang ingin mencoba membuatnya, saya sempat fotokan step by step-nya (lagi rajin, hihii). Semoga bermanfaat ;)




FRUIT GALETTE
by Ricke Indriani

Bahan kulit/shortcrust pastry:
300 gram butter/margarin
3 kuning telur
2 sdm gula halus
1/2 garam
1 sdt vanilla
500 gram terigu protein sedang

Bahan isi:
4 cups buah-buahan sesuai selera (saya memakai berries), potong/iris buah sesuai keperluan
50 gram gula pasir (sesuaikan dengan selera atau tingkat keasaman buah)
3 sdm maizena

Olesan dan taburan:
2 kuning telur
2 sdm susu cair
Kacang-kacangan cincang/slice
Gula pasir kasar

Cara membuat:
1. Kulit: Campur butter/margarin, kuning telur, gula halus, garam dan vanilla. Aduk rata. Masukkan terigu, aduk kembali menggunakan pisau pastry atau dua buah garpu hingga adonan berbutir-butir (seperti pasir kasar) dan tercampur rata. Satukan dan padatkan adonan dengan tangan kemudian bulatkan agar mudah dipulung. Bungkus dengan plastik wrap dan simpan di kulkas 30 menit hingga 1 jam.
2. Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang kue kering/loyang datar.
3. Siapkan isi: Campur rata semua bahan isi dalam wadah. Sisihkan.
4. Siapkan selembar baking paper/kertas roti, beri taburan terigu tipis. Bagi 2 adonan. Ambil 1 bagian adonan dan gilas tipis adonan membentuk lingkaran (tidak perlu terlalu simetris tidak apa-apa) dengan ketebalan sekitar 0,5 cm.
5. Beri bahan isi di atasnya dan ratakan, sisakan space sekitar 4-5 cm di bagian pinggir adonan. Lipat bagian pinggir adonan secara perlahan (tidak perlu terlalu presisi).
6. Oles permukaan pinggiran adonan dengan bahan olesan (campuran kuning telur dan susu cair). Beri taburan kacang-kacangan atau gula pasir kasar (polos saja juga tidak apa-apa).
7. Lakukan proses yang sama dengan sisa adonan. Saya sengaja membuatnya menjadi 2 galette agar tidak terlalu besar ukurannya.
8. Pindahkan galette bersama baking paper/kertas rotinya ke loyang kue kering/loyang datar. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan 30-40 menit. Isian akan terlihat mendidih dan permukaan galette sudah kecoklatan. Angkat dan dinginkan. Saya beri tambahan berries lagi di atasnya.
9. Potong-potong galette. Bisa disajikan dengan ice cream.


(Campur dan aduk adonan kulit pie sampai berbutir-butir kasar seperti ini)


(Satukan adonan dan padatkan dengan menggunakan tangan dan bulatkan)


(Letakkan adonan di atas baking paper yang ditaburi terigu tipis)


(Tipiskan adonan membentuk lingkaran, tidak perlu terlalu simetris)


(Beri bahan isian dan tata/ratakan)

(Lipat pinggiran adonan. Siap dipanggang)

(Ready to serve warm or cold)

Selamat mencoba and happy baking! ^_^

2 comments:

siti nurul dahula said...
This comment has been removed by the author.
...all i can share... said...

Kangen blognya mba ricke, semoga sehat selama di sana ya mba

Post a Comment