Thursday, August 12, 2010

PARADE KUE KERING LEBARAN 2010 - FOR SALE!

Ramadhan dan Lebaran tahun ini Ordinary Kitchen membuka pesanan kue kering Lebaran.
Ada beberapa macam kue kering yang kami tawarkan, all homemade by Ordinary Kitchen a.k.a me ^_^
Kami hadirkan untuk bisa Anda nikmati bersama keluarga dan kerabat (mau dinikmati sendiri juga boleh, hihihiiii…)

Kami menggunakan butter berkualitas dan margarin special super. Juga bahan-bahan lainnya yang kami gunakan berkualitas seperti keju edam, parmesan, cheddar, coklat blok, dll.

Ini dia kue kering yang bisa dipesan di dapur kami:
*Pemesanan hanya bisa untuk delivery di wilayah kota Serang, Cilegon dan sekitarnya.


LIDAH KUCING 'DUO'

Kue kering betekstur renyah dan ringan, hadir dengan 2 rasa dalam satu gigitan, vanilla dan moca. Penampilannya pun jadi lebih cantik ^_^ Karena ringan terkadang tidak terasa memakannya; satu, dua, tiga dan seterusnya :p

Toples besar ukuran 500 gram, harga Rp. 40.000,-
Toples kecil ukuran 250 gram (minimal order 2 toples), harga Rp. 20.000,-



LIDAH KUCING KEJU

Salah satu varian dari lidah kucing dan merupakan favorit keluarga dan kue kering andalan Ordinary KItchen. Teskturnya yang renyah dipadukan dengan keju parmesan yang gurih dan harum, plus taburan keju cheddar parut di atasnya, kriuk-kriuk enak banget. Hati-hati setoples tidak akan pernah cukup :D

Toples besar ukuran 500 gram, harga Rp. 55.000,-
Toples kecil ukuran 250 gram (minimal order 2 toples), harga Rp. 27.500,-



KAASTENGELS BUNGA

Salah satu kue kering klasik yang wajib hadir saat Lebaran. Odinary Kitchen membuat Kaastengels yang bertekstur lembut dan renyah, tetapi tidak terlalu kering. Menggunakan keju edam tua dan keju parmesan, plus taburan keju cheddar. Woooww… 3 jenis keju dalam satu kue, pantas lah jika kue ini disebut cheesy cookies ^_^
Kali ini dibuat bentuk bunga agar lebih cantik penampilannya, mau pesan yang bentuk stik juga boleh :)

Toples besar ukuran 500 gram, harga Rp. 65.000,-
Toples kecil ukuran 250 gram (minimal order 2 toples), harga Rp. 32.500,-



SEMPRIT SAGU KEJU PANDAN

Kue kering yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Semprit sagu keju yang lembut dan lumer di mulut, menggunakan keju parmesan yang gurih dan harum. Kali ini Ordinary Kitchen menghadirkan modifikasi baru yaitu Pandan. Aroma dan rasa pandannya menambah cita rasa kue ini. Harus dicoba! Sekali makan susah berhenti, hehehee…

Toples besar ukuran 500 gram, harga Rp. 60.000,-
Toples kecil ukuran 250 gram (minimal order 2 toples), harga Rp. 30.000,-



PUTRI SALJU METE PANDAN

Kalau yang ini favorit saya! Wah, sangat susah menahan diri untuk segera berhenti memakannya, hehehee… Kue ini enak sekali karena menggunakan kacang mete yang dihaluskan. Balutan gula halus yang putih bersih bagai salju, plus aroma dan citarasa pandan yang menambah kelezatannya dan ada warna hijau nan cantik dibalik selimut salju, heheheee… ^_^

Hadir dalam 3 varian:
- Putri Salju Mete Original
- Putri Salju Mete Pandan
- Putri Salju Mete Keju (menggunakan keju edam dan cheddar di dalamnya)

Toples besar ukuran 500 gram, harga Original & Pandan Rp. 50.000,- ; Keju Rp. 60.000,-
Toples kecil ukuran 250 gram (minimal order 2 toples), harga Original & Pandan Rp. 25.000,- ; Keju Rp. 30.000,-



COOKIES COKLAT KACANG

Cookies yang nyoklat banget. Beraroma coklat yang enak, ditambah coklat pekat (dark cooking chocolate) cincang dan kacang mete cincang. Diberi hiasan chocolate chip diatasnya. Sekilas rasanya mirip brownies.

Toples besar ukuran 500 gram, harga Rp. 50.000,-
Toples kecil ukuran 250 gram (minimal order 2 toples), harga Rp. 25.000,-


Untuk NASTAR, fotonya menyusul yaaa...
Tersedia nastar original dan keju

Toples besar ukuran 500 gram, original harga Rp. 55.000,- dan keju Rp. 65.000,-
Toples kecil ukuran 250 gram (minimal order 2 toples), original harga Rp. 27.500,- dan keju Rp. 32.500,-


Notes:
Pemesanan bisa dilakukan melalui order langsung, inbox Facebook, email (bundanadhifa@yahoo.com). Daftar pesanan akan langsung kami catat, tetapi akan diproses setelah pembayaran dilakukan (pembayaran dimuka) dan pemesan memberikan informasi yang lengkap (jenis kue yang diorder, jumlah, alamat tujuan, nomor HP/telepon dan kapan kue akan diambil/diantar). Order akan ditutup setelah pesanan kami anggap sudah cukup dengan kapasitas kami. Pesanan boleh diambil sendiri ke dapur kami atau delivery ke alamat tujuan.

Hanya melayani pesanan untuk daerah Serang, Cilegon dan sekitarnya.

Selamat menunaikan ibadah shaum Ramadhan. Semoga keberkahan Ramadhan selalu bersama kita. Amiin.

ORDER: CHOCOLATE TIRAMISU TORTE



Lembut, manis-pahit, gurih dan ngopi (halah! bahasane kok ngopi?!!), hehehee...

Tiramisu ini salah satu tiramisu pesanan yang alhamdulillah sepat aku dokumentasikan, hehehee... *Malasnya lagi kumat -_-
Tiramisu mousse-nya masih menggunakan pakem resep dasar tiramisu yang menggunakan mascarpone cheese dipadukan dengan krim kental/whipping cream cair. Tapi tidak pakai 'zabaglione' alias egg free. Juga tidak menggunakan Marsala/Kahlua/Rhum alias alcohol free ^_^
Krimnya menggunakan takaran yang sama dengan mascarpone cheese, biar rasa kejunya lebih terasa, secara si keju maskaryo ini mahal booooo... >_<
Malah tiramisu klasik ada yang gak pakai krim sama sekali, hanya mascarpone cheese saja. Tapi kayaknya kurang cocok ya di lidah orang Indo, hehehehh...

Layernya menggunakan spongecake coklat 3 susun, tiap layer dibasahi dengan espresso syrup, dioles tipis dengan coklat Nutella, tiramisu mousse dan parutan dark cooking chocolate. Terakhir atasnya di-dusting dengan coklat bubuk dan diberi taburan coklat serut hitam-putih. Savoiardi/lady fingers biscuits digunakan sebagai pagar.

*Karena ini pesanan jadi layer dalamnya ga bisa dilihat, hehehh...

Yang mau nyobain bikin sendiri, ini resepnya (klo males bikin silahkan order aja ke aku, hahahahaaa... dengan catatan untuk pengiriman daerah Serang dan sekitarnya ya)

Bahan:
Spongecake coklat, ukuran sesuai kebutuhan, belah tipis menjadi 3 bagian dengan tebal kurang lebih cukup masing-masing 1 cm saja.

Espresso syrup:
1 sdm kopi espresso intant (kopi hitam instant tanpa ampas), klo yang suka lebih pahit bisa ditambah jadi 2 sdm
150 ml air
1 sdm gula pasir
1/2 sdt essence coffee noir (optional, gak pakai juga gak apa-apa, hanya sebagai penguat aroma kopinya saja)
*Original pakai Marsala/Kahlua/Rhum --> Alkohol

Tiramisu Mousse:
250 gram mascarpone cheese
1 sdt essence vanilla
50 gram gula pasir halus (aku pakai gula pasir yang aku blender sebentar sampai halus)
250 ml krim kental/whipping cream cair

Olesan:
Chocolate spread Nutella (atau pakai selai coklat apa saja yang mudah didapat)
Dark cooking chocolate diserut halus

Topping:
Coklat bubuk
Coklat hitam utih, diserut
Fresh strawberry dan coklat praline (optional)

Cara membuat:
1. Espresso syrup: Didihkan air, masukkan kopi instant dan gula pasir. Aduk sampai larut. Matikan api, masukkan essence coffee noir. Aduk rata. Dinginkan.
2. Kocok manual mascarpone cheese, hanya sampai lembut saja dan gerindilannya hilang. Gak usah lama-lama. Sisihkan.
3. Kocok krim kental/whiping cream cair dan gulapasir halus dengan mixer sampai mengembang dan kaku. Masukkan essence vanilla dan 3 sendok makan espresso syrup, kocok rata.
4. Campurkan whipped cream dengan mascarpone cheese sedikit emi sedikit sambil diaduk rata perlahan (bisa menggunakan mixer keceatan aling rendah).

Penyelesaian:
Dengan menggunakan ring cutter besar/mika/loyang bongkar pasang, letakkan selembar cake di bagian dasar (ukuran diameter cake lebih kecil dari diameter rin/mika/loyang), basahi dengan espresso syrup.
Tata savoiardi/ladyfingers di bagian sisi ring/mika/loyang. Beri olesan Nutella, kemudian 1/3 bagian tiramisu mousse dan beri dark coklat parut. Tutup lagi dengan selembar cake. Begitu seterusnya dan diakhiri dengan tiramisu mousse. Masukkan kulkas minimal 4-5 jam, disimpan 24 jam lebih bagus agar krimnya lebih kokoh untuk dipotong.
Sebelum disajikan, ayakkan coklat bubuk kemudian beri taburan coklat hitam putih serut.

Wednesday, August 4, 2010

BOLU KUKUS MEKAR - BLUEBERRY AND CHEESE



Bolu kukus ini tanpa air soda, tapi menggunakan susu cair. Tambah bergizi karena ditambahkan keju cheddar juga. Jadi cocok untuk makanan selingan di kecil, tapi kita-kita juga boleh makan donk, hihihiiii...

Dipadukan dengan blueberry paleta yg harum dan segar karena ada rasa asem-asem manisnya. Selain blueberry juga bisa diganti dengan strawberry paleta. Teksturnya lembut karena memakai susu cair dan keju. Resep asli dari Mba Shinta (www.dapuramatir.blogspot.com), hasil modifikasi dari resep 'Bolu Kukus 1 menit' by Ibu Fatmah Bahalwan. Jumlah kuning telurnya aku tambah (weewww, sudah dimodif berapa kali ini resep, hihiii...), hasilnya lebih lembut.

Bahan:
250 ml susu cair (fresh/UHT)
100 gram keju cheddar parut halus
300 gram terigu protein sedang (all purpose flour)
250 gram gula pasir
2 butir telur utuh (antero)
2 kuning telur
1/2 sdm SP (emulsifier)
1/2 sdt baking powder double acting (klo pake yg biasa pake 2x lipatnya ya)
1 sdt essence butter/vanilla/pisang (untuk menimalisir bau amis)
2 sdm blueberry paleta (selai blueberry yg halus dan lembut), campur dg 1 sdm air panas, dinginkan

Cara membuat:
1. Didihkan air dalam kukusan (air jangan terlalu banyak yg dekat dg alas kukusan nanti bagian bawah bolunya basah kecipratan air mendidih). Bungkus tutup kukusan dg serbet/kitchen towel bersih.
2. Siapkan cetakan bolu kukus, alasi dg paper cup atau kertas roti. Sisihkan.
3. Campur dan ayak terigu dan baking powder
4. Didihkan susu (jaga jangan sampe berbusa ya), masukkan keju cheddar parut. Aduk sampai keju larut dan adonan lembut. Angkat dan dinginkan.
5. Kocok telur, kuning telur, gula pasir dan emulsifier sampai benar-benar kental dan putih. Masukkan essence butter/vanilla/pisang, kocok rata sebentar.
6. Masukkan terigu dan larutan susu keju sambil terus dikocok sampai rata, halus dan kental (adonan akan terasa berat dan agak kaku/tidak encer)
7. Ambil 5 sendok makan adonan, campur dg blueberry paleta. Aduk rata.
8. Masukkan adonan putih ke dalam cetakan dg bantuan sendok/ice cream scoop, isi sampai hampir penuh. Beri 1 sendok teh adonan blueberry, tutup lagi sedikit dg adonan putih. Lakukan sampai habis.
9. Besarkan api sampai beruap banyak, masukkan adonan ke dalam kukusan, beri jarak dan jangan terlalu penuh. Kukus selama kurang lebih 10 menit.

Good luck! ^_^

*Jangan memberi adonan blueberry terlalu banyak, karena sifatnya 'berat' akibat penggunaan selai. Setelah diberi adonan blueberry, tutup lagi sedikit dg adonan putih, jika tidak maka bolu akan meleber ke samping, bukan mekar ke atas (note dari Mba Shinta)

DAGING MASAK PAPRIKA



Pertama kali makan daging paprika ini di acara pesta pernikahan, heheee... Kayaknya skarang udah jadi salah satu menu katering buat acara pesta pernikahan deh ya daging paprika ini. Kemarin masih punya paprika sisa bikin pizza, lihat kulkas, masih ada daging di freezer. Kebetulan tukang sayur yang biasa langganan kok udah seminggu ga lewat, hikkzzzz... Abang sayurrrr, kemanakah dirimu? I need u... Halah! Lebay deh :p

Resep asli dari website NCC by Fatmah Bahalwan bisa dilihat disini, tapi takarannya disesuaikan dengan bahan yang aku punya di dapur. Dagingnya juga cuma tinggal seperempat kilo, hihihihiiii...

Bahan:
250 gram daging sapi, diiris tipis-tipis (gunakan daging sapi yang bagus ya agar hasilnya empuk)
1 sdm kecap manis
1 sdt kecap asin
1 sdm minyak wijen
3 sdm saus teriyaki (kalo ga ada pake saus tiram juga oke)
1/2 sdt kaldu sapi bubuk (optional)
1 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt garam
1/2 buah bawang bombay, potong tipis
1/2 buah paprika hijau
1/2 buah parika merah
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
1. Taruh dalam wadah : Daging sapi, kecap manis, kecap asin, minyak wijen, saus teriyaki, chicken powder, bawang putih dan garam. Aduk rata, diamkan selama 30 menit.
2. Panaskan minyak goreng, tuang daging dan biarkan sampai berubah warna dan keluar airnya, aduk rata, matangkan, masukkan bawang bombay dan paprika, aduk rata. Angkat.

*Bila suka bisa juga ditambahkan merica hitam dan taburkan wijen yang sudah disangrai.

KUE CANTIK MANIS (Versi Potong)



Bikin lagi kue cantik manis, kali ini masukkin cetakan puding aja karena lagi malas bungkusin satu-satu dengan plastik, hehehee...alasan klasik :p
Tinggal dipotong pas mau dimakan, praktis dan sama sekali ga ngurangin rasanya, cuma ketauan malasnya aja :D
Resepnya ada disini ya.

Oya, aku kasih tips untuk merebus sagu mutiara (berdasarkan pengalamanku yang masih sedikit ini), didihkan air secukupnya (tidak usah terlalu banyak cukup sampai sagu mutiaranya terendam), kemudian masukkan sagu mutiara. Rebus sampai sagu mutiara bening dan tidak ada lagi bintik putih (menandakan bagian dalam belum matang). Selagi direbus jangan terlalu sering diaduk, cukup sesekali saja, kalo terlalu sering diaduk nanti bisa mudah hancur dan kayak bubur, hehehh... Setelah matang, angkat, tiriskan dan siram dengan air dingin. Sisihkan.

BAKWAN UDANG KEJU SPECIAL



Bakwan/Bala-bala/Ote-ote, saya rasa ini makanan yang sangat umum dan cukup terkenal di Indonesia tercinta ini. Campuran irisan sayuran yang bergaul dengan mesra dengan adonan tepung *halah bahasane kok ya mesra?? Hihihiiii...
Merupakan jajanan 'street vendor' yang banyak dijual di pinggir jalan.
Tapi kok kenapa yang ini dibilang special?? Iya donk, soalnya pakai udang dan keju mooooo... (bukan iklan dot com, hehee...) yang keduanya merupakan bahan makanan yang cukup special untuk saya dan keluarga ;)

Saya lebih suka bakwan yang padat akan sayuran, tapi tepungnya sedikit. Jadi adonan tepung hanya sebagai bahan 'pengikat' dari sayurannya saja.
Oya, walaupun di foto bentuknya bulat-bulat tapi saya tidak menggunakan cetakan apapun, alasan klasik 'malas' (please deh, kapan ga malesnya sih?? :p)
Saya langsung sendoki sekitar 2 sendok makan adonan dan masukkan ke minyak goreng yang sudah dipanaskan (saya tempelkan dulu ke pinggiran penggorengan), kemudian segera taruh udang diatasnya sebelum permukaannya mengering. Goreng seperti biasa.



Bahan:
100 gram terigu protein sedang
30 gram tepung beras
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica bubuk
150-200 ml air (campurkan sedikit demi sedikit sampai mencapai kekentalan yang cukup)

Bumbu halus:
3 siung bawang putih
2 siung bawang merah

Bahan isi:
100 gram udang kupas, cincang kasar
15 buah udang utuh kupas, kerat punggungnya dan buang kepalanya, sisakan ekornya (jumlahnya bisa disesuaikan dengan jumlah bakwan yg mau digoreng)
30 gram keju cheddar parut
250 gram tauge, cuci dan bersihkan
2 buah wortel, serut kasar
1/4 buah kol, iris tipis
2 batang daun bawang, iris halus
2 batang daun seledri iris halus

Minyak goreng yang banyak untuk menggoreng bakwan

Cara membuat:
1. Adonan tepung: Campur terigu, tepung beras, soda kue, garam, kaldu bubuk dan merica bubuk. Aduk rata. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dan tercampur hingga mencapai kekentalan yang cukup (jangan terlalu kental atau terlalu encer). Masukkan bumbu halus, aduk rata. 2. Masukkan udang cincang, keju cheddar parut dan sayuran. Aduk rata.
3. Panaskan minyak yang banyak goreng bakwan dengan diberi udang utuh kupas diatasnya. Goreng hingga kuning kecoklatan kedua sisinya. Angkat. Tiriskan. Sajikan hangat bersama saus sambal atau cabai rawit.

Tips:
- Penggunaan soda kue membuat bakwan menjadi lebih empuk didalam tapi renyah diluar.
Jika adonan tidak akan digoreng smuanya, bagi adonan menjadi 2 bagian. Tambahkan 1/2 bagian denga 1/4 sdt soda kue. Dan simpan yang 1/2 bagian lagi. Beri soda kue jika nanti akan digunakan. Begitu juga dg bahan isi dan sayuran, dibagi 2. Atau jika mau bikin sedikit, dibuat 1/2 resep saja.
- Menggoreng adonan jangan terlalu banyak untuk 1 buah bakwan, karena soda kue akan membuat bakwan jadi mengembang. Cukup 2 sendok makan adonan per satu buah bakwan.
- Gunakan minyak yang banyak untuk menggoreng (deep frying) agar hasilnya renyah dan tidak mudah lembek saat sudah diangkat dr penggorengan.
- Minyak panasnya sedang saja. Jika terlalu dingin nanti minyak akan menyerap ke dalam bakwan, jadi hasil gorengannya berminyak sekali. Jika terlalu panas nanti cepat gosong tapi bagian dalam masih 'nepungi' (masih mentah tepungnya, hehehee...)

Sunday, August 1, 2010

MARTABAK BOLU ISI COKLAT



Marbol ini resepnya sama saja dengan marbol pandan yang pernah saya posting sebelumnya. Hanya saja santan diganti dengan susu cair, tidak menggunakan pasta pandan dan air pandan. Bila suka boleh ditambahkan essence vanilla. Isinya hanya menggunakan rice chocolate (coklat meisyes) dan sedikit susu kental manis.



Bikinnya disambi ngelonin Nadhifa yang tiba-tiba bangun pas adonan udah dituang ke loyang, waduwh makanya agak overcook kulit luarnya, hihihiii... Tapi alhamdulillah ga sampe gosong, cuma agak coklat aja kulitnya, harusnya kan kuning kecoklatan. Tapi yang penting suamikuh tercinta suka banget dan bilang enak (ga pake ngancam lho, Abi tulus dari hati, hehehee...)