Tuesday, February 22, 2011

BOLU GULUNG KEJU ala ORDINARY KITCHEN



Ini adalah bolu gulung yang merupakan salah satu andalan jualanku. Kata para customer yang sudah pernah mencoba, termasuk customer setiaku di rumah yaitu Abinya Nadhifa, heheheee… Bolu gulung buatanku ini enak banget dan rasanya gak kalah dengan bolu gulung ‘M’ yang sudah terkenal itu ;). Tapi semua dikembalikan lagi kepada lidah masing-masing ya ^_^

Resep dasar bolu gulung ini selalu aku pakai untuk membuat bolu gulung apapun, termasuk black forest roll yang kemarin sudah pernah aku posting sebelumnya. Untuk membuat varian yang berbeda hanya tinggal dimodifikasi sedikit saja, misalnya ditambahkan pasta pada adonan, penambahan coklat bubuk, atau berbeda fillingnya, misalnya pakai selai strawberry, blueberry, ganache, vla, dll. Sesuai selera saja.

FYI, bolu gulung yang saya posting ini resep Indonesia, yang menggunakan lumayan banyak telur terutama kuning telur. Tapi memang cake yang dihasilkan lembut, empuk, moist dan lentur. Banyak variasi resep bolu gulung atau istilah dalam resep-resep luar biasa disebut roll cake, sponge cake roll, swiss roll cake, jelly roll cake, dll. Banyak variasi resep luar dan rata-rata memang irit telur (paling hanya menggunakan 3-4 butir telur) bahkan ada yang tidak menggunakan butter sama sekali, hanya menggunakan air dalam adonannya. Ada juga yang membuatnya dengan metode seperti membuat chiffon cake yang putih telurnya dikocok terpisah.





However, dari semua resep yang sudah pernah saya coba baik resep Indonesia maupun resep luar, saya sudah merasa cocok dan pas dengan komposisi resep ini. Resepnya hasil modifikasi dari resep Pak Hadi Tuwendi yang dulu sempat diperkenalkan sama Mba Vita NCC. Resepnya sudah saya modifikasi disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Yang pasti uenaaakkkk... Silahkan yang mau mencoba :)



Bolu Gulung Keju ala Ordinary Kitchen
By Ricke ‘Bunda Nadhifa’

Bahan:
6 butir telur utuh
6 butir kuning telur
130 gram gula pasir
1 sdm cake emulsifier
1 sdm air
100 gram terigu protein sedang/all purpose flour
20 gram susu bubuk
¼ sdt baking powder
1 sdt essence vanilla
100 gram margarine+30 gram unsalted butter, lelehkan dan dinginkan (silahkan klo mau pakai full butter atau full margarine saja)
Loyang ukuran 32x32x4 cm (jika menggunakan loyang dengan ukuran lebih kecil, silahkan konversikan resep sesuai kebutuhan)
1 sdt pasta coklat untuk membuat motif, jika diinginkan

Filling: Buttercream secukupnya, keju cheddar parut secukupnya dan keju cheddar dipotong memanjang.

Cara membuat:
1. Ayak terigu, susu bubuk dan baking powder. Sisihkan.
2. Panaskan oven 190-200’C. Alasi loyang dengan kertas roti, olesi dengan margarine/minyak oles loyang. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir, cake emulsifier dan air sampai mengembang, kental, putih dan berjejak. Pastikan kocokan telur sudah kental sempurna agar hasil cake maksimal.
4. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan mixer kecepatan paling rendah atau diaduk dengan menggunakan spatula dengan teknik aduk balik. Aduk rata hingga ke bagian pinggiran baskom.
5. Masukkan margarine+butter cair sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dengan teknik aduk balik hingga benar-benar rata dan adonan sudah homogen. Pastikan tidak ada sedikitpun margarine/butter cair yang belum tercampur karena bisa menyebabkan cake menjadi bantet!
4. Ambil sedikit adonan (2-3 sdm) campur dengan pasta coklat. Aduk rata. Masukkan dalam piping bag, gunting ujungnya sedikit.
5. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Buat motif sesuai selera. Panggang dalam oven hingga permukaannya berkulit kuning kecoklatan dan sudah tidak lengket bila disentuh, sekitar 20-25 menit. Jangan over bake hingga cake terlalu kering, nanti bisa mudah retak/patah saat digulung. Angkat dan keluarkan dari oven.
6. Keluarkan cake dari loyang dengan cara membalikkan ke atas kertas roti, kelupas kertas roti yang menempel pada cake. Balikkan kembali ke rak kawat pendingin. Biarkan hingga benar-benar dingin. Balikkan kembali ke atas kertas roti. Oles buttercream, taburi keju parut dan tata potongan keju. Gulung sambil dipadatkan dengan bantuan kertas rotinya, kencangkan gulungan agar bulat sempurna. Biarkan tergulung beberapa saat. Buka perlahan kertas rotinya. Potong-potong sesuai selera. Voila! Enjoy the roll cake! ^_*

Selamat Mencoba and Good Luck! ^_^

NOTE:
Untuk step by step pembuatan bolu gulung bisa dilihat di postingan sebelumnya disini.

Gak pengen ribet dan repot? Yuuuukkkk... Silahkan diorder. Please contact me for order. Thank you! ^_^

12 comments:

Alice said...

ricke makasih ya resepmu
pengen coba deh, moga2 bisa..
selama ini kalo bikin bol gul sell jadinya kotak hehehehe...

Nurul Imam said...

Pinter Masak Ya Mbak ?

Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

@ Alice: Silahkan dicoba Mba, jadinya koak karena gak jadi digulung ya? Hehee...

@ Nurul: Bisa masak tepatnya, klo pintar itu relatif, banyak yg lebih pintar dari saya soalnya, hehehee... ;)

Anonymous said...

boleh ga mba pasta coklat digandi coklat bubuk?

Anonymous said...

saya sudah coba resep dan ikuti petunjuknya tetapi ko bolu gulungnya g membentuk kulit dibagian atasnya, kira2 kenapa ya dan bagian permukaannya banyak sekali gelembung kecil2 dan ketika digulung patah.
makasi atas jawabannya

aira said...

wah ko kasusnya saya sama dengan yang diatas, udah brp x buat bolu gulung, enak sih tp hasilnya stelah dioven ko bolunya tdk ada lapisan luar/kulit yg kecoklatan spti bolu glung pd umumnya, dan dibagian atasnya banyak gelembung udara kecil2, kenapa ya mba? mohon pencerahan, tx

fin said...

Mbak ricke, salam kenal...saya pengagum visi mbak ttg honesty in cooking&baking..resep mbak sudah banyak yang kucoba...dan banyak yang sukses pada percobaan pertama, saya sendiri memasak karena hobi saja jadi buat konsumsi keluarga dan temen kantor...thanks ya mbak buat share nya, sukses buat mbak

Anonymous said...

salam kenal mba, maaf sblmnya saya dah nyobain praktek resep bolgul mba tanpa izin dl. Hslnya bgs g pecah, enak n empuk suka bgt deh pkknya. anak saya smpe hbs 1 gulung sendri dlm sekejap saja, smpe2 suami hmpr g kebagian hihihiii...mdh2an amal mba bertambah karena dah mo share dgn smua org. Aminnn...

Anonymous said...

Asslmkum Mbk Ricke,

aku sdh praktek resep Bolgul-nya, dan berhasil dgn sukses, sampai menggulungnya. dan cakenya enakkk bgt, org di rumah suka semua. tks ya mbk sdh berbagi ilmunya, btw aku selalu update blogmu mbak, dan sdh banyak resep2 mu yg aku praktekkan. dan semuanya the best deh. maaf juga, kalo gak tiap postingan aku ijin copasnya.

salam,
Yani

Anonymous said...

mbak, ijin nyoba resepnya ya untuk saya modifikasi karena saya juga baru nyari-nyari resep yang bisa klik dilidah. syukron mbak, semoga menjadi amal kebaikan mbak sekeluarga. Aamiin....

dbride94 said...

mba kalo ukurannya dikonversi ke 30x30cm apakah waktu pemanggangannya juga dikurangi? kemarin saya coba resep dari orang lain pake loyang 30x30 tapi waktu bake nya cuma 15menit,akibatnya lengket permukaannya. sedih deh

yurike sasaki said...

Hallo mbak ricke, saya sdh coba buat bolgulnya, kebetulan yg saya gunakan utk memanggang itu oven tangkring mbak, jd wkt panggangnya lbh lama karena sesuai petunjuk mbak ricke d angkat klo bagian atas kue sdh mulai kuning kecoklatan, dan menunggu sampai berwarna spt itu lmyn lama, smp sy panggang 1,5jam alhasil bawahnya jd agak gosong bgitu diangkat "̮♡hϱϱ♡hϱϱ♡hϱϱ♡"̮..sygnya lg bgitu di balik bagian ukiran atasnya menempel pula di kertas roti huhuhuhu..., soal rasa bolgul ini juara banget deh, yg ingin sy tanyakan jika menggunakan oven tangkring brp lama waktu panggangnya? Bgmn jg jika bagian atas msh berwarna kuning tp pinggiran dan bawahnya sdh mengeras dan berwarna coklat? Kemudian api yg digunakan jika menggunakan oven tangkring hrs dengan api besar, sedang atau api kecil ya mbak? Mohon petunjuk dan sarannya yaa mbakk ricke, ​τ н ä n κ ч ö ü  ♡

Post a Comment