Thursday, June 16, 2011

BOLU GULUNG ABON

Bolu gulung abon ini saya jadikan salah satu setoran untuk ikut meramaikan NCC Bolgul Week. Bikinnya sudah lumayan lama (beberapa minggu yg lalu) tapi baru sempat saya upload sekarang. Sekalian saja untuk setoran NCC Bolgul Week :)

Klo dulu saya pernah posting Floss Roll Bun yg berbahan dasar roti, nah yang satu ini mirip tetapi berbahan dasar cake, jadi namanya Floss Roll Cake alias Bolu Gulung Abon ^__^
Cocok untuk sarapan nih :)
Atau dijadikan salah satu isian snack box dengan bentuk mini.

Resepnya menggunakan resep dasar yang sama dg bolu gulung yang pernah saya posting disini.

Tetapi cakenya saya buat lebih tipis, jadi 1 resep adonan untuk 2 buah loyang persegi ukuran 28x28 cm.
Klo mau buat yang mini untuk snack box, setelah cakenya matang kemudian masing-masing dipotong menjadi 2 bagian (jadi ukuran 14x28 cm) baru digulung.
Oya, karena bolu gulung ini taste-nya lebih ke gurih, jadi jumlah gula dalam resep juga dikurangi.


Bolu Gulung Abon
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
6 butir telur utuh
6 butir kuning telur
80-100 gram gula pasir
1 sdm cake emulsifier (optional)
1 sdm air
100 gram terigu protein sedang/all purpose flour
20 gram susu bubuk
¼ sdt baking powder
100 gram margarine+30 gram unsalted butter, lelehkan dan dinginkan (silahkan klo mau pakai full butter atau full margarine saja)

Taburan:
2 batang daun bawang iris tipis
1 buah cabe merah, buang bijinya dan cincang kecil-kecil
Wijen secukupnya

Filling:
50 gram mayonaise
1 sdm susu kental manis
--->Campur kedua bahan ini, bila kurang bisa ditambah
Abon sapi/ayam secukupnya

Cara membuat:
1. Ayak terigu, susu bubuk dan baking powder. Sisihkan.
2. Panaskan oven 200’C. Siapkan 2 buah loyang persegi ukuran 28x28x3 cm. Alasi loyang dengan kertas roti, olesi dengan margarine/minyak oles loyang. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir, cake emulsifier dan air sampai mengembang, kental, putih dan berjejak. Pastikan kocokan telur sudah kental sempurna agar hasil cake maksimal.
4. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan mixer kecepatan paling rendah atau diaduk dengan menggunakan spatula dengan teknik aduk balik. Aduk rata hingga ke bagian pinggiran baskom.
5. Masukkan margarine+butter cair sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dengan teknik aduk balik hingga benar-benar rata dan adonan sudah homogen.
4. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Taburi dengan daun bawang, cabe merah dan wijen.
5. Panggang dalam oven hingga permukaannya berkulit kuning kecoklatan dan sudah tidak lengket bila disentuh, sekitar 15-20 menit. Jangan over bake hingga cake terlalu kering, nanti bisa mudah retak/patah saat digulung. Angkat dan keluarkan dari oven.
6. Keluarkan cake dari loyang dengan cara membalikkan ke atas kertas roti, kelupas kertas roti yang menempel pada cake. Balikkan kembali ke rak kawat. Biarkan hingga dingin. Balikkan kembali ke atas kertas roti. Oles campuran mayonaise, beri abon sapi/ayam merata. Gulung sambil dipadatkan dengan bantuan kertas rotinya, kencangkan gulungan agar bulat sempurna. Biarkan tergulung beberapa saat. Buka perlahan kertas rotinya. Potong-potong menjadi 5 bagian atau sesuai selera.

*Bolgul ini menghasilkan 2 roll dengan ukuran 28 cm atau 10 potong bila masing-masing roll dipotong menjadi 5 bagian seperti pada foto.

Selamat mencoba.


Salam gulung! ^__^

No comments:

Post a Comment