Thursday, October 27, 2011

ORANGE CHEDDAR CHEESE CAKE


Sempet lupa punya foto ini :)
Sudah 2 mingguan yang lalu klo gak salah. Requestnya Abi dan Nadhifa, my precious two yang penggemar cotton soft cheese cake kayak ini. Karena stok cream cheese dihemat-hemat buat bikin pesanan jadi bikin CCC aja ^__^
Kebetulan besoknya ada teman juga yang main ke rumah. Jadi sekalian bisa buat icip-icip.

Karena di kulkas punya leftover putih telur sisa bikin pesanan kemarinnya, jadi dimanfaatin aja buat bikin meringue frostingnya. Blow torch-ku sempat macet pas dipake buat membakar frostingnya, mungkin karena lama gak dipake. Tapi jadi juga walau blow torch-nya nyala-mati terus, hehee...

Resep cheddar cheese cakenya sudah pernah aku posting beberapa kali, tapi ini aku konversikan untuk loyang ukuran 20 cm.
Yang ini saya modifikasi menjadi orange cheddar cheese cake. Jadi ada aroma dan rasa orange-nya.

Resep yang dulu pernah saya posting ada disini. (adaptasi dari resepnya Elly Aljo's Mom). Itu untuk loyang ukuran 18 cm.


ORANGE CHEDDAR CHEESE CAKE

by Ricke Indriani

Bahan cheese cake:
215 gram susu cair
70 gram unsalted butter, suhu ruang
215 gram keju cheddar, parut halus
35 gram terigu protein sedang
25 gram maizena
5 kuning telur, kocok lepas
2 sdt parutan kulit jeruk orange sunkist (ambil hanya bagian yang berwarna orange, jangan terkena bagian yang putih karena akan terasa pahit)
1 sdm orange syrup/orange concentrate

5 putih telur
125 gram gula kastor
1 sdm air jeruk orange sunkist
1/4 sdt garam

Meringue frosting:
100 gram putih telur
150 gram gula kastor
1 sdm air jeruk lemon/nipis/orange
sedikit garam (1/8 sdt)
1/2 sdt vanilla (saya pakai bubuk vanilla susu L'Arome)
Air mendidih untuk mengocok putih telur
Alat blow torch untuk membakar meringue

Topping:
Orange marmalade jam
Mandarin orange kalengan
Orange sunkist slices untuk garnish

Cara membuat:
1. Panaskan oven 160'C. Siapkan loyang bulat diameter 20 cm. Olesi bagian bawahnya dengan mentega. Alasi kertas roti. Oles lagi dengan mentega. Sisihkan.
2. Panaskan susu cair dengan api kecil hingga mulai mendidih pinggirannya. Masukkan butter dan keju cheddar parut. Aduk2 hingga tercampur rata dan lembut. Mungkin sebagian keju masih ada yang belum larut, tidak apa-apa. Angkat dari api, biarkan hangat.
3. Masukkan terigu dan maizena yang sudah diayak ke dalam campuran keju tadi. Aduk rata. Masukkan kuning telur, aduk rata hingga menjadi adonan pasta yang lembut. Masukkan air jeruk orange sunkist dan parutan kulit jeruk sunkist. Aduk rata. Sisihkan.
4. Kocok putih telur, garam dan air jeruk lemon sampai berbusa. Masukkan gula kastor sedikit demi sedikit secara bertahap sambil terus dikocok hingga mencapai fase SOFT PEAK.
5. Ambil 1/3 adonan putih telur. Masukkan ke dalam adonan terigu. Aduk perlahan dengan spatula hingga rata. Masukkan campuran adonan ini ke dalam sisa putih telur secara perlahan sambil DIADUK BALIK dengan spatula dengan gerakan yang lembut sampai adonan rata.
6. Tuang ke loyang. Siapkan loyang pendek yang lebih besar. Isi dengan sedikit air panas. Letakkan loyang adonan dalam loyang air. Ini yang dinamakan steam bake atau au bain marie. Panggang dalam oven selama kurang lebih 75-90 menit. Tergantung kondisi oven masing-masing. Keluarkan dari loyang. Dinginkan.

Meringue frosting:
Siapkan air mendidih dalam wadah (atau bila memungkinkan bisa langsung mengocok di atas kompor sambil air didihkan dengan api kecil). Kocok putih telur, air jeruk lemon dan garam sambil wadahnya direndam di air mendidih, sampai berbusa. Masukkan gula kastor bertahap sambil terus dikocok hingga mengembang kaku dan lembut. Teksturnya akan hampir sama dengan buttercream hanya lebih lembut. Angkat dari air panas. Tambahkan vanilla, aduk rata. Siap dipakai.

Penyelesaian:
Siapkan cake. Poles seluruh permukaannya dengan meringue frosting. Buat motif acak dengan palet agar terlihat cantik saat dibakar, tidak perlu dibuat mulus.
Bakar dengan blow torch hingga kecoklatan. Beri topping orange marmalade jam, jeruk mandarin kalengan dan irisan jeruk orange sunkist.

Tips:
-Kunci keberhasilan mengocok putih telur adalah gunakan WADAH BERSIH, KERING dan BEBAS LEMAK. Pada saat memisahkan telur, JANGAN ADA SETITIK PUN KUNING TELUR yang menodai putih telur.


Selamat mencoba. Mau diorder juga boleh :D

2 comments:

Sashy said...

Mba Ricke saya ijin nyontek resepnya ya, mau bikin ccc buat ulangtahun ponakan :). makasi

indah dapuraneila said...

Mbak Ricke saya ijin praktekin resepnya ya, sekaligus saya minta ijin untuk share resepnya di blog saya. Terima kasih :)

Post a Comment